Mar 5, 2019

(HOAX) Ust. Yusuf Mansur Sebutan Kafir Adalah Sebuah Hinaan dan Bisa Dipidanakan

Lumayan viral berita dengan judul "Ustadz Yusuf Mansur: Sebutan Kafir adalah Hinaan, Bisa Dipidanakan. Maka saya mengangkat tema ini juga dengan judul (HOAX) Ust. Yusuf Mansur Sebutan Kafir Adalah Sebuah Hinaan dan Bisa Dipidanakan. Maksudnya adalah berita diatas HOAX alias fitnah.

Gambar dari https://stophoax.id

Sebelum membahasnya saya berkali2 sampaikan sifat saya adalah netral. Namun namanya juga netizen. Seribu kali saya bilang saya netral tetap saja mereka tidak percaya dan menyimpulkan saya mendukung 01 karena nulis tentang 01. Nanti kalau saya nulis tentang 02 (kalau ada yang viral) saya dikira mendukung atau menggiring opini untuk nyoblos 02. Ya sudahlah, mau dijelasin sampai berbusa juga percuma.

Mending kalau gak percayanya kalem, ini sambil ngegas, nyolot bin nyinyir. Makanya saya bilang, ya sudahlah saya yang salah, maafkan saya. "Terus kenapa anda nulis tentang UYM mulu, kali2 nulis tentang Prabowo napa?"

Laah khan saya blogger. Saya kalau nulis berita yang lagi VIRAL. Biar traffic blognya naik. Mosok nulis tentang Klepon? Emang ada yang baca nantinya. Hehe.. Susah emang kalau diskusi dengan orang2 yang nggak nyambung.

Ntar kalau ada berita tentang Prabowo yang viral juga saya tulis. Sabar nape.. Hehe. Lagian tulisan dengan tema Pak Prabowo sudah sering dan banyak saya tulis dalam artikel lama. Bahkan saya pernah nulis dengan tema "SP (Sabda Palon = Jawa) adalah Subianto Prabowo Satria Piningit". Silahkan bisa di browsing. Itupun kalau anda mau. Karena prediksi saya anda males browsing.

"Lebih baik tidak usah bahas politik, nanti reputasinya turun". Lagi2 jawabannya adalah saya seorang blogger bung. Menyalurkan hobi sekaligus mendulang rezeki. Nulis segala sesuatu yang kira2 banyak yang baca. Kalau bahas politik khan rame tuh. Beda banget kalau bahas tentang knowledge atau ilmu pengetahuan. Karena kebanggaan blogger adalah ketika blognya ramai. Lagian pembahasannya seimbang kok.

Malah saya tulis sedemikian rupa sehingga kita bisa lebih dewasa dalam berdemokrasi. Kalau masalah reputasi itu gpp juga turun. Paling turun reputasinya bagi orang2 yang kepentingannya agak terganggu. Padahal saya tidak ada niat mengganggu. No problemo.

"Lebih baik fokus saja di bisnis".

"Mendingan urusin yang lain"

"Lebih baik begini begitu begono"

Wadiuuuh banyak banget syarat dan ketentuannya ya? Kayak emak saya saja Hehe. Begini boleh begitu tidak boleh. Menyuruh saya begini dan begitu. Dari pada nanti ribut tidak perlu saya jawab ya? Terimakasih perhatian dan kasih sayangnya. Anggap saja saya yang salah dan saya minta maaf. Namun saya tetaplah blogger dan ide2 menulis tidak akan bisa dihentikan, asal sesuai koridor.

Tapi begitulah, netizen selalu benar dan saya yang salah. Lebih baik terus saja berkarya. Nulis segala sesuatu yang sejuk dan mendamaikan. Semoga saja dah.. Pokoknya damai. Pendukung 01 dan 02 wajib damai ya? Sebab berbeda itu indah


(HOAX) Ust. Yusuf Mansur Sebutan Kafir Adalah Sebuah Hinaan dan Bisa Dipidanakan

Yuk kita bahas sedikit tentang berita (HOAX) Ust. Yusuf Mansur Sebutan Kafir Adalah Sebuah Hinaan dan Bisa Dipidanakan. Hoax adalah sebuah berita yang tidak benar atau fitnah untuk tujuan dan maksud tertentu.

Pada jaman ini hoax beredar dimana-mana. Bisa jadi saya dan anda adalah salah satu korbannya. Dan memang kita2 ini memang mudah banget kehasut, mudah kemakan hoax. Mudah terprofokasi kemudian berantem gara2 hoax.



