Jan 13, 2020

Cara Meyakini Bahwa Akherat Itu Memang Ada dan Kekal

Apakah anda muslim? Apakah anda percaya akherat itu ada? Apakah anda percaya Tuhan itu ADA? Makanya yuk simak baik-baik artikel Cara Meyakini Bahwa Akherat Itu Memang Ada dan Kekal. Semoga mencerahkan saya dan kita semua. Amin


Cara Meyakini Bahwa Akherat Itu Memang Ada dan Kekal

Sekali lagi Apakah anda muslim? Apakah anda percaya akherat itu ada? Apakah anda percaya Tuhan itu ADA?

Yakin?

Kok saya agak ragu dengan jawaban anda ya?

Kalau memang saya dan anda yakin akan adanya akherat DIJAMIN kita akan sedikit tertawa dan banyak menangis.

Dijamin kita tidak akan menukar nikmat dunia dengan nikmat akherat yang abadi.

Abadi loh?

Mosok kehidupan 100000 tahun

Atau 10000000000000 tahun

Atau 100000000000000000000000000000000 tahun

Mau ditukar dengan kehidupan maksimal 100 tahun? Nggak mungkin alias impossible.

Bahkan bukan 1 dan dibelakangnya ada sejuta nol yang disebut abadi. Tetapi nolnya tak terhingga.

Apakah anda mau menggadaikan hidup di dunia ini yang hanya 100an tahun dengan kehidupan abadi?

Tentu tidak mau.

Tetapi mengapa sikap saya dan anda seolah-olah tidak yakin dan percaya akan hari akherat?

Yuk simak status instagram saya terkait dengan Cara Meyakini Bahwa Akherat Itu Memang Ada dan Kekal dalam link https://www.instagram.com/p/B6WSeJEgZBb/

Hidup itu hanya sekali. Di dunia ini. Tidak ada kesempatan ke 2. Tidak ada ujian ulangan. Mau tdk mau kita harus menerima rapot di akherat kelak. Nilainya bagus atau jelek itulah kita. .
.
Hanya ada 1 cara, agar supaya kita percaya. Bahwa hidup itu memang ujian. Yaitu tafakur dg satu pertanyaan. Benarkah kita akan mempertanggung jawabkan tingkah polah kita di dunia? Benarkah ada alam lain, yaitu alam penghisaban? .
.
Kita harus punya jawaban yg yakin. Bahwa sekarang ini adalah hidup dlm panggung drama. Dan anda bebas menentukan peran. .
.
Harus ada jawaban yg yakin. Utk kmd menentukan sikap. Apk kita akan hidup sesuai tuntunan Ilahi dlm kitab suci. Ataukah hanya mengikuti tuntunan nafsu dlm diri. Mau menymbah Tuhan YME, ataukah menyembah nafs dlm jiwa. .
.
Tentukan sekarang sblm terlambat

--------------------------------------

Antara Percaya dan Tidak Percaya Akan Akherat

Ah saya juga tidak tahu. Ini pembahasan yang dalam.

Mari cek dalam dada masing2 apakah kita semua percaya akan hari akherat. Sebab kalau yang ditanya itu lisan pasti bilang percaya.

namun kalau sudah masalah hati, masalah amal perbuatan itu bisa berbeda jawabannya.

Contoh

Kalau percaya akherat harusnya sedikit bercanda dan banyak ibadahnya

Seberapa persen ibadah anda?

Maka saran saya sebagaimana saran dari para ustadz dan kyai cara meyakini akherat adalah dengan cara

Muhasabah diri
Tafakur diri
Tafakur alam semesta

Katanya itu sebagai cara dan wasilah meyakini akan Sang Pencipta. Silahkan dicoba aja.

Sebelum ngalor ngidup yuk simak tulisan yang saya copas dari sini


Sorga dan Neraka; Benarkah Adanya?

Dalam pemahaman sederhana tentang pengertian Sorga dan Neraka yaitu :

-Sorga adalah tempat bagi manusia yang beruntung karena perbuatan baiknya semasa hidupnya di dunia. Merupakan bentuk reward atau hadiah kenikmatan  karena perilaku kebaikannya .

-Neraka adalah tempat bagi manusia yang merugi yang celaka karena perbuatan jeleknya /perbuatan jahatnya semasa hidupnya di dunia. Merupakan bentuk punishment atau hukuman karena perilaku jeleknya.

Yang menjadi tanda tanya, benarkah adanya Sorga dan Neraka itu ?

Diantara manusia mahluk dimuka bumi ini menyikapi tentang sorga dan neraka atau tentang adanya sorga dan neraka adalah terdiri dari :

1. Kelompok atau mereka yang tidak percaya adanya Sorga dan Neraka.

2. Kelompok atau mereka yang hanya menganggap bahwa tentang Sorga dan Neraka hanyalah bentuk sugesti atau bentuk motivasi atau bentuk imajinasi guna mengarahkan dalam semasa hidup di dunia agar cenderung berprilaku baik berbuat kebaikan dan takut untuk berbuat salah berbuat kejahatan atau berbuat keji.

