Apr 30, 2018

Ini Dia Prediksi Titik Kemacetan Jalur Mudik Pulau Jawa

Ramadhan sebentar lagi tiba.. Dan tentu saja budaya menjelang hari raya Idul Fitri adalah pulang kampung atau mudik. Bagi sobat yang mau mudik ke pulau jawa perhatikan prediksi titik-titik macet atau kemacetan.

Alangkah baiknya teman2 buka2 google map ketika mudik sehingga bisa memilih jalur-jalur yang tidak begitu macet.

Titik2 mana sajakah yang diprediksi mengalami kemacetan?

Berikut saya ambil dari beberapa sumber disini dan disini



Ini Dia Prediksi Titik Kemacetan Jalur Mudik Pulau Jawa

Ditulis Media Indonesia. KEPALA Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Irjen Royke Lumowa mengakui masih ada sejumlah titik rawan macet baik di jalur pantura maupun jalan tol dari Jakarta hingga Surabaya, Jawa Timur.

Sedangkan satu jalan layang (underpass) masih dalam proses pembangunan dan belum bisa dilalui arus mudik.

Hal itu disampaikan Royke di Pos Polisi Pintu Keluar Brebes Timur (Brexit), Jawa Tengah, seusai meninjau jalan tol dari Jakarta hingga tol Brebes Timur (Brexit), Senin (12/3) petang.

Royke menjelaskan, titik macet tersebut mulai dari Jakarta yakni Tol Cikampek, Cipali, Palimanan, Brexit, semuanya aman kecuali mungkin di rest area saat arus balik.



Sementara jatengprov menulis, Pada arus mudik Lebaran tahun depan, seluruh tol Trans Jawa sudah bisa dilalui. Namun, butuh kerja sama dan kesiapan pemerintah pusat, provinsi, kabupaten/ kota, serta stakeholder lainnya untuk mengantisipasi persoalan yang akan muncul, khususnya titik-titik kemacetan baru.

Saat acara Dialog Nasional 4 Sukses Indonesiaku di Museum Ambarawa, Minggu (15/10), Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI, Dr Ir M Basoeki Hadimoeljono MSc menjelaskan, pada arus mudik mendatang, tidak ada lagi jalur darurat di tol Trans Jawa. Seluruh jalur tol sudah bisa dilalui, meski belum bisa sepenuhnya dioperasionalkan di semua ruas.

Basoeki menuturkan, tol Trans Jawa, yakni dari Banten hingga Probolinggo, beroperasi sepenuhnya pada akhir 2018. Pada tahun itu, Indonesia akan memiliki  tol sepanjang 1.182,7 km. Dengan adanya fasilitas jalan tol, harapannya akan meningkatkan konektivitas antardaerah dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Menteri Perhubungan RI, Ir Budi Karya Sumadi mengingatkan, meski tol Trans Jawa selesai pada 2018, bukan berarti semua persoalan yang terkait transportasi selesai. Sebab, menurutnya, kelancaran arus lalu lintas di ruas baru, akan memunculkan kemacetan baru.