Saya dan kita2 ini ketika ada berita langsung ditelan, jadinya kemakan hoax, kemakan pula dosa2nya. Naudzubillah, Astaghfirullah.

Misalnya seperti komentar dalam status facebook dibawah ini ada satu teman kita yang kemakan hoax. Dan dirinya merasa bener.. Hehe. Memang lucu hidup ini ya gaess..


Klarifikasi Ustadz. Yusuf Mansur Terkait Hoax Sebutan Kafir Bisa Dipidanakan

Hoax2 murahan seperti ini yang ditujukan kepada seorang tokoh bisa menurunkan reputasi dan kredibilitasnya. Maka saran saya hati2 nyebarin berita yang belum tentu kebenarannya.

Terkait dengan hal ini Ustadz Yusuf Mansur memberikan Klarifikasinya. Dalam sumber akun instagram resminya @yusufmansurnew dalam link ini https://www.instagram.com/p/BujGTYyluxa/ ditulis sbb

yusufmansurnew
Saya tidak pernah bcr ini... Tribun bs jd jg adalah korban. Padahal bs jd ga pernah nulis begini. Hati2 dg adu domba. Di 01 jaga akhlak. Di 02 jaga akhlak. Bareng2, jaga akhlak. Bcr nya progrsm. Adu program.


Dalam status lainnya di link ini https://www.instagram.com/p/BukcziulsTa/ lagi2 Ust Yusuf Mansur klarifikasi.

yusufmansurnew
Msh beredar. Alhamdulillaah. .
Ini, bukan kata2 saya.


Karena terus saja beredar di media sosial yang berbeda-beda lagi2 Ustadz Yusuf Mansur memberikan klarifikasinya yang ke 3 kali dalam link ini https://www.instagram.com/p/BulMOI1lRBL/

yusufmansurnew
Hehehe. Demen saya ngepos. Bukan saya. Ini kata2 bukan kata2 saya.
Ada satu hikmah... Banyak yg terima apa2, langsung aja ngegas, hehehe. Ga ada rem nya...
Met zikir sore...


Masih saja viral di tempat lain dan dibumbui dengan hinaan cacian dan hujatan pedas. Ulama sekelas UYM dicaci maki dihujat di hina direndahkan di media sosial. Emang kebangetan jempol kita ini ya? Mudah2an kita semua terhindar dari dosa jempol.. hehe



Dalam link ini ditulis sbb https://www.instagram.com/p/BulQWSrF_jK/

yusufmansurnew
Seru. Hehehe. Kata2 ini bukan kata2 saya.
Bbrp kali postingan, saya belajar makin banyak. Alhamdulillaah. Makin adem ati ini. Emang kita ga bs ngontrol jempol, tangan, perasaan, pikiran, orang lain. Serahkan ke Allah. Itu juga seizin Allah.


Sumber Hoax yang Memuat Berita Ust. Yusuf Mansur

Dalam sumber ini https://stophoax.id/blog/post/salah-ustadz-yusuf-mansur-katakan-sebutan-kafir-adalah-sebuah-hinaan-dan-bisa-dipidanakan-9564 ditulis sbb:

Link tribuninf0.blogspot.com menayangkan artikel yang berjudul “Ustadz Yusuf Mansur: Sebutan “Kafir” Adalah Sebuah Hinaan, Bisa Dipidanakan!.” Artikel tersebut pun dibagikan oleh akun media sosial Facebook Info Medsos (@infomedsos.co.id), Minggu (3/3).

Mengetahui hal tersebut, Ustadz Yusuf Mansur memberikan klarifikasinya melalui akun Instagram @yusufmansurnew. Ia menyatakan tidak pernah mengeluarkan pernyataan tersebut. Dan klarifikasinya ini pun dimuat oleh media daring jitunews.com.

Berikut klarifikasinya:

“Saya tidak pernah bcr ini… Tribun bs jd jg adalah korban. Padahal bs jd ga pernah nulis begini. Hati2 dg adu domba. Di 01 jaga akhlak. Di 02 jaga akhlak. Bareng2, jaga akhlak. Bcr nya progrsm. Adu program,” posting akun Instagram @yusufmansurnew, Minggu (3/3).



Sumber berita hoax: Blogspot dan Media Sosial Facebook
Kategori: Misleading Content / Disinformasi
Narasi:
“Ustadz Yusuf Mansur: Sebutan “Kafir” Adalah Sebuah Hinaan, Bisa Dipidanakan!!,” ditayangkan tribuninf0.blogspot.com dan diposting akun Facebook Info Medsos (@infomedsos.co.id).

