Sep 23, 2019

Waspadalah dengan Penipuan dengan Cara Social Engineering Attack

Hati-hati model penipuan sekarang ini dengan metode "Social Engineering" atau teknik sosial. Yaitu dengan memanfaatkan kelemahan kita sebagai manusia lalu mereka akan memeras kita. Nampak tidak berperikemanusiaan tapi begitulah adanya. Para kriminal tidak kenal perikemanusiaan. Waspadalah dengan Penipuan dengan Cara Social Engineering Attack

Gambar dari google

Pesan sponsor

Alhamdulillah saya bisa meraih mobil cash tanpa nyicil hanya dalam waktu 6 mingguan. Saya sudah siapkan program untuk anda juga bisa mendapatkannya dalam 6 bulan atau kurang atau uang kembali. Penasaran? KLIK DISINI

Yuk ikut saya gabung bisnis sinergy eco racing, cara termudah dan tercepat mendapatkan mobil idaman keluarga anda. KLIK www.otobest.id

Baca dan pelajari baik2 sebelum gabung..

--------------------------------------

Waspadalah dengan Penipuan dengan Cara Social Engineering Attack

Yuk kita bahas artikel dengan judul Waspadalah dengan Penipuan dengan Cara Social Engineering Attack. Apa itu social engineering? Menurut wikipedia Social engineering adalah manipulasi psikologis dari seseorang dalam melakukan aksi atau menguak suatu informasi rahasia.

Social engineering umumnya dilakukan melalui telepon atau Internet. Social engineering merupakan salah satu metode yang digunakan oleh hacker untuk memperoleh informasi tentang targetnya, dengan cara meminta informasi itu langsung kepada korban atau pihak lain yang mempunyai informasi itu.

Social engineering mengkonsentrasikan diri pada rantai terlemah sistem jaringan komputer, yaitu manusia. Tidak ada sistem komputer yang tidak melibatkan interaksi manusia. Dan parahnya lagi, celah keamanan ini bersifat universal, tidak tergantung platform, sistem operasi, protokol, software ataupun hardware.

Artinya, setiap sistem mempunyai kelemahan yang sama pada faktor manusia. Setiap orang yang mempunyai akses kedalam sistem secara fisik adalah ancaman, bahkan jika orang tersebut tidak termasuk dalam kebijakan kemanan yang telah disusun. Seperti metode hacking yang lain, social engineering juga memerlukan persiapan, bahkan sebagian besar pekerjaan meliputi persiapan itu sendiri.


Cara/ Metode Social Engineering Attack

Metode pertama adalah metode yang paling dasar dalam social engineering, dapat menyelesaikan tugas penyerang secara langsung yaitu, penyerang tinggal meminta apa yang diinginkannya: password, akses ke jaringan, peta jaringan, konfigurasi sistem, atau kunci ruangan. Memang cara ini paling sedikit berhasil, tapi bisa sangat membantu dalam menyelesaikan tugas penyerang.

Cara kedua adalah dengan menciptakan situasi palsu dimana seseorang menjadi bagian dari situasi tersebut. Penyerang bisa membuat alasan yang menyangkut kepentingan pihak lain atau bagian lain dari perusahaan itu, misalnya. Ini memerlukan kerja lanjutan bagi penyerang untuk mencari informasi lebih lanjut dan biasanya juga harus mengumpulkan informasi tambahan tentang ‘target’. Ini juga berarti kita tidak harus selalu berbohong untuk menciptakan situasi tesebut, kadangkala fakta-fakta lebih bisa diterima oleh target.

Cara yang populer sekarang adalah melalui e-mail, dengan mengirim e-mail yang meminta target untuk membuka attachment yang tentunya bisa kita sisipi worm atau trojan horse untuk membuat backdoor di sistemnya. Kita juga bisa sisipkan worm bahkan dalam file .jpg yang terkesan “tak berdosa” sekalipun.


