May 19, 2018

Tips Agar Tubuh Tetap Segar Bertenaga dan Kuat Saat Puasa Ramadhan 2018

Berikut artikel tentang Tips Agar Tubuh Tetap Segar Bertenaga dan Kuat Saat Puasa Ramadhan 2018. Sebelum membahas tips tetap sehat segar bertenaga saat puasa, menurut teman-teman apa sih puasa itu?

Pertanyaan diatas saya share ke teman FB. Berikut beberapa jawaban dari teman2 saya.


Mutmainah Puasa itu bulannya umat . Di mana umat berpanen ria menuai banyak pahala. Yukkk manfaat kan bulan puasa ini utk mendekatkan diri kita kepada Allah SWT
Winarno Abdiel Puasa.. Menahan lapar, haus, nafsu, emosi, perkataan, dan perbuatan dari yang bisa membatalkan puasa.. Bulan maghfiroh.. Bulan barokah..
Zaenal Mitra Kpn Puasa itu sesuatu deh,, di dalamnya ada berkah berbagi, saling bermaafan dan pengampunan dosa, dan saatnya berhijrah
Mirza Hasan Indah..nikmat saat buka,..berarti nikmat membawa nikmat.Subhanallah.


Rudy Kpn Puasa itu bukan sekedar menahan haus dan lapar saja di siang hari bolong, akan tetapi kedua mata kita, tangan dan seluruh tubuh kita juga berpuasa.. Sayyidina Muhammad Shollallahu Alaihi Wa'aalihi Washohbihi Wasallam bersabda kaamin shoimin laysalahu syiyamin ilal ju' wal athos banyak umatku yang berpuasa hanya menahan haus dan lapar saja.. Man shouma romadhona imaana wahtisaban ghufiro lahu maa taqoddama min dzanbi barangsiapa yang gembira menyambut datangnya bulan suci ramadhan maka Allohu SWT akan mengampuni segala dosanya.. Waallohu a'lam bissawab

Kalau menurut anda bagaimana? Kalau menurut saya seperti gambar dibawah ini.. Hehe :)


Back to laptop

Tips Agar Tubuh Tetap Segar Bertenaga dan Kuat Saat Puasa Ramadhan 2018

Saya copas dari sumber disini, Untuk tetap menjaga energi dan terhindar dari dehidrasi selama puasa, mahasiswa dari Universitas Birmingham City, Inggris, telah membuat panduan agar tujuan tersebut bisa tercapai.

Berikut panduannya dilansir Aljazeera, Rabu (16/5/2018):

1. Minum lebih banyak air saat malam

Para ahli menyarankan untuk minum air setidaknya dua liter saat sedang tidak puasa (dari waktu berbuka hingga sahur).

2. Makan seimbang

Saat berpuasa tubuh kekurangan nutrisi yang dibutuhkan sistem tubuh. Sebab itu, para ahli menekankan pentingnya mengonsumsi makanan yang seimbang saat berbuka dan sahur agar kebutuhan nutrisi tubuh tercukupi.

3. Pikirkan alternatif makanan

Gantilah gorengan dengan makanan yang dipanggang, dan gantilah makanan berat dengan yang lebih ringan.

4. Olahraga selama puasa

Olahraga masih tetap dapat dilakukan selama berpuasa. Olahraga justru dapat menjaga aliran darah. Kuncinya, olahraga tidak dilakukan dengan berlebihan.




5. Banyak protein dan hindari garam saat sahur

Para ahli merekomendasikan mengonsumsi makanan yang dapat menyediakan energi cukup untuk tubuh yang dapat bertahan selama beberapa jam. Makanan yang lambat dicerna seperti protein tinggi dan serat tinggi sangat disarankan.

6. Air, kurma, dan makanan seimbang saat berbuka puasa

Berbuka dengan kurma adalah sesuatu yang wajar untuk umat Muslim. Di sisi lain, kurma juga memberikan manfaat untuk tubuh.

Kandungan gula alami dalam kurma dapat memberikan energi lagi ke sistem tubuh. Jika tak ada kurma, buah lain juga sama manfaatnya.

Setelah mengonsumsi makanan manis dari gula alami, hal yang dibutuhkan tubuh selanjutkan adalah makanan seimbang yang terdiri dari karbohidrat, protein dalam daging atau ikan, dan susu untuk lemak alami.

7. Jaga energi tanpa air dan makanan ringan

Menurut para ahli, ada cara-cara sederhana yang dapat dilakukan agar tubuh tetap bertenaga saat menjalani puasa.

Misalnya istirahat sebentar dari kegiatan Anda dan pergi berjalan-jalan sebentar, menulis daftar kegiatan yang harus dilakukan, atau merencanakan akan mengonsumsi menu berbuka apa.

Demikian Tips Agar Tubuh Tetap Segar Bertenaga dan Kuat Saat Puasa Ramadhan 2018 yang panduannya dilansir Aljazeera, Rabu (16/5/2018)

---------------------

Ada lagi Tips Agar Tubuh Tetap Segar Bertenaga dan Kuat Saat Puasa Ramadhan 2018 menurut saya yang biasa kita dengar yaitu



Banyak minum air putih hangat pada saat sahur. Tujuannya apa? Tujuannya mengurangi rasa haus pada saat siang hari. Sebab ternyata rasa haus disebabkan ada lapisan lemak di tenggorokan. Air hangat bertujuan menggelontor cairan lemak tersebut.

Minum larutan/ minuman beryodium. Misalnya pocari. Larutan beryodium ini bertujuan mengurangi dehidrasi akibat aktifitas siang hari.

Banyak makan karbohidrat supaya ada energi pada saat aktifitas esok hari. Jangan es cendol yang dibanyakin.. hehe

Niatkan berpuasa berharap pahala. Kalau niat udah kenceng maka energy juga kenceng. Kalau niatnya asal-asalan maka jam 9 pagi saja sudah terasa lemes. Kuatkan niat kita semua untuk berpuasa mengharap pahala berlipat ganda.

Demikian kurang lebih Tips Agar Tubuh Tetap Segar Bertenaga dan Kuat Saat Puasa Ramadhan 2018 semoga bermanfaat.

Share ke teman anda ya?

Selamat menjalankan ibadah puasa semoga puasa saya dan kita semua diterima oleh Allah swt dan mendapatkan stempel TAQWA. Aamiin





Artikel Terkait



No comments:

Post a Comment