Dec 23, 2019

Nyatanya Rutin Baca Surah Yasin Rezeki Lancar

Ada pro kontra dengan keutamaan dari membaca Surah Yasin. Terutama dalam hal ini membacanya pada malam jumat. Sebagian mengatakan bidah sebagian mengatakan boleh dan bagus. Yuk simak Nyatanya Rutin Baca Surah Yasin Rezeki Lancar. Semoga bermanfaat.


Nyatanya Rutin Baca Surah Yasin Rezeki Lancar

Berhubung saya bukan Ustadz saya tidak akan membahas dalil dan hadist tentang keutamaan membaca surah yasin pada malam jumat atau pada malam-malam yang lain. Karena banyak yang mengatakan bahwa hadist tentang keutamaan membaca surah yasin adalah hadis dhaif.

Tapi Nyatanya Rutin Baca Surah Yasin Rezeki Lancar kok.

Yang penting niatnya adalah membaca bagian dari Al Qur'an. Bisa dibaca pada malam jumat. Itu bagus sekali.

Tetapi bisa juga di baca di malam-malam yang lain. Atau siang atau pagi atau sore.

Sebab membaca Al Qur'an tidak ada yang menyangkalnya adalah keharusan bagi kaum mukminin. Sementara Surah Yasin adalah bagian dari Al Qur'an itu sendiri.

Mau rezeki lancar?

Kalau mau bacalah setiap hari minimal sekali.

Sekali lagi saya tidak membahas dalil. Saya hanya membahas bahwa membaca Al Qur'an itu bagus sekali. Saya tidak mau berdebat ini boleh ini tidak, ini bid'ah ini bukan bid'ah dll.

Sekali lagi saya hanya mencoba membacanya setiap hari. Yakni setiap pagi hari. Saya membacanya sebelum waktu subuh.

Alhamdulillah rezeki lancar..

Adaaa aja jalan rezeki datang. kadangkala seperti air bah.

Sudah 2 tahunan lebih rutin membacanya. Alhamdulillah.

Selain rutin baca yasin, saya juga rutin baca Al Kahfi, Al Waqiah dan Al Mulk. Dan juga surah-surah lainnya.

Yuk dibaca.. Semoga menjadi wasilah kelancaran rezeki dunia dan akherat. kalau rezeki akherat yakni mendapatkan surga_Nya. Aamiin.


Dalil Keutamaan Fadhilah Membaca Surah Yasin

Berikut ini Dalil Keutamaan Fadhilah Membaca Surah Yasin yang saya ambil dari beberapa sumber.

Surah Yasin termasuk surah Makkiyah yang agung, terdiri dari 83 ayat, surah dengan nomor urut 36 dalam Al-Qur’an. Ayat-ayatnya pendek dan sangat mengena di hati orang beriman. Pembahasan utama adalah seperti pembahasan surah-surah Makkiyah umumnya, yaitu berbicara tentang tauhid uluhiyah, tauhid rububiyah dan akibat orang-orang yang mendustakannya. Problematika yang menjadi pokok utama dalam surah ini adalah masalah kebangkitan dan hari kiamat.

Kebanyakan kaum muslimin membiasakan membaca surat Yasin, baik pada malam Jum’at, ketika mengawali atau menutup majlis ta’lim, ketika ada atau setelah kematian dan pada acara-acara lain yang mereka anggap penting.

Saking seringnya surat Yasin dijadikan bacaan di berbagai pertemuan dan kesempatan, sehingga mengesankan, Al-Qur’an itu hanyalah berisi surat Yasin saja. Dan kebanyakan orang membacanya memang karena tergiur oleh fadhilah atau keutamaan surat Yasin dari hadits-hadits yang banyak mereka dengar, atau menurut keterangan dari guru mereka.

Al-Qur’an yang di wahyukan Allah adalah terdiri dari 30 juz. Semua surat dari Al-Fatihah sampai An-Nas, jelas memiliki keutamaan yang setiap umat Islam wajib mengamalkannya. Oleh karena itu sangat dianjurkan agar umat Islam senantiasa membaca Al-Qur’an.

Dan kalau sanggup hendaknya menghatamkan Al-Qur’an setiap pekan sekali, atau sepuluh hari sekali, atau dua puluh hari sekali atau khatam setiap bulan sekali. (Hadist Riwayat Bukhari, Muslim dan lainnya).

Dalam sumber Islam NU ditulis sbb

Keutamaan membaca Surat Yasin sendiri ditegaskan dalam sebuah hadits riwayat Abu Daud sebagai berikut:

Barangsiapa membaca surat Yasin dan al-Shaffat di malam Jumat, Allah mengabulkan permintaannya.” (HR Abu Daud dari al-Habr) Al-Manawi menegaskan bahwa hadits ini tergolong hadits yang sanadnya terputus.

Meskipun kualitas sanad hadits tentang keutamaan bacaan Surat Yasin ini tergolong lemah, namun tetap dianjurkan dan dapat diamalkan isi kandungannya. Sebagaimana ditegaskan oleh ulama bahwa hadits-hadits lemah boleh diamalkan untuk hal-hal yang berkaitan dengan keutamaan amal asalkan bukan tergolong hadits maudlu’ (palsu).

Syekh Ibnu Hajar al-Haitami mengatakan:

“Dan merupakan ketetapan bahwa hadits dla’if, mursal, munqathi’, mu’dlal dan mauquf dapat dipakai untuk keutamaan amal menurut kesepakatan ulama.” (Syekh Ibnu Hajar al-Haitami, al-Fatâwâ al-Kubrâ al-Fiqhiyyah, Beirut, Dar al-Fikr, 1983 M, juz 2, hal. 53).

What To Do?

Lalu dengan perbedaan pendapat yang mengatakan bid'ah membaca surah yasin pada malam jumat, dengan yang membolehkannya bagaimana sikap kita?

Kalau itu terserah anda saja. Dibaca silahkan, nggak dibaca silahkan.

Tapi kalau rekomen tentu saja dibaca. Sebab surah yasin adalah bagian dari Al Qur'an. Baca setiap malam jumat itu bagus sekali. Atau setiap malam sekalian. Dibaca setiap hari.

baca juga surah yang lainnya.

Tadabbur maknanya.

Masalah kemudian rezeki lancar itu terkait dengan keyakinan kita saja. Yakin kepada Al Qur'an sebagai firman Ilahi.

Sementara kalau kita berdoa dengan Yakin Insya Allah pasti terkabul.

Nah membaca surah yasin anggap saja sebagai bagian dari cas keyakinan.

Wallahu A'lam

Sumber inspirasi

https://islam.nu.or.id
https://muslim.or.id/
https://rumaysho.com/

Demikian artikel dengan judul Nyatanya Rutin Baca Surah Yasin Rezeki Lancar. Semoga bermanfaat. Bagikan artikel nyatanya Rutin Baca Surah Yasin Rezeki Lancar ini ke teman anda ya?

Sukses




Artikel Terkait



No comments:

Post a Comment