Aug 3, 2018

Inilah Waktu Tidur 5 Pemimpin Sukses, Dari SBY, UYM, Jokowi Hingga Obama dan Donald Trump

Kebanyakan orang mengatakan jagalah kesehatan, tidurlah yang cukup paling tidak 8 jam sehari. Betulkah? Kalau kita tinjau dari sisi medis memang betul. Tidurlah 8 jam sehari agar sehat.


Jumlah waktu tidur yang ideal adalah sebagai berikut:
  • > Bayi yang baru lahir (0-3 bulan): 14-17 jam per hari 
  • > Bayi (4-11 bulan): 12 – 15 jam per hari
  • > Balita (1-2 tahun): 11-14 jam per hari
  • > Anak pra-sekolah (3-5 tahun): 10-13 jam per hari
  • > Anak usia sekolah (6-13 tahun): 9-11 jam per hari 
  • > Remaja (14-17): 8-10 jam per hari
  • > Orang dewasa muda (18-25 tahun): 7-9 jam per hari
  • > Dewasa (26-64): 7-9 jam per hari
  • > Orang dewasa yang lebih tua (di atas 65 tahun): 7-8 jam per hari

Inilah Waktu Tidur 5 Pemimpin Sukses, Dari SBY, UYM, Jokowi Hingga Obama dan Donald Trump




Namun bagi Ustadz Yusuf Mansur tidak demikian. Saya membaca akun instagramnya, jangan kebanyakan tidur. Orang2 bertakwa jaman dahulu kala sedikit sekali tidur pada waktu malam. Mereka lebih suka menghabiskan malam dengan ibadah.

Demikian juga UYM yang mana konon tidur malam hanya 2 jam kurang lebih. Sisanya nyolong2 istirahat siang misalnya pada saat berada dalam mobil dalam perjalanan dakwah.

Saya juga demikian. Tidurnya gak jelas.. Hehee

Tidur jam 2 atau jam 3 dinihari. Kemudian bangun jam 5 (meski kadang kesiangan). Setelah sholat subuh sudah aktifitas seperti biasa. Meski kadang jam 8 pagi ketiduran.. Hehe.

Dalam sebuah emailnya, Laruno official yang mana sering mengutip statement dari Tung Desem waringin menginformasikan durasi tokoh istirahat/ tidur malam sbb

Presiden Amerika Serikat ke-45, Donald Trump

Donald Trump dengan kesibukan sebagai presiden, saya kutip dari laporan The Daily News, hanya tidur 4 jam per malam. Karena baginya lebih baik bangun tidur dan mewujudkan kenyataannya bukan terlelap dalam tidur mimpi.

Presiden Amerika Serikat ke-44, Barack Obama

Tadi presiden ke 45, sekarang presiden ke 44 Amerika Serikat dua periode. Tidur pada pukul 1 pagi dan bangun jam 7 pagi. Kurang lebih 6 jam tidurnya.

Presiden Indonesia ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono

Dulu banyak rumor Pak SBY ini kurang tidur karena banyak tantangan untuk membangun Indonesia. Lantas berapa jam SBY tidur dalam sehari? Bisa jadi beliau tidak bisa tidur dengan nyenyak dan mungkin hanya tidur dua jam karena harus membagi waktu dengan tugas pemerintahan, partai, hingga keluarga.

Presiden Indonesia ke-7, Joko Widodo

“Yah tidur bisa satu jam, bisa 7 jam, bisa 2 jam. Tapi banyakan, rata-rata 2 jam,” kata Jokowi seperti dikutip dari pemebritaan di Tempo, 8 September 2013. Dulu kesibukan beliau sebagai gubernur DKI membuatnya tidak bisa tidur cukup dalam sehari. Apa lagi menjadi presiden seperti saat ini ya?

CEO Tesla, Elon Musk

Meskipun CEO Tesla Elon Musk kadang tertidur di lantai pabrik di kantornya, ia mengatakan, tetap mengatur waktu tidurnya."Saya biasa mengaturnya dengan telepon genggam. Rata-rata 6 jam sehari," katanya.

-----------------------------------

Lebih Baik Mana? Tidur Cukup 8 Jam Sehari atau Tidur Sedikit Waktu Malam?




Labih baik mana? Tidur banyak apa tidur sedikit? Kalau saya pribadi jangan banyak2 tidur. Waktu didunia itu sedikit. Manfaatkan untuk action yang positif. Manfaatkan untuk amal ibadah semampu kita.

Jangan dikit2 tidur-dikit2 tidur. Dan memang secara medis ukurannya adalah 8 jam sehari. Tapi bayangkan saja jika kita tidur 5 jam sehari, maka ada 3 jam yang bisa kita manfaatkan untuk sesuatu yang positif.

Nanti rentan penyakit gimana?

Bisa jdi iya. Tapi berapa lama sih manusia hidup? Selama-lamanya se sehat-sehatnya berapa sih? Paling lama 75 tahun. Lebih dari itu hidup segan mati tak mau.

Allah swt berfirman

كَانُوا قَلِيلًا مِنَ اللَّيْلِ مَا يَهْجَعُونَ
وَبِالْأَسْحَارِ هُمْ يَسْتَغْفِرُونَ

Di dunia mereka sedikit sekali tidur diwaktu malam. Dan selalu memohonkan ampunan diwaktu pagi sebelum fajar. (QS Az-Zariyat:17-18)

Dalam QS Al Muzzammil Allah berfirman sbb

“Hai orang yang berselimut (Muhammad), bangunlah (untuk sembahyang) di malam hari, kecuali sedikit (daripadanya), (yaitu) seperduanya atau kurangilah dari seperdua itu sedikit atau lebih dari seperdua itu. Dan bacalah Al Qur’an itu dengan perlahan-lahan. Sesungguhnya Kami akan menurunkan kepadamu perkataan yang berat. Sesungguhnya bangun di waktu malam adalah lebih tepat (untuk khusyu’) dan bacaan di waktu itu lebih berkesan. Sesungguhnya kamu pada siang hari mempunyai urusan yang panjang (banyak).” (QS Al Muzzamil : 1-7)

Oleh karena itu menurut saya pangkas waktu tidur anda. Yang semula 8 jam jadi 7 atau 6 jam. Atau bahkan 4 jam. Sebab konon waktu terbaik buat tidur hanyalah 4 jam yakni pada pukul 10 malam sampai dengan pukul 2 dini hari.

Nyatanya mereka yang jarang tidur malam malam kelihatan lebih bugar dan sehat. Lebih aktif dan lebih intuitif. Lebih peka. Dan umur mereka juga panjang-panjang.

Yuk

Manfaatkan sisa waktunya untuk melakukan sesuatu yang positif. Atau melaksanakan amal ibadah. Menambah ilmu, amal dan ibadah kita semua. Aamiin

Wallahu A'lam




Artikel Terkait



No comments:

Post a Comment