Apr 8, 2019

Jangan Bersedih, Setelah Kesulitan Hutang Bangkrut ada 2 Kemudahan Lunas Sukses

Bagi teman2 yang yakin dan percaya, masih ada iman didada jangan kuatir jangan bersedih. Mungkin sekarang ini lagi banyak kesulitan, banyak hutang, bisnis bankrut, anak belum bayar sekolah dll. Jangan Bersedih, Setelah Kesulitan Hutang Bangkrut ada 2 Kemudahan Lunas Sukses. Insya Allah.


Jangan Bersedih, Setelah Kesulitan Hutang Bangkrut ada 2 Kemudahan Lunas Sukses

Anda sedang punya kesulitan?

Hutang serasa nggak lunas2? Gaji hanya cukup2an malah kurang. Istri suka marah2. Bisnis yang baru dirintis malah bangkrut. Khabar gembira itu tanda-tanda yang bagus. Jangan Bersedih, Setelah Kesulitan Hutang Bangkrut ada 2 Kemudahan Lunas Sukses.

Pernah mendengar ini?

“Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.” (QS. Alam Nasyroh: 5)

Ayat ini pun diulang setelah itu,

إِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا

“Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.” (QS. Alam Nasyroh: 6)

Artinya apa?

Artinya setelah kesulitan datang mendera bertubi-tubi yakinlah ia datang membawa kemudahan. Cuman kita fokus kepada kesulitan sehingga kemudahan itu menjadi samar dan tidak nampak. Oleh karena itu yang perlu kita lakukan adalah

Bertaubat atau istighfar. Kita harus mengakui bahwa segala azab dan kesulitan hidup diakibatkan karena ulah tangan kita sendiri. Ngaku salah gan.

Yang kedua terima dengan ikhlas kepedihan dan kesulitan ini sebagai bagian dari pembersihan dosa. Terimalah apa adanya dengan berikhtiar semampunya. Bingkainya bismillah. Apapun yang menerpa hidup kita rasakan pedih perihnya.


Yang ketiga jangan lakukan dosa lagi yang mengakibatkan kesulitan hidup itu datang. Setelah taubat maka perbaiki dengan amal shaleh. Iringi dengan kebaikan kebaikan.

Yang keempat ikhtiar semampunya. Buka mata buka hati kepada apa2 yang hadir dalam hidup kita. Apa2 yang hadir bisa jadi 2 kemudahan itu tadi. Bertemu peluang, bertemu orang dll terima dengan prasangka yang baik-baik.

Ke 5 nikmati aja proses. Bismillah akan indah pada waktunya.

Ada motivasi bagus nih. Dari kawan saya Ustadz Hanafi.

------------------------------

Motivasi

Hikmah Sebuah Perjalanan

Masalah datang untuk menguji sejauh mana ketangguhan kita. Tangguh bukan berarti tak kenal kata mengeluh. Tegar bukan berarti lolos serta merta dengan penuh sabar. Semua pasti bisa kita rasakan namun yang utama kala kita mampu berhikmah dengan keadaan.

Allah ta’ala berfirman,

مَا أَصَابَ مِن مُّصِيبَةٍ إِلَّا بِإِذْنِ اللَّهِ وَمَن يُؤْمِن بِاللَّهِيَهْدِ قَلْبَهُ وَاللَّهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمٌ

“Tidaklah ada sebuah musibah yang menimpa kecuali dengan izin Allah. Dan barang siapa yang beriman kepada Allah (bersabar) niscaya Allah akan memberikan hidayah kepada hatinya. Allahlah yang maha mengetahui segala sesuatu.” (QS At Taghaabun: 11)

Kenyataan tak mungkin disesalkan. Begitulah kita diajarkan bagaimana menghadapi kenyataan dengan penuh keimanan.

Tak ada yang luput dari rencana terbaik-Nya. Tak ada yang terlewat dari skenario terindah-Nya.

Jalani, hadapi dan nikmati. Kehidupan itu banyak menghadirkan ilmu yang tak kita dapatkan di bangku sekolah. Hati yang penuh iman selayaknya pohon yang akarnya memghujam sehingga terpaan ujian tetap menguatkan.

Rasulullah ﷺ bersabda,

واعلم أن النصر مع الصبر ، وأن الفرج مع الكرب ، وأن مع العسر يسرا

“Dan ketahuilah, sesungguhnya kemenangan itu beriringan dengan kesabaran. Jalan keluar beriringan dengan kesukaran. Dan sesudah kesulitan itu akan datang kemudahan.” (Hadits riwayat Abdu bin Humaid di dalam Musnad-nya dengan nomor 636, Ad Durrah As-Salafiyyah hal. 148)

---------------------------


Naah sekarang anda mulai mengerti dan mulai mendapatkan pencerahan. Semoga. Bahwa kesulitan datang membawa 2 kemudahan. Makanya jangan fokus kepada kesulitan namun fokus kepada 2 kemudahan yang dibawa setelah kesulitan pergi.

Sekali lagi jangan terlalu bersedih dengan perihnya kesulitan dan ujian hidup. Karena dengannya akan terasa semakin perih. Nikmatin aja meski berat.

Sebab itu semua konsekwensi dosa2 kita. Percayalah itu semua karena dosa2 kita.

Tugas kita adalah minta ampun, kemudian memperbaiki diri dengan amal shaleh. Insya Allah proses akan berjalan dengan grafik takdir yang lebih positif.

Dann jangan lupa berprasangka baik kepada_Nya.

Berprasangka baiklah. Karena dengannya melatih kepekaan dan intuisi anda semua. Semoga kesulitan, hutang, bangkrut dll segera pergi dan berganti dengan kemudahan, kesuksesan, kekayaan dan karunia tanpa batas lainnya. Aamiin.

Demikian artikel Jangan Bersedih, Setelah Kesulitan Hutang Bangkrut ada 2 Kemudahan Lunas Sukses. Semoga bermanfaat. Share artikel Jangan Bersedih, Setelah Kesulitan Hutang Bangkrut ada 2 Kemudahan Lunas Sukses ini ke teman anda ya?

Wallahu A'lam




Artikel Terkait



No comments:

Post a Comment