May 29, 2018

Keajaiban Kata Hari dalam Matematika Al Qur'an

Al Qur'an adalah mu'jizat. Al Qur'an adalah keajaiban bagi orang-orang yang memahaminya/ ahli ilmu. Inilah Keajaiban Kata Hari dalam Matematika Al Qur'an

Artikel Keajaiban Kata Hari dalam Matematika Al Qur'an terinspirasi dari Buku berjudul Miracle of the Qur'an karangan Caner Taslaman. Beliau adalah Peneliti dan Penulis Best Seller di Turki untuk tema-tema filsafat sains dan sosiologi agama. Buku Miracle of the Qur'an diterbitkan oleh penerbit Mizan.


Dalam buku tersebut ditulis

Allah swt berfirman

Sebenarnya, Al Quran itu adalah ayat-ayat yang nyata di dalam dada orang-orang yang diberi ilmu. Dan tidak ada yang mengingkari ayat-ayat Kami kecuali orang-orang yang zalim. (QS Al Ankabut: 49)

Dalam firman yang lain disebutkan

Maka apakah mereka tidak memperhatikan Al Quran? Kalau kiranya Al Quran itu bukan dari sisi Allah, tentulah mereka mendapat pertentangan yang banyak di dalamnya. (QS An Nisa': 82)

Dalam ayat yang lain juga disebutkan

Katakanlah: "Sesungguhnya jika manusia dan jin berkumpul untuk membuat yang serupa Al Quran ini, niscaya mereka tidak akan dapat membuat yang serupa dengan dia, sekalipun sebagian mereka menjadi pembantu bagi sebagian yang lain". (QS Al Isra': 88)

Keajaiban Kata Hari dalam Matematika Al Qur'an



Kata "satu hari" (Yaum) digunakan 365 kali dalam Al Qur'an. Penggunaan kata "satu hari" sebanyak 365 kali dalam Al Qur'an sangat penting karena revolusi bumi mengelilingi matahari memakan waktu 365 hari?

Apakah ini kebetulan? Atau mukjizat/ keajaiban?

Satu hari = 365

Jumlah hari yang diperlukan bumi untuk berevolusi terhadap matahari = 365

Sedangkan bentuk jamak dari kata "hari" adalah hari-hari (Ayyam, yaumun) yang mana digunakan 30 kali dalam Al Qur'an

Hari-hari (jamak) = 30

Jumlah hari dalam sebulan = 30

Sekali lagi apakah ini kebetulan?



Sekarang kita beralih ke kata "bulan" (Syahr). Kata "bulan" disebutkan 12 kali dalam Al Qur'an untuk menunjukkan adanya 12 bulan dalam setahun

Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa. (QS At Taubah: 36)

Sebulan = 12

Jumlah bulan (penanggalan) atau jumlah revolusi bulan (benda langit) mengelilingi bumi dalam setahun = 12

Apakah ini bukan mukjizat?

Tentu saja ini salah satu dari sekian banyak keajaiban Al Qur'an. Mudah2an semakin menambah keyakinan kita akan mukjizat_Nya. Sebab Al Quran adalah Mukjizat.

Next kita lanjutkan artikel terkait matematika Al Qur'an, Insya Allah

Demikian Keajaiban Kata Hari dalam Matematika Al Qur'an, semoga bermanfaat.

Wallahu A'lam




Artikel Terkait



No comments:

Post a Comment