Dec 18, 2019

Sumber Segala Penyakit Badan/ Fisik Adalah Hasad (Penyakit Hati)

Sumber segala penyakit adalah pikiran. Ini adalah fakta yang tidak bisa dibantah oleh siapapun. Dari pikiran merembet ke fisik. Oleh karena itu yuk jaga pikiran kita tetap positif. Simak artikel dengan judul Sumber Segala Penyakit Badan/ Fisik Adalah Hasad (Penyakit Hati).

Gambar dari google

Sumber Segala Penyakit Badan/ Fisik Adalah Hasad (Penyakit Hati)

Saya pernah nyimak pengajian dari seorang dokter sekaligus Ustadz. katanya 80 sampai 90% penyakit datang dari pikiran. Bahkan semua penyakit.

Makanya ketika ada pasien yang datang dengan keluhan sakit paru-paru dan ditanya, "Apakah anda merokok?" Lalu dijawab pasien. "Iyah dok saya merokok"

Dokter menjawab: "Lanjutkan saya merokoknya. Yang penting hatimu dan pikiranmu tenang"

Jawaban yang aneh khan? Karena di statement dokter tersebut sebenarnya yang mengundang penyakit adalah diri kita sendiri melalui pikiran kita. Maka obatilah dengan mengobati akarnya yaitu hati dan pikiran anda.

Nah makanya saya bikin artikel Sumber Segala Penyakit Badan/ Fisik Adalah Hasad (Penyakit Hati) ini, siapa tahu menginspirasi.

Saya mengambil dari sumber disini yang ditulis sbb:

1. MARAH, selama 5 menit akan menyebabkan sistem imun tubuh kita mengalami depresi 6 jam.

2. DENDAM & MENYIMPAN KEPAHITAN akan menyebabkan imun tubuh kita mati. Dari situlah bermula segala penyakit, seperti STRESS, KOLESTEROL, HIPERTENSI, SERANGAN JANTUNG, RHEMATIK, ARTHRITIS, STROKE (perdarahan / penyumbatan pembuluh darah).

3. Jika kita sering membiarkan diri kita STRESS, maka kita sering mengalami GANGGUAN PENCERNAAN.

4. Jika kita sering merasa KHAWATIR, maka kita mudah terkena penyakit NYERI PUNGGUNG.

5. Jika kita MUDAH TERSINGGUNG, maka kita akan cenderung terkena penyakit INSOMNIA (susah tidur).

6. Jika kita sering mengalami KEBINGUNGAN, maka kita akan terkena GANGGUAN TULANG BELAKANG BAGIAN BAWAH.

7. Jika kita sering membiarkan diri kita merasa TAKUT yang BERLEBIHAN, maka kita akan mudah terkena penyakit GINJAL.

8. Jika kita suka ber-NEGATIVE THINKING, maka kita akan mudah terkena DYSPEPSIA (penyakit sulit mencerna).

9. Jika kita mudah EMOSI & cenderung PEMARAH, maka kita bisa rentan terhadap penyakit HEPATITIS.

10. Jika kita sering merasa APATIS (tidak pernah peduli) terhadap lingkungan, maka kita akan berpotensi mengalami PENURUNAN KEKEBALAN TUBUH.

11. Jika kita sering MENGANGGAP SEPELE semua persoalan, maka hal ini bisa mengakibatkan penyakit DIABETES.

12. Jika kita sering merasa KESEPIAN, maka kita bisa terkena penyakit DEMENSIA SENELIS (berkurangnya memori dan kontrol fungsi tubuh).

13. Jika kita sering BERSEDIH & merasa selalu RENDAH DIRI, maka kita bisa terkena penyakit LEUKEMIA

Nah ngeri khan? makanya yuk belajar manajemen hati. Belajar tetap mengkondisikan pikiran tenang dan bersyukur bahagia.


Penyakit Hati Menurut Islam

Penyakit hati adalah penyakit yang sangat berbahaya, dan terkadang si penderita tidak bisa merasakannya. Kalaupun ia merasakannya, namun susah baginya untuk bersabar dalam mengobatinya. Karena obat sakit hati adalah dengan melawan hawa nafsunya. Dan ini hal yang memerlukan pengorbanan besar.

