Bisnis Sinergy Eco Racing, Cara Cepat dan Mudah Mendapatkan Mobil Cash Idaman Keluarga Anda. (Cukup Beberapa Bulan Saja). Mau Mobil Cash? KLIK DISINI >>>

Apr 9, 2019

Mengunjungi Masjid Quba Madinah, Edisi City Tour Umroh

Ketika umroh biasanya ada waktu dimana jamaah umroh melakukan city tour. Salah satu tempat yang wajib dikunjungi adalah Masjid Quba. Nah berikut saya ulas singkat tentang Mengunjungi Masjid Quba Madinah, Edisi City Tour Umroh, sebagai bagian dari napak tilas perjalanan dakwah Rosulullah saw.

Masjid Quba 2019

Mengunjungi Masjid Quba Madinah, Edisi City Tour Umroh

Demikian juga kami saat umroh 2019 mengunjungi Masjid Quba. Kami melaksanakan ibadah Umroh melalui travel Daqu Travel.

Ada yang mau pakai jasa Daqu Travel? Kalau mau bisa saya bantu untuk kontak person tim marketing Daqu Travel pimpinan Ustadz Yusuf Mansur, silahkan KLIK DISINI dan chat dengan saya. Atau WA 088218128084

Yuk kita bahas Mengunjungi Masjid Quba Madinah, Edisi City Tour Umroh. Ssaya ambil dari sumber wikipedia disini:

Masjid Quba adalah masjid pertama yang dibangun oleh Rasulullah saw. pada tahun 1 Hijriyah atau 622 Masehi di Quba, sekitar 5 km di sebelah tenggara kota Madinah. Dalam Al Qur'an disebutkan bahwa masjid Quba adalah masjid yang dibangun atas dasar takwa (Surat At Taubah:108).

Allah s.w.t memuji masjid ini dan orang yang mendirikan sembahyang di dalamnya dari kalangan penduduk Quba' dengan Firman-Nya:

Sesungguhnya masjid itu yang didirikan atas dasar takwa (Masjid Quba) sejak hari pertama adalah lebih patut bagimu (Hai Muhammad) bersembahyang di dalamnya. Di dalamnya terdapat orang-orang yang ingin membersihkan diri.......(At Taubah, 108).

Masjid ini telah beberapa kali mengalami renovasi. Khalifah Umar bin Abdul Aziz adalah orang pertama yang membangun menara masjid ini. Sakarang renovasi masjid ini ditangani oleh keluarga Saud. Mengutip buku berjudul Sejarah Madinah Munawarah yang ditulis Dr Muhamad Ilyas Abdul Ghani, masjid Quba ini telah direnovasi dan diperluas pada masa Raja Fahd ibn Abdul Aziz pada 1986. Renovasi dan peluasan ini menelan biaya sebesar 90 juta riyal yang membuat masjid ini memiliki daya tampung hingga 20 ribu jamaah.


Meskipun sangat sederhana, masjid Quba boleh dianggap sebagai contoh bentuk daripada masjid-masjid yang didirikan orang di kemudian hari. Bangunan yang sangat bersahaja itu sudah memenuhi syarat-syarat yang perlu untuk pendirian masjid. Ia sudah mempunyai suatu ruang yang persegi empat dan berdinding di sekelilingnya.

Di sebelah utara dibuat serambi untuk tempat sembahyang yang bertiang pohon korma, beratap datar dari pelepah dan daun korma, bercampurkan tanah liat. Di tengah-tengah ruang terbuka dalam masjid yang kemudian biasa disebut sahn, terdapat sebuah sumur tempat wudhu, mengambil air sembahyang. Kebersihan terjaga, cahaya matahari dan udara dapat masuk dengan leluasa.

Masjid ini memiliki 19 pintu. Dari 19 pintu itu terdapat tiga pintu utama dan 16 pintu. Tiga pintu utama berdaun pintu besar dan ini menjadi tempat masuk para jamaah ke dalam masjid. Dua pintu diperuntukkan untuk masuk para jamaah laki-laki sedangkan satu pintu lainnya sebagai pintu masuk jamaah perempuan. Diseberang ruang utama masjid, terdapat ruangan yang dijadikan tempat belajar mengajar.

Lihat beberapa contoh gambar yang berhasil saya jepret saat city tour ke Masjid Quba


Dibagian dalam Masjid Quba, sisi samping alias bukan sisi imam sholat.


Bagian dalam masjid, sisi depan. Jadi yang jauh disana adalah depan masjid Quba.


Nah ini bagian sisi Imam. Banyak jamaah yang melaksanakan sholat sunnah. 

Bagaimana rasanya bisa sholat sunnah di masjid Quba? Rasanya tidak bisa diungkapkan dengan kata2. Serasa sangat dekat dengan Rosulullah saw dan para sahabatnya. Serasa Rosulullah saw ada disekitar sini.



Saya doakan anda semua dan kita semua bisa umroh tahun ini dan bisa mengunjungi Masjid Quba. Aamiin yra.


Foto dari luar dibagian belakang masjid Quba


Foto diluar masjid Quba bagian sisi samping

Nah itu dia Masjid Quba. Masjid yang pertama kali dibangun oleh Rosulullah saw. Jadi pengin ke tanah suci khan? Niat dulu, kumpulin duit lalu berangkat. Rekomendasi pakai Daqu Travel, sebab testimoni saya sangat memuaskan.

Ada yang mau pakai jasa Daqu Travel? Kalau mau bisa saya bantu untuk kontak person tim marketing Daqu Travel pimpinan Ustadz Yusuf Mansur, silahkan KLIK DISINI dan chat dengan saya. Atau WA 088218128084

Demikian artikel Mengunjungi Masjid Quba Madinah, Edisi City Tour Umroh. Semoga mengobati rasa kangen saya dan kita semua. Jangan lupa share artikel Mengunjungi Masjid Quba Madinah, Edisi City Tour Umroh ini ke teman anda ya?

Semoga tahun ini kita semua bisa berangkat umroh. Aamiin

Wallahu A'lam




Artikel Terkait



No comments:

Post a Comment