May 17, 2018

Hikmah Puasa Ramadhan untuk Solusi Kerezekian

Hikmah Puasa Ramadhan untuk Solusi Kerezekian. Lho kok bisa? Insya Allah bisa. Namun solusi masalah hidup dan kerezekian ini hanya sebagai efek samping puasa dengan catatan puasanya benar.

Dan juga hanya satu dari sekian banyak keutamaan/ fadhilah puasa ramadhan. Sebab masih banyak sekali keutamaan lainnya.

Sasaran puasa adalah apa yang ada dalam dada. Coba tunjuk dadanya masing2. Disitulah tujuan dari puasa yakni pengendalian diri. Mengendalikan nafsu. Menahan nafsunya agar tidak mudah marah, iri, dengki hasad, hasud dll.


Allah swt berfirman

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa, (QS Al Baqarah: 183)

Dalam ayat ini terkandung beberapa hal:

Ayat di atas menerangkan bahwa puasa merupakan sebab terbesar untuk memperoleh ketakwaan. Puasa merupakan tameng bagi seseorang dari perbuatan maksiat, karena ia dapat melemahkan syahwat yang menjadi sumber maksiat.

Sumber disini

Maknanya adalah tujuan terbesar dari puasa ramadhan adalah TAQWA atau menjadi manusia yang bertaqwa. Yakni manusia yang mempunyai kepekaan batin tingkat tinggi.

Bertaqwa bisa diartikan sebagai kepekaan batin yang sangat tinggi dari seseorang terhadap sesuatu yang baik maupun yang buruk. Sehingga dia mampu memilih tindakan terbaik untuk dirinya.
  1. Dia bisa membedakan dan merasakan
  2. Mana yang benar dan mana yang salah
  3. Mana yang isi dan mana yang kosong
  4. Mana yang menguntungkan dan mana yang merugikan

Dia juga tahu akibat akibat yang timbul dari pilihan-pilihan yang diambilnya sehingga dia sangat waspada dalam bersikap dan merespon segala hal yang dihadapinya.

Begitulah petikan yang saya ambil dari Buku Doa-Doa Kunci Rezeki karya Ust. Yusuf Mansur dan Amir Kumadin SaG. Diterbitkan oleh Intuisi Press

Allah swt berfirman

.........Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. (QS Ath Thalaq: 2)

Allah swt berfirman

.........Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya.... (QS Ath Thalaq: 3)

Allah swt berfirman

Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya. (QS Al A'raaf: 96)

Hikmah Puasa Ramadhan untuk Solusi Kerezekian 

Berikut ini penjelasan dari diri saya sendiri. Boleh setuju atau boleh tidak setuju. Jadi puasa (khususnya di bulan ramadhan) itu kronologisnya sbb

  • Ditujukan kepada orang2 yang beriman saja. Iman = yakin kepada Allah swt. Kalau seseorang sudah yakin kepada Allah swt otomatis ia yakin pada dirinya sendiri
  • Puasa sebagai asbab mengendalikan diri/ nafsu. Kalau puasanya tidak bisa menjadi asbab mengendalikan nafsu maka gugurlah syarat dan ketentuan.
  • Ujungnya supaya kita menjadi insan yang bertaqwa
  • Kalau sudah bertaqwa akan selalu diberikan jalan keluar/ solusi terhadap berbagai masalah hidup
  • Dan juga kerezekian atau rezeki yang tidak disangka-sangka
  • Taqwa juga merupakan kondisi hati yang tenang. Sedangkan hati yang tenang merupakan syarat untuk bisa mengakses surga. 

Oleh sebab itu yuk jalanin puasa ramadhan kali ini dengan sebaik-baiknya. Desain diri dan jiwa anda menjadi jiwa yang bertaqwa. Sebab kalau stempel taqwa sudah kita dapatkan maka akses kerezekian dan kebahagiaan dunia akherat akan kita dapatkan.

Demikian Hikmah Puasa Ramadhan untuk Solusi Kerezekian

Wallahu A'lam

Salam
EAB




Artikel Terkait



No comments:

Post a Comment