Oct 2, 2019

Awas Masyarakat Anti Ponzi (MAP) Bertebaran Membullymu, Begini Tips Menghadapinya

Bagi anda yang menjalankan bisnis MLM apapun siap-siap saja kalau ketemu sama MAP alias masyarakat anti ponzi harus ekstra sabar. Mereka pasti akan mengetes kesabaranmu dengan komentar-komentar pedas mereka. Awas Masyarakat Anti Ponzi (MAP) Bertebaran Membullymu, Begini Tips Menghadapinya.


Awas Masyarakat Anti Ponzi (MAP) Bertebaran Membullymu, Begini Tips Menghadapinya

Berawal dari saya membuat sebuah status seperti gambar diatas ada seorang MAP yang menjumpainya kemudian mulai KEPO. Ingat ya? Kalau anda kurang kesabaran jangan dihadapi. BIarkan saja mereka berkoar-koar entar juga capek sendiri.

Facebook saya ini https://www.facebook.com/AdhinBusroAlHafiz

Barangkali mau menengok dan membaca debat kusir yang memuakkan.

Cuman niat saya ingin mencoba sedikit meladeni dengan candaan-candaan. Apa daya 3 hari waktu saya habis hanya untuk meladeni mereka yang tidak akan pernah ada kata menyerah. Jadinya debat kusir. Sebenarnya lelah dan muak. Obrolan negatif yang tiada berguna sama sekali. Tapi yasudahlah saya coba ladenin. Biar mereka puas mengeluarkan uneg-unegnya

Kenali mereka dengan beberapa indikasi ini
  1. Suka mencari-cari status tentang bisnis MLM kemudian mulai bikin rusuh
  2. Suka bilang "muter-muter kalau ditanya"
  3. Kepo luar biasa dan seakan-akan menginterogasi kita
  4. Kata-kata hujatan mudah sekali keluar dari tulisan mereka
  5. Tidak pernah mau ngalah sama sekali
  6. Kata-kata binatang mudah sekali keluar dari tulisan mereka
  7. Kasar
  8. Nyinyir
  9. Ngeles
  10. Ngeyel
  11. Tidak punya sopan santun
  12. Kalau terpojok suka manggil teman-temannya
  13. SUka ngetag ke grup mereka
  14. Suka screenshot status atau komentar kita dan dijadikan bahan bullyan
  15. Dan hal-hal negatif lainnya
Saya tidak tahu apa yang mereka perjuangkan. Apakah dakwah? Saya pikir tidak. Dakwah jauh dari kata-kata kasar, membully, hujatan dll. 

Atau apakah memang anggota-anggota MAP dididik seperti itu. Yakni suka membully orang lain dalam hal ini khususnya pebisnis MLM? Wallahu a'lam saya tidak tahu.

Kesalahan saya adalah punya niat meladenin, sehingga dalam 1 status saja ada ratusan komentar yang isinya negatif semua. Termasuk tulisan-tulisan saya yang sebagian bernada negatif juga. Mengapa tulisan saya bernada negatif? Karena memang mencoba ingin meladenin mereka yang selama ini kurang ajar kalau nulis sesuatu di berbagai status facebook teman2 pebisnis network.

Dan ditulisan ini saya bersitighfar dengan tulisan-tulisan negatif di status FB saya dan memohon maaf jika ada yang tdak berkenan.

Tapi yaitu tadi pada akhirnya saya kelelahan menghadapi mereka yang kalau sudah terpojok suka manggil teman-temannya. Lalu berbondong-bondong mereka membully anda. Pada akhirnya saya ngalah aja dah. Kalau diterusin nggak kelar-kelar. Biarlah yang waras ngalah aja. Hehe

Obrolan dengan member MAP (Masyarakat Anti Ponzi) dimulai dari status saya seperti dibawah ini,

Pelajari cara saya 7 minggu meraih mocash (mobil cash) dalam ebook dibawah ini 👇👇
Habis itu saya tunggu daftarnya yah? 😊

Kemudian mulai terjadi chat panjang kali lebar dimulai seperti ini


Lalu saya iseng bikin lagi status yang memancing kedatangan MAPers. Sekalian saya colek satu orang mapers supaya kasih komentar. Itung-itung statusnya rame.. hehe.

Ini salah saya kenapa mancing MAP keluar dari persembunyian... Lihat saja ada 236 komentar dan itu akan makin panjang kalau tidak ada yang ngalah.


Dan juga status dibawah ini yang


Lalu kalau mulai kepepet dan butuh teman mulailah MAPers colek teman mereka, ngetag sana sini butuh bantuan, butuh sebuah legalitas dll. Seperti obrolan dibawah ini.


Lalu datanglah teman-temannya mulai membully anda. Mulai banyak komentar-komentar kasar. Kalau anda meladeninya omongannya makin ngawur dan makin kasar. Banjir hujatan disetiap komentarnya. Seperti misalnya dibawah ini.



