May 22, 2018

Ingin Hidup Sukses? Baca 5 Pintu Nasib/ Takdir

Siapa sih yang tidak ingin sukses? Plus bahagia dunia akherat? Semua manusia pasti memimpikannya. Makanya saya membuat artikel singkat berjudul "Ingin Hidup Sukses? Baca 5 Pintu Nasib/ Takdir"

Artikel dengan judul "Ingin Hidup Sukses? Baca 5 Pintu Nasib/ Takdir" ini terinspirasi dari buku Arie Ginanjar Agustian ESQ Way.


Pernahkah anda mengikuti seminar motivasi?

Ketika seseorang menghadiri seminar motivasi atau training penjualan maka selepas seminar ia akan termotivasi habis-habisan. Lalu selang beberapa bulan tingkat penjualan naik.

Namun selepas itu sepi kembali. Sunyi senyap...

Kita dan mereka yang pernah ikut training motivasi kembali kepada kebiasaan lama. Yang tersisa hanyalah slogan-slogan



You can if you think you can

Think globally act locally

There is a will there is way

Dan kata2 bijak lainnya yang kemudian hanya menjadi slogan tak berarti. Hanya jargon semata.

Training atau melatih kebiasaan kognitif memang lebih mudah daripada melatih kecerdasan emosi. Melatih orang untuk menghitung, komputer, menghafal dsb lebih mudah daripada melatih kesabaran misalnya.

Karena memang melatih kecerdasan emosi memerlukan waktu dan proses. Melatih orang2 supaya konsisten, komitmen, istikomah, pantang menyerah, punya visi, keatif dsb perlu proses. Namun mau tidak mau proses2 inilah yang wajib kita lalui jikalau menginginkan nasib/ takdir kita baik, sukses dan bahagia.


Ingin Hidup Sukses? Baca 5 Pintu Nasib/ Takdir

Ingin Hidup Sukses? Baca 5 Pintu Nasib/ Takdir sebenarnya saya copy dari statement Stephen R Covey yang kurang lebih sbb


  • Taburlah gagasan petik perbuatan
  • Tabur perbuatan petik kebiasaan
  • Tabur kebiasaan petik kharakter
  • Tabur kharakter petik nasib

Jadi ada 5 hal atau proses yang harus kita jalani sehingga nasib/ takdir bisa berjalan positif yaitu
  1. Pintu gagasan
  2. Pintu Perbuatan
  3. Pintu kebiasaan
  4. Pintu kharakter
  5. Pintu nasib

Artinya adalah jika anda ingin hidup sukses, atau mengubah nasib menjadi lebih baik maka yang pertama anda harus menabur gagasan. THINK, pikirkan segala sesuatu sehingga gagasan keluar.

Read atau bacalah sehingga anda lebih cerdas, sehingga gagasan lebih bermutu. Lakukan aktifitas otak/ pikiran ini, sehingga seiring waktu gagasan anda akan mengalir.

Setelah kaya akan gagasan lalu DO IT. Lakukan itu.. Lakukan dan lakukan sehingga menjadi sebuah kebiasaan. Terus lakukan kebiasaan tersebut sehingga menempel dalam jiwa menjadi kharakter.

Kalau sesuatu itu sudah menjadi kharakter maka akan membuka pintu nasib/ takdir yang lebih baik.



Contoh:

Salah satu kharakter sukses adalah pantang menyerah. Maka yang pertama anda lakukan adalah banyak2 membaca tentang kesuksesan baik buku, kisah sukses, relasi dsb.

Setelah itu lakukan perbuatan atau action terus menerus. Sebab kunci rahasia sukses dari orang2 sukses adalah pantang menyerah apapun hasilnya.

Jatuh berdiri lagi, berdiri lagi. Bangkrut mulai lagi.. Begitulah orang yang pantang menyerah yang pada akhirnya menjadi kebiasaan anda dan menembel menjadi kharakter anda.

Kalau sudah demikian menurut anda bagaimana akhir cerita orang ini?

pasti hidupnya sukses, kaya dan bermakna. Sebab ia berhasil menguasai salah satu kecerdasan emosi yakni kharakter pantang menyerah.

Demikian, semoga bermanfaat





Artikel Terkait



No comments:

Post a Comment