3. Kelompok atau mereka yang percaya dan yakin bahwa sorga dan neraka adalah benar adanya. Dan nantinya dalam kehidupan akhirat setelah kiamat akan menjadi tempat bagi manusia ( yang perilaku perbuatannya baik sesuai kriteria Tuhan maka akan bertempat di Sorga; sedang yang berperilaku jahat keji semasa hidupnya akan bertempat di neraka).

Persoalannya sekarang; bagaimana membuktikan tentang adanya Sorga dan Neraka itu ?

1. Bagi mereka yang tidak percaya akan adanya sorga dan neraka adalah sulit untuk membuktikannya dan atau tidak mau  akalnya menerima akan bukti atau pembuktian kebenaran adanya sorga dan neraka.

Mengapa demikian ? . Ya karena mereka sudah tidak yakin akan adanya kehidupan akhirat, tidak yakin adanya kehidupan kembali setelah kematian yang dibangkitkan setelah terjadinya kiamat. Tidak yakin akan adanya Dzat Yang Maha Kuasa Yang menciptakan langit dan bumi serta isi diantara keduanya. Mereka cenderung percaya dan yakin jika keberadaannya sorga dan neraka terlihat nyata dengan mata telanjang dalam masa kehidupan ini.

2. Bagi yang percaya dan meyakini bahwa Sorga dan Neraka benar adanya; adalah mereka bisa meyakini dan membuktikan kebenaran adanya Sorga dan neraka dengan logika sederhana sekalipun , dan lebih-lebih dengan ilmu hikmah. Bagaimana pembuktiannya secara logika sederhana ?

Dapat diuraikan antara lain sebagai berikut, dari  bukti-bukti yang telah diyakini kebenarannya:

a. Kebenaran bahwa manusia pertama adalah Adam. Dan Adam adalah mahluk ciptaan Tuhan.

b. Kebenaran tentang Kenabian Nabi Ibrahim yang hidup dimasa berkuasanya Raja Namrud sekitar 2700an  SM. Nabi Ibrahim adalah Utusan Tuhan dengan kelebihan mu'jizat pada dirinya. Salah satu bukti monemental tentang kenabian Ibrahim adalah adanya bangunan Ka'bah di tanah mekah.

c. Kebenaran tentang kenabian Nabi Musa yang hidup semasa berkuasanya Raja Fir'un yang lalim. Nabi Musa adalah utusan Tuhan yang membawa nubuat kerasulan ditengah tengah bani israil /kaum yahudi. Bukti-bukti monemental tentang Fir aun dan tentang kaum yahudi bani israil dapat diketahui dan dipelajari kebenarannya hingga sekarang.

d. Kebenaran tentang kenabian Nabi Isa putra Maryam. Isa adalah putra Maryam yang lahir tanpa ayah, lahir dengan kekuasaan Tuhan dengan kekuatan Ruh Kudus. Bukti-bukti sejarah tentang kenabian Nabi Isa terasa nyata hingga kini. Terabadikan dengan adanya Tahun Masehi; adanya kaum Nasrani yang meyakini tentang Isa Almasih, tentang Tuhan Allah tentang Ruh Kudus /Jibril/Malaikat, tentang Maryam ibu Isa Al Masih.

e. Kebenaran tentang Al Qur'an yang merupakan kitab yang memuat Firman Tuhan yang diturunkan atau dibawakan kepada Muhammad Rasullullah. Nah didalam Al Qur'an adalah banyak diinformasikan tentang adanya Sorga dan Neraka.

Banyak diinformasikan dan digambarkan tentang kenyamanan dan kenikmatan hidup disorga juga banyak diinformasikan dan digambarkan tentang betapa pedihnya betapa panasnya kehidupan atau berada di neraka dan kekal abadi didalamnya.

Dan banyak diinformasikan atau dikabarkan tentang untuk siapa sorga diperuntukkan dan untuk siapa neraka diperuntukkan. Jadi kesimpulannya Tuhan benar adanya yaitu Tuhan yang menciptakan Adam yang mengutus Nabi Ibrahim Nabi Musa, Nabi Isa serta Nabi Muhammad dengan kitab Al Qur'an sebagai tuntunan agama ajarannya yang adalah berisikan Firman Tuhan yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad melalui perantaraan Malaikat jibril. Nah dengan demikian tentang informasi Sorga dan Neraka yang adalah merupakan informasi, merupakan pemberitahuan dari Tuhan yang termaktub di Al Qur'an , maka sudah pasti haqqul yakin benar adanya.

Jadi Sorga dan neraka adalah benar adanya; benar bagi mereka yang Yakin adanya Tuhan Dzat pencipta alam semesta, yang yakin akan adanya kiamat, yakin adanya kehidupan akhirat, yakin adanya kebangkitan kehidupan setelah kematian, yang yakin bahwa perbuatan dosa adalah dibalas dengan neraka dan perbuatan kebajikan amal shaleh dibalas dengan pahala kehidupan sorga kelak di akhirat.

Inspirasi

https://www.kompasiana.com

Demikian Cara Meyakini Bahwa Akherat Itu Memang Ada dan Kekal. Semoga kita semua diberikan keyakinan sejati tentang Tauhid dan ke Tuhan nan.

Wallahu A'lam



Artikel Terkait



No comments:

Post a Comment