Lalu mulailah mereka membaca balasan dari kita dan mencari celah untuk ngetag. Misalnya tentang buruh. Saya menulis kata-kata buruh lalu di screen shot dan disebar ke berbagai grup facebook komunitas buruh di Indonesia.

Padahal saya menulisnya dengan maksud: "Masih jadi buruh ya", maksudnya adalah kalau jadi buruh ya pergi pagi pulang sore badan lelah. Karena lelah makanya tidak membalas komentar saya, padahal baru jam 9 nan malam kalau tidak salah. Gpp jadi buruh asal jangan mental miskin. Bagus jadi buruh kok, sebab saya dulu juga buruh.

Namun mereka menganggap saya menghina profesi buruh. Hffffff capek deh. Dengan hujatan2nya mereka mulai ngetag ke komunitas buruh. Mereka mencari celah dari tulisan kita lalu screenshot dan disebar dalam hal ini ke komunitas buruh supaya ikut membully seseorang. Sungguh cara yang tidak elegan.

Misalnya sebagaimana obrolan memuakkan dibawah ini,



Pokoknya tidak akan ada habisnya dah. MAPers ini memang militan banget. Tidak ada kata ngalah di benak mereka. Entah karena merasa paling benar atau memang mereka nggak mau ngalah. ENtahlah.

Lanjut misalnya obrolan dibawah ini

  • Skynet Klo menurut saya Multi level market yang ada biaya daftar di awal psti akan berdalih ngajak BISNIS akan tetapi lebih tepatnya BISNISin.
  • Skynet Wkwkwkwkw. Mafia alusan selalu memanfaatkan IQ dibawah SNI untuk di BISNISin.
  • Mochammad Praseno Adhin Busro AlHafiz siape yg nyuruh elu musti ngikut tod? 🤣🤣🤣 Bisa baca kagak?
    Emang ya gembel bisnis MGM ini tu lebih busuk dr sampah. Cuma bisa hina buruh lu tod? Ga punya keahlian lebih bagus dr buruh makanya cuma bisa hina buruh. Muka lu aja lebih miskin dr hinaan lu kpd buruh
  • Skynet Ngomong2 gimana kabarnya DBS
  • Adhin Busro AlHafiz Ayo2 diramein. Sambil ngopi2. Ayuk2 map kumpul sini. Mksh sudi mampir.. Jg tensi ya? 😊
  • Skynet DBS seperti power ranger bisa berubah sesuai keadaan . Hehehehe
  • Adhin Busro AlHafiz Ayuk ramein lg. Meski sbnrnya ane males bin muak. Krn ujung2nya berisi hujatan. Kerjaanya org kurang kerjaan. Tp baiklah untuk map tetep sy ladenin. Mangga atuh ramein lagi 😅
    1
  • Skynet Siapa yang menghujat anda gan, mana letak hujatan komentar saya, mohon di cek kembali,
  • Rensa Go Han Pertanyaan nya sederhana sih saya pakai eco racing bensin pertamax malah mesin makin panas dan berisik malah mobil yg di uji coba 1500 cc
  • Adhin Busro AlHafiz Alhamdulillah rame ya? 😅
  • Skynet Kethok e sampean tegangan e munggah dhuwur, dadi g bisa mengendalikan ..hehehehe

Pada akhirnya saya jujur kelelahan. Bukan tidak mau meladenin lagi tetapi waktu saya sudah 3 hari banyak terkuras untuk hal-hal yang tiada guna seperti ini. Waktu yang seharusnya bisa saya pakai untuk hal-hal yang positif namun malah dihabiskan untuk kesia-siaan.

Salah saya juga kenapa ada niatan mau ladenin MAP yang super ngeyel. Ya sudahlah saya ngalah aja, biar debat kusirnya bisa selesai dan mereka menganggap sudah menang. SIapa tahu berpahala.. hehe

Berikut sebagian orbrolanya

  • Adidaya Technic Gak ada kebangga an dengan gambar mobil dari hasil haram...ghoror..riba .satu dinar riba dosa nya itu kayak 36 x zina sama ibu lu sendiri... astaqforulloh. Ibu lu itu thong lu zina in... makan nan nya nanah dan darah busuk sambil renang di lempar batu sampe berdarah darah...💣💣💣💣💣💣💣💣💣💣💣💣💣
  • Adhin Busro AlHafiz Adidaya Technic matur suwun fitnahanya. Smg puas yah? Akhirnya tersalurkan jg kebuasanmu 😅
  • Adhin Busro AlHafiz Muhammad Fahmi matursuwun nambah ilmu. Trmksh
  • Adhin Busro AlHafiz Sumali W matursuwun nggeh. Smg puas sdh melampiaskan kekesalanmu 😅
  • Adhin Busro AlHafiz Mochammad Praseno ooh nggeh nuwun sewu. Saya yg salah. Mangaaap bangetz 😀
  • Adhin Busro AlHafiz Alhamdulillah rame yah. Mdh2an ada hal positif yg bs kita ambil. Sebab meski ditengah aura negatif pasti ada satu dua hikmah yg bs dipetik. Selmt malam semuanya. Mohon maaf bila ada salah2 kata. Slmt rehat..
  • Adidaya Technic Point mana yang mengandung fitnah atau tuduhan ?. Semoga bisa berfikir jernih dan bisa menerima kebaikan walau itu menyakitkan. Kecuali bagi mereka yang telah melampaui batas dengan yang haram akan sulit hatinya menerima kebaikan dan hatinya pun keras...subhanalloh.
  • Adhin Busro AlHafiz Adidaya Technic ooh nggeh nuwun sewu njih. Maafin saya. Sy tak bljr lbh bs nerima 😀
  • Adidaya Technic Amin. Semoga kita di jauhkan dengan yang haram. Subhat. Dan lebih sayang diri , ibu kandung. Anak istri . Dan keluarga semua. Amin

