May 26, 2018

Ini Dia Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual

Saya baru saja membaca buku Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual berdasarkan ESQ Way karangan Ari Ginanjar Agustian. Baca sebagian doang.. Hehe :)

Nih saya foto apa adanya. Ntar saya share pict yang lebih bagus dari google


Saya termangu pada ESQ Model dimana dalam membangun kecerdasan emosi dan spiritual sehingga hidup kita bisa sukses dan bahagia. Termangu pada titik sentral dimana dan kemana wajah kita menghadap.

Kemana wajah kita menghadap itulah kunci yang tidak bisa tidak harus saya dan anda semua lakukan. Hukumnya wajib sebab ini merupakan pondasi.

Kemana wajah menghadap. Ke sebuah titik dalam jiwa yang disebut God Spot. Kalau kita berpaling dari God Spot maka usaha kita dalam membangun kecerdasan emosi bisa gagal.



God Spot Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual

Jadi kalau saya pahami begini. Ada 3 dinding atau 3 lapisan yang mana setiap lapisan saling sambung menyambung dalam orbitnya masing-masing.

Bayangkan God Spot adalah titik terdalam dalam hati/ jiwa kita. Titik spiritual. Atau biasa dibilang alam bawah sadar. Dititik inilah jiwa raga kita menghadap. Grafitasi God Spot harus cukup kuat memicu 3 dinding lainnya untuk mengorbit ditempat masing2

Maka hadapkanlah wajahmu dengan lurus kepada agama Allah; (tetaplah atas) fitrah Allah yang telah menciptakan manusia menurut fitrah itu. Tidak ada perubahan pada fitrah Allah. (Itulah) agama yang lurus; tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui, (QS Ar Ruum: 30)

Artinya adalah segala macam amal, action, tindakan baik fisik maupun dalam alam emosi wajib menghadap kepada God Spot. Atau biar lebih mudah dipahami bingkai semuanya dengan niat Lillaahi Ta'ala

Inilah sebenarnya titik fitrah manusia. Yakni mahluk yang bertuhan

Lalu lapisan yang kedua dinamakan dimensi emosi, atau dalam bahasa lain disebut dengan alam Pra-Sadar. Marah, sebel, iri, dengki sekaligus juga ikhlas, sabar, tawakal, syukur ada disini. Kalau saya menyebutnya alam Nafs/ nafsu.

Kemudian dimensi yang ketika atau terluar disebut dengan dimensi fisik. 

Sekali lagi semua wajib beredar di garis masing-masing.

Nih saya ambilkan gambar dari google biar memudahkan pemahaman



Bagian terdalam disebut dengan God Spot dan Zero Mind Proses untuk membangun kecerdasan spiritual.

Bagian kedua disebut dengan mental building untuk membangun kecerdasan emosi. Terdiri dari 6 bagian (sebagaimana rukun iman), yaitu
  1. Star Principle
  2. Angel Principle
  3. Leadership Principle
  4. Learning Principle
  5. Vision Principle
  6. Vision Principle
  7. Well Organized Principle



Bagaimana penjelasan 6 pola kecerdasan emosi diatas? Mbuh.. Ntar saja kita tulis.. hehe

Lalu ada bagian 3 yakni personal strenght dan social strenght. Terdiri dari 5 hal (rukun islam)
  1. Mission statement
  2. Character building
  3. Self Controlling
  4. Strategic collaboration
  5. Total action

Penjelasannya? Mbuh lagi.. Nanti saja.. hehe


CLUE Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual

Dari pada bingung saya kasih cluenya.

Bayangkan orang thawaf Ka'bah di mekah. Kalau tidak bisa membayangkan nih saya kasih lagi gambar dari google


Pesan apa yang bisa anda tangkap dari aktifitas Thawah di ka'bah?

Berlari kecil memutari Ka'bah? Yup betul

Apa lagi?

Satu yang mungkin tidak terlintas dipikiran kita adalah gaya grafitasi atau gaya tarik Ka'bah. Maknanya adalah berapa juta manusia di planet bumi ini yang bermimpi siang dan malam ingin mengunjungi Rumah Allah?

Jawabannya tak terhitung sebab banyak banget termasuk saya.. Doain ya?

Anggap saja gaya tarik ingin mengunjungi rumah Allah dalam hal ini Ka'bah adalah daya fitrah manusia beriman. Maka Ka'bah disini dianalogikan sebagai God Spot. Lalu manusia yang melakukan thawaf berturut2 adalah menganalogikan kecerdasan emosi. Mereka yang thawaf paling luar adalah kecerdasan fisik.



Maka coba pegang dada anda. Apakah ada fitrah manusia disitu? Yakni manusia yang ber Tuhan? Kalau ada jadikan ia gaya grafitasi untuk menarik seluruh jiwa raga anda menghadap kepadanya.

Contoh analogi ke dua lihat gambar galaksi bima sakti dibawah ini yang lagi2 saya ambil dari google. Hehe


Ini disebut dengan Thawaf Alam Semesta. Thawaf massal. Masing2 berputar menghadap God Spotnya masing2. Misalnya bumi dan tatasurya berputar mengelilingi matahari. Sementara dalam galaksi bima sakti juga demikian.

Ada sedikit saja kesalahan rotasi atau revolusi menyebabkan kebinasaan alam semesta.

Maka bayangkan jika anda melakukan perbuatan yang tidak sesuai kata hati, perbuatan dosa. Andai langsung diazab hari itu juga maka habislah manusia. Tidak tersisa satupun.

Oleh sebab itu CLUE atau kesimpulannya adalah, ayuk sama2 belajar menjadikan kata hati fitrah sebagai landasan action kita. Dimana titik pusat dalam diri manusia ada di God Spot. Mari sama2 belajar membingkai segala amal perbuatan kita dengan niat Lillaahi Ta'ala

Jadikan niat bismillah Lillaahi ta'ala sebagai gaya grafitasi semua perbuatan kita. Jika ini berhasil maka hakikatnya kita berhasil menjadi manusia.

Adapun kesuksesan yang dimanifestasikan dengan kekayaan, kehormatan, uang, kekuasaan dan segala macam hanyalah efek samping yang pasti adanya.

Wallahu A'lam

---------------------------

Demikian Ini Dia Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual dipersembahkan oleh Rahasia Kunci Sukses

Semoga bermanfaat. Kalau dirasa bermanfaat jangan lupa share ya?

Salam
EAB




Artikel Terkait



No comments:

Post a Comment