Memang hati adalah poros kebahagiaan sekaligus sumber kebinasaannya. Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

أَلَا وَإِنَّ فِي الْجَسَدِ مُضْغَةً إِذَا صَلَحَتْ صَلَحَ الْجَسَدُ كُلُّهُ وَإِذَا فَسَدَتْ فَسَدَ الْجَسَدُ كُلُّهُ أَلَا وَهِيَ الْقَلْبُ

Ingatlah, sesungguhnya di dalam tubuh kalian terdapat segumpal daging; bila ia baik, maka akan baik seluruh badannya. Namun bila ia rusak, akan rusak pula semua tubuhnya. Ingatlah, itu adalah hati. [Muttafaq ‘alaih]

Dalam sumber disini ditulis beberapa penyakit hati sbb

Hasad, Iri dan Dengki

Ketiga jenis penyakit ini hampir sama dimana perasaan hasad atau iri adalah orang yang tidak suka jika seseorang mengalami kebahagiaan sementara perilaku atau sifat dengki lebih parah lagi, ia bukan hanya tidak senang jika seseorang mendapatkan kebahagiaan, ia juga akan mendoakan agar kebahagiaan hilang dari orang tersebut dan berpindah pada dirinya.

“Waspadalah terhadap hasud (iri dan dengki), sesungguhnya hasud mengikis pahala-pahala sebagaimana api memakan kayu”. (HR. Abu Dawud)

Sombong atau takabur

Perilaku sombong atau takabur sangatlah tidak disukai Allah SWT. Seseorang yang sombong biasanya akan merasa bangga pada dirinya dan apa yang dimilikinya dan menganggap remeh orang lain. Tidak ada manusia di dunia ini yang diperbolehkan memiliki sifat sombong karena hanya Allah sajalah yang diperbolehkan untuk sombong karena Ia pemilik langit dan bumi

Riya atau suka pamer

Seorang muslim memang senantiasa dianjurkan untuk berbuat baik dan menolong sesama akan tetapi seseorang yang berbuat baik hanya untuk pamer atau menunjukkannya pada orang lain dan merasa bangga dengan hal itu adalah termasuk orang yang riya.

Riya sendiri sangat berbahaya dan dilarang dalam islam. Perbuatan baik atau suatu ibadah sebaiknya hanya diketahui oleh dirinya dan Allah SWT saja dan tidak menyebut-nyebut ibadah atau pemberiannya tersebut.

Ujub

Ujub adalah suatu sifat yang suka membangga-banggakan diri atas apa yang ia miliki sementara apa yang ia miliki tersebut tidaklah ia sadari merupakan karunia Allah SWT. Sifat ujub bisa merusak hati dan cenderung membuatnya sombong.


Hubungan Antara Penyakit Hati & Penyakit Badan

Ternyata ada hubungan erat antara penyakit hati dan penyakit badan loh?

Bayangkan saja kondisi begini:

Ada tetangga anda yang beli mobil baru dan bagus cash lagi, lalu anda merasa hasad atau iri dengan karunia Allah kepadanya. Anda tidak suka tetangga anda mendapatkan karunia tersebut. Kenapa bukan anda yang mendapatkannya? Kenapa tetangga anda?

Lalu anda mulai berburuk sangka, dan mengajak tetangga lainnya buruk sangka. Mulai menyebar fitnah bahwa tetangga anda beli mobil baru dari uang haram.

Anda sampai nggak bisa tidur semaleman sehingga saat kerja jadi ngantuk. Pulang kerja masih mikirin hal yang sama sehingga ngedrop dan depresi.

Kemudian magh anda kambuh. Anda kelelahan sehingga terserang tiphus. Lalu tensi anda naik. dan seterusnya. Semua timbul karena masalah sepele, yaitu anda hasad dengan karunia orang lain.

Nah mengenai hal ini ada tulisan bagus nih dari sahabat yang saya copas. Sumber dari WA

--------------------------------

💔⁉⛔ *SAKIT HATI

Sakit hati, mengapa terus dipelihara ?!… Tidakkah anda segera mengobatinya ?!

Tidak seperti ketika sakit di badannya… seringkali seseorang malah ‘memelihara’ sakit hatinya, padahal harusnya dia bisa segera mengobati lara hatinya itu, sebagaimana dia bisa segera mengobati sakit badannya.