Bagaimana Social Enginnering attack dilakukan?

Dalam sumber disini ditulis sbb: Manipulasi psikologis dikakukan dengan berbagai media yang tujuan nya untuk mempengaruhi pikiran korban,misalnya :
  • Menggunakan suara
  • Saat menipu seseorang penipu bisa berbicara untuk meyakinkan korban
  • Menggunakan gambar/video
  • Spammer memasang gambar/video  yang erotis/menarik  agar di klik
  • Menggunakan tulisan
  • Hacker menulis artikel yang persuasif dan meyakinkan dengan menulis tutorial cara hack akun facebook,tapi akhirnya korban dituntun untuk menginstall tool hacking yang aslinya adalah malware.

Siapa Pelaku Social Engineering Attack

Semua kriminal 100% menggunakan tehnik ini untuk mendapatkan informasi dari korban nya. mulai dari tukang copet yang menyamar sebagai penumpang biasa, penipu yang menjanjikan hal luar biasa pada korban nya,sexpredator yang menggunakan facebook untuk berinteraksi dengan korban nya.



----------------

Intermezzo sejenak

Rekomendasi Peluang bisnis booming 2019

Luar biasa saya bisa meraih motor dalam 3 minggu dan mobil dalam 6 mingguan. Khabar baiknya anda juga bisa. Sudah saya siapkan spesial untuk anda program meraih mobil gratis dalam 6 bulan saja. Mau? KLIK DISINI

Reseller Kopi Koka. Bisnis variasi Kopi tidak akan pernah ada matinya. Penikmat kopi akan menyambar apapun yang berbau kopi. Pengharum kopi, parfum kopi, sabun kopi, tasbih kopi, gelang kopi dll. Kopi koka open reseller KLIK DISINI.

SMASH Program, program percepatan meraih mocash mobil cash dan rumah 1 milyard dari bisnis Sinergy Eco Racing dalam 6 bulan atau kurang. Sudah terbukti dan teruji. KLIK www.smash-program.com

------------------

Kisah Cerita Social Engineering Attack

Berikut ada cerita atau kisah penipuan atau kriminalitas dengan social engineering attack yang saya dapatkan dari tulisan di WA sbb

Sebulan lalu saya mengantar Isteri ke sebuah gerai ATM Kantor cabang Bank langganan kami di Cinere untuk mengambil Uang. Setiba di tempat tujuan, ia turun terlebih dahulu sementara saya memarkir Mobil.

Ketika saya menyusulnya masuk kedalam gerai ATM, saya lihat isteri saya tengah bercakap dengan dua orang lelaki yg tidak kami kenal. Saya menghampiri mereka diam-diam sembari mendengarkan Percakapannya.

"Jadi begini bu," ujar salah Seorang diantaranya. "Saya mau transfer Uang ke saudara, namun ATM saya Ketinggalan. Saya cuma minta tolong ibu untuk mentransfer dua juta ke nomor rekening ini dan Uangnya saya ganti sekarang juga, ini sudah saya pegang."

"Wah maaf saya tidak bisa membantu Anda," sahut isteri saya.

"Kenapa bu?," tanya salah seorang diantara mereka dgn nada suara meninggi. "Ibu tidak percaya kepada kami?"

"Ya, saya tidak percaya kepada kalian," sahut saya tegas sembari mendekati Isteri. Kedua orang itu menoleh.

"Bapak siapa? Tak usah campur tangan urusan Orang Pak."

"Dia Isteri saya. Kalian mau apa? Saya tidak percaya kepada kalian dan kalau tetap memaksa, akan saya suruh Orang ramai diluar sana menangkapmu."

Mereka berdua tampak keder, kemudian bergegas keluar & menyengklak Motornya tanpa menoleh lagi.

Hari Selasa kemarin untuk suatu Urusan, saya musti terbang ke Balikpapan. Seperti biasa saya selalu berangkat beberapa jam sebelumnya ke Bandara, untuk menghindari Kemacetan.

