Apr 6, 2018

Jadilah Seperti Mata Lebah Jangan Jadi Seperti Mata Lalat

Saya termangu dengan tulisan dalam gambar dibawah. Tulisannya berbunyi begini "Jangan jadikan pandangan kita seperti mata lalat yang suka mencari benda yang busuk dan buruk. Yaitu selalu mencari kesalahan dan kesilapan orang lain.

Tapi jadilah seperti mata lebah yang suka mencari dimanakah letaknya haruman dan manisan. Yaitu selalu memandang kebaikan orang lain. Dan melupakan segala kesalahannya.

Tulisan ini saya copas dari gambar dalam instagramnya Ustadz Yusuf Mansur https://www.instagram.com/p/BhNY0BCnVQx/?taken-by=yusufmansurnew


-------------------------------------

Jadilah Seperti Mata Lebah Jangan Jadi Seperti Mata Lalat

yusufmansurnew. Ini buat saya. Buat Yusuf Mansur. Mhn doanya buat saya. Saya pengen bahkan jika ada yg menyakiti saya, menyinggung perasaan saya, ketauan menjelek2an selalu dan pengen menjatuhkan dan menghancurkan saya... Saya ttp pengen melihat itu sebagai kebaikannya. Barangkali ada kebaikan dari yang dia atau mereka lakukan. .
.
Ada banyak kisah ulama yg menakjubkan. Ada seorang ulama, yg selalu terdengar mendoakan bagi yang menyakitkan dirinya. Hingga muridnya bertanya, koq bisa? Saya jadi mengangankan menyakiti engkau wahai guru. Agar didoakan. .


.
Apa kata guru itu? Memaafkan ga bisa bener2 bs terasa memaafkan. Jika ga ada yg menyakiti. Memaafkan apa? Apalagi seringnya kan merasa. Merasa tersakiti. Ini tambah ga bener. Siapa tau orang2 itu tidak sedang menyakiti. Dan setiap perbuatan, akan kembali kepada orangnya. Jadi, aku lbh kasian lg jika perbuatannya kembali kepada dirinya. Karena itu aku mendoakan. Lagian, aku terlalu hina untuk menjadi penyebab orang susah krn ucapannya dan tindakannya. Apalagi sampe membuatnya masuk neraka.
.
.
Prinsip inilah yang membuat rasanya pengen adem trs, pengen kalem trs. Tp tetap perlu didoakan. .
.
Selalu jg ada cara, untuk memetik hikmah. Dan tanpa disadari, ketika kita melihat orang begitu jahat. Itu sebab kita melihat kejahatannya. Siapa tau, beneran, di balik kejahatannya, itulah kebaikan buat kita. Allah juga yang mengizinkannya berbuat jahat. .
.
So? Di antara hikmahnya adalah, carilah juga kebaikan, dari mereka yang berbuat keburukan dan kejahatan. InsyaaAllah ladang amalnya besar sekali. Allah Yang Ash Shobuur, juga Allah pulalah yang menyusun ar Rahmaan dan ar Rahiim sebagai nama di susunan awal. Dan ash Shobuur di susunan terakhir di susunan Al Asmaa-ul Husnaa.

-----------------------

Saya hanya manusia yang tak lepas dari salah. Saya bukan manusia sempurna sebagaimana juga anda. So jangan marahi saya karena beda pendapat ya? Hehe :)

Wallahu A'lam

Salam
EAB





Artikel Terkait



No comments:

Post a Comment