----------------------------------

Kemudian saya mencoba cek satu2 link sumber tersebut. Silahkan kalau temen2 mau cek sumber hoax ada dalam link ini:

1. https://tribuninf0.blogspot.com/…/ustadz-yusuf-mansur-sebut…
2. https://www.facebook.com/infomedsos.co.id/posts/2087674608191188

Setelah saya cek ini hasilnya

Link https://www.blogger.com/blogin.g?blogspotURL=https://tribuninf0.blogspot.com/2019/03/ustadz-yusuf-mansur-sebutan-kafir.html


Artinya kalau melihat gambar diatas blog nya sudah diremoved atau dihapus. Setelah nyebar hoax, dan setelah barangkali ditegur terus melarikan diri atau menghapus blognya. Baguslah.. Biar jera.

Kemudian saya cek link facebook penyebar hoax dalam link ini https://www.facebook.com/infomedsos.co.id/posts/2087674608191188

Daan ini dia hasilnya


Halaman ini tidak tersedia artinya akun facebook tersebut sudah dihapus oleh pemiliknya. ATau kemungkinan akun facebook tersebut memang belum pernah dibuat alias belum pernah ada.

Kemungkinan besarnya adalah akun facebook penebar hoax diatas sudah dihapus sama pemiliknya. Nah lo..

-------------------------------

Bagi teman2 yang mau cek kebenaran berita apakah hoax atau bukan bisa gabung dengan Fanspage Forum Anti Fitnah, Hasut, dan Hoax dalam link ini https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/848606215471915/

Website rekomendasi https://turnbackhoax.id

Situs TurnBackHoax.ID ini dikelola oleh MAFINDO, Masyarakat Anti Hoax Indonesia. Sumber kontennya adalah Forum FAFHH, Forum Anti Fitnah Hasut dan Hoax : http://facebook.com/groups/fafhh

MAFINDO adalah organisasi perkumpulan resmi yang didirikan pada tanggal 19 November 2016, Akta Notaris Nomor 1 Tanggal 19 November 2016 yang dibuat oleh ISMA JANUARTI, SH., M.KN,

SK (Surat Keputusan) Pendirian Perkumpulan NOMOR AHU-0078919.AH.01.07.TAHUN 2016 Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia.

-----------------------------

Nah silahkan cek2 berita hoax atau bukan dalam web diatas ya?

Semoga jari jempol dan hati kita semua terhindar dari berita hoax dan fitnah.. Aamiin

Lagi2 pesan saya mbok yao damai kenapa sih? Disuruh akur kok susah amat? Mari dewasa dalam berdemokrasi. Pilihan boleh beda namun persahabatan jangan sampai hancur karena ribut sebab beda paslon.

Perbedaan adalah keniscayaan. Tidak mungkin semuanya harus sama dengan kita. Mustahil apa yang kita mau 100% pasti kita dapatkan. Beda itu indah. Oleh sebab itu jika antara anda, teman anda dsb ada perbedaan, mari cari persamaan agar persatuan itu tetap bertahan. Mari berdoa untuk segala kebaikan selama-lamanya dunia akherat.

Dunia itu luas. Kompleks. Dunia itu tidak seperti panggung sandiwara. Maksudnya adalah dunia tidak sebesar panggung. Dibelahan bumi yang lain ada dunia yang berbeda. Maksudnya adalah "PENGETAHUAN" kita tentang segala sesuatu sepandai apapun anda hanyalah kurang dari 1% dibanding dengan apa yang ada di dunia.

Mungkin saja anda merasa sangat benar untuk sebuah urusan sebab sudah melihat dalam sebuah panggung. Makanya anda sangat kekeh dan militan untuk hal itu. Namun ketahuilah sekali lagi dunia itu tidak hanya sebesar panggung pertunjukan. Ada sisi lain yang tidak akan bisa anda lihat. Bahkan ada jauuuuhhhh lebih banyak sisi lain yang tidak anda ketahui.

Oleh sebab itu yang terbaik adalah pegang saja kebenaran yang sudah diyakini. Namun tetap kebenaran atas segala sesuatu, kebenaran sejati hanya ada di sisi Ilahi Robbi. Wallahu A'lam

Demikian (HOAX) Ust. Yusuf Mansur Sebutan Kafir Adalah Sebuah Hinaan dan Bisa Dipidanakan. Semoga mencerahkan. Jangan lupa share artikel (HOAX) Ust. Yusuf Mansur Sebutan Kafir Adalah Sebuah Hinaan dan Bisa Dipidanakan, ini ya? Biar tidak bertambah lagi korban hoax.




Artikel Terkait



No comments:

Post a Comment