Nah itu pada akhirnya saya ngalah aja dah..

Tapi bukan berarti saya sepaham dengan mereka loh. Bukan berarti saya menerima pemikiran mereka. Tidak seperti itu. Hanya tidak ingin memperpanjang masalah saja.


TIps Menghadapi Bullyan dan Hujatan dari MAP

Lalu bagaimana kalau status facebook kita di kunjungi MAPers dan mereka mulai melemparkan jurus-jurusnya, screenshot gambar ini gambar itu, tanya money game dll?

Tipsnya seperti gambar dibawah ini gan


Berikut Tips Menghadapi MAP
  1. Intinya yang pertama adalah sabar. Jangan ikut terbawa emosi
  2. Jangan ikuti alur pembicaraan mereka
  3. Bikin candaan saja jangan serius
  4. Jangan terprovokasi
  5. Ati2 kalau mau ladenin sebab komentar anda akan di screen shot dan disebar kepada balatentara mereka lalu mereka akan rame2 membully anda
  6. Jangan mau diinterogasi sebab jawaban apapun, video apapun, link apapun tidak akan berguna bagi mereka
  7. Jangan dibalas komentarnya
  8. Atau kalau mereka sudah mulai melempar hujatan anda bisa blokir saja dari kontak teman fb anda. Ini langkah paling tepat. Berteman dengan mereka (yang negatif) tiada berguna sama sekali.

Terakhir saya mau menulis begini...

Pertama salah hormat kepada MAP. Kalau anda berjuang untuk kebaikan mari kita pakai cara-cara persuasif dan positif. Santunlah dalam berkomentar. Bijaklah dalam berbicara. Niscaya orang lain akan apresiasi anda.

Kedua: Jika anda menganggap MLM haram maka akan selalu ada ulama yang membolehkannya. Ada yang mengharamkan ada yang menghalalkan. Dan perbedaan ini akan abadi sampai kapanpun. Anda tidak bisa memaksa orang lain supaya sama dan sepaham dengan anda, sebab masing-masing punya hujjah.

Kalau anda muslim dan cinta islam marilah kita cari persamaan jangan pertajam perbedaan. Sebab perbedaan itu pasti akan selalu ada. Misalnya perbedaan mazhab, khilafiah, halal haram dll. Pasti akan selalu ada sampai kiamat. Semua punya hujjah, punya ulama panutan masing-masing.

Kalau yang dicari adalah perbedaan demi perbedaan maka selamanya islam tidak akan bisa bersatu. Carilah persamaan yang dengannya kita semua bisa berangkulan mesra.

Ketiga: Kalau anda menganggap semua MLM adalah haram itu hak anda dan kami mengapresiasinya. Kami menghargai pendapat anda. Namun kami juga punya pendapat yang lain tolong dihargai juga. Ayuk belajar menghargai masing-masing kalau memang kita ingin dihargai orang lain.

Keempat: Saya akan belajar, dan kita semua memang wajib terus belajar. Belajar membenahi diri bukan untuk menyerang orang lain. Belajar agama untuk memperbaiki jiwa kita bukan untuk menghujat orang lain yang berbeda. 

Demikian tulisan ini, semoga bermanfaat.

Dan saya tahu tulisan apapun tidak akan bisa membuat MAP menganggukkan kepala. Saya yakin kawan2 MAP tidak akan pernah setuju dengan tulisan ini dan tulisan manapun juga yang bersebrangan dengan paham mereka. Tidak ada masalah.

Saya menulis, dan silahkan anda juga menulis apapun tentang MLM. Saya menghargainya. Adapun jika anda tidak menghargai tulisan ini, juga tidak ada masalah. Doa saya tetap untuk kebaikan kita semuanya.

Diantara sekian MAP pasti masih ada yang baik-baik. Tidak semua buruk dan menjengkelkan. Mari kita doakan mereka yang baik-baik ini supaya rezekinya lancar, sehat selalu, panjang umur dll.

Yang buruk2 gimana? Tetap doakan juga. Hehe

Wallahu A'lam

Demikian artikel dengan judul Awas Masyarakat Anti Ponzi (MAP) Bertebaran Membullymu, Begini Tips Menghadapinya. Semoga bermanfaat.

Sukses





Artikel Terkait



No comments:

Post a Comment