Dan diantara OBAT pelipur lara hati yangPALING AMPUH adalah dengan mEMAAFKAN kesalahan orang yang menyakiti kita… karena itulah sumber dan sebab utama sakitnya hati kita, oleh karenanya ketika sumber sakitnya sudah teratasi, maka tentunya sakit hati kita akan hilang dengan sendirinya.

Seringkali seseorang tidak mau, atau gengsi, atau merasa rugi untuk memaafkan orang lain, padahal sebenarnya dengan begitu dia akan rugi sendiri, karena hatinya akan sakit, tersiksa, dan tERBEBANI terus-menerus.

Seringkali seseorang TIDAK INGIN memaafkan kesalahan orang lain, kecuali bila orang tersebut yang meminta maaf kepadanya, padahal apakah dia akan melakukan hal yang sama saat badannya disakiti orang lain ?!

Apakah dia mau menunggu hingga orang lain mau mengobati sakit di badannya?! Tentunya tidak.

Maafkanlah kesalahan orang lain… karena dia sama sekali tidak akan mampu mengubah TAKDIR tanda…

Maafkanlah dia… karena Allah menjanjikan pahala yang tiada tara kepada Anda:

“Barangsiapa memaafkan dan berbuat baik, maka pahalanya itu Allah (yang menentukannya)” [QS. Asy-Syuro: 40].

Maafkanlah dia… karena Allah akan mengampuni dosa-dosa Anda:

“Maafkanlah, dan berlapang dadalah ! Tidakkah kalian ingin Allah mengampuni kalian ?!” [QS. Annur: 22].

Maafkanlah dia… bersyukurlah kepada Allah, karena Dia telah menjadikan Anda lebih tinggi darinya… Anda yang disalahi, bukan anda yang menyalahi…

Maafkanlah dia, agar sakit hati Anda segera hilang… Agar hati Anda menjadi lapang, ringan, dan bahagia…


🌐 Sumber : bbg-alilmu.com
                                                                                                                                     
Barakallah fikum

✒ Ditulis oleh Ustadz DR.Musyaffa Ad Dariny, Lc, MA حفظه الله تعالى

--------------------------------

What To Do?

Yang harus anda lakukan adalah obati akar masalahnya yaitu hati anda. Kita sering mendengar obat hati itu ada 5.

Adapun langkah-langkah yang terpenting untuk dapat mengobati hati kita adalah:
  1. Membaca Al-Qur'an dan maknanya.
  2. Sholat malam dirikanlah.
  3. Berkumpullah dengan orang sholeh.
  4. Perbanyaklah berpuasa, khususnya di hari Senin dan kamis.
  5. Dzikir malam perpanjanglah.

Maknanya adalah untuk mengobati hati pakai obat spiritual. Tidak ada obat selain itu.

Kalau sakit badan bisa diatasi dengan obat dari dokter, namun kalau sudah masalah hati dan pikiran maka obatnya adalah spiritual. Sebab dengannya memicu hati kita bersyukur, ikhlas dan bersabar. Inilah serum manjur mengobati penyakit hati kita semua.

Oleh karena itu wajib adanya pemahaman agama. Karena dengan paham agama kita akan meyakini bahwa semuanya sudah takdir Allah swt.

Bahwa segala kejadian, segala dinamika, segala proses adalah ujian bagi kita semua dengan sebuah tujuan. Salah satu tujuannya adalah mendesain hati kita tetap sabar, syukur dan ikhlas. Mendesain jiwa2 yang tenang.

Insya Allah hati tenang, pikiran tenang dan jiwa yang tenang menjadi obat mujarab untuk segala penyakit badan kecuali kematian.

Dan jiwa yang tenang adalah kunci menuju surga.

Semoga saya dan kita semua dihindarkan dari penyakit hati dan pikiran. Aamiin

Wallahu A'lam

Referensi

https://www.kompasiana.com/
https://almanhaj.or.id/
https://dalamislam.com/

Demikian artikel Sumber Segala Penyakit Badan/ Fisik Adalah Hasad (Penyakit Hati). Semoga bermanfaat. Share artikel Sumber Segala Penyakit Badan/ Fisik Adalah Hasad (Penyakit Hati) ini ke sahabat anda ya?

Semoga sukses



Artikel Terkait



No comments:

Post a Comment