Saat saya hendak Check in, Orang yang sedang proses Check in didepan saya tampak agak kebingungan dgn Barang Bawaannya. Cukup banyak sehingga melampaui Batas yang diperkenankan. Ia kemudian menoleh ke arah saya & berkata meminta Bantuan.

"Pak, saya lihat bawaan bapak sedikit,"  katanya sembari menatap saya. "Bisakah saya menitipkan Kopor saya kepada Bapak?"

Saya langsung menggeleng.

"Maaf Pak, saya tidak bersedia," jawab saya tegas.

"Kenapa pak? Bapak tidak mempercayai saya?"

"Bagaimana saya percaya Bapak, kenal saja tidak. Pun jika ternyata Bagasi bapak itu berisi Barang Berbahaya, nantinya di Manifest terdaftar atas Nama saya. Sayalah yang akan berurusan dengan Polisi, bukan Anda."

"Terus saya harus bagaimana?"

"Itu Masalah Anda, bukan Urusan saya. Lagipula masih ada Solusinya kok, bayar saja Kelebihannya."

Saya lihat Counter Check in sebelah kosong, Petugasnya mengangguk kepada saya.

Segera saya bergeser kesana, mengurus Check in dan beranjak masuk ke Lounge.

Ada juga seorang ibu ingin ke toilet dan menitip kan anak nya kepada kita atau bayi.. Jangan kita menerima karena beliau akan membuat alibi bahwa kita telah menculik anak nya dan sudah dg scenario dg bbrp orang...

Ibu kok gak mau nolong sebentaar saja sy mau ke toilet masa bayi di bawa2, apa ibu tega kpd saya?..
Nah ketika kita gelagapan tdk mau gak enak dll..

Atau ada yg minta tlg membelikan minum atau butuh uang receh jangan mudah memberi jika tidak kenal, nnt yg minta akan memberikan kita secarik kertas beriisi narkoba.. dan kita di grebek tiba2 jika tdk menuruti

Maka kita akan diperas dg sejumlah uang sangat besar

Itulah " Social Engineering ",

Sebuah Teknik untuk Memanipulasi dan Mengarahkan Perilaku Seseorang atau Sekelompok Orang dengan Menggunakan Kekuatan Hipnotik Bahasa, Rasa Rikuh Pekewuh serta Preferensi Pribadi Seseorang Terhadap Suatu Isu.

Sejalan dengan kian berkembangnya Teknologi..., " Teknik Human Engineering " juga merembes kencang dalam Dunia Sosial Media melalui Berita-berita Hoax. Oleh karena itu jangan heran jika dari Tukang Sampah hingga Orang Berpendidikan sangat Tinggi, bisa Terpengaruh karenanya.

Semoga Berguna... 👍

Kata kata seperti ini :

"Bapak gak percaya dgn saya ?"

Biasanya kita jadi Sungkan krn takut menghina mereka lalu kita jawab :

" Bukan begitu...tapi......."

Nah disaat itu, kita Menempatkan Diri Dibawah Mereka.

Harusnya langsung saja jawab :

"IYA...SAYA GAK PERCAYA KALIAN..."

Persis Dalam Cerita Diatas.

Mulai itu Penjahat Tahu Kita Bukan Calon Korban Yang Lemah.

SHARE KE YG LAIN BIAR TDK MENJADI KORBAN...!!!

-------------------------------------

Nah demikian artikel Waspadalah dengan Penipuan dengan Cara Social Engineering Attack. Kita semua harus waspada, jaman sekarang kriminalitas ada dimana-mana dilakukan dengan berbagai cara berbagai modus. Semoga bermanfaat.

Share artikel Waspadalah dengan Penipuan dengan Cara Social Engineering Attack ini ke teman anda ya?




Artikel Terkait



No comments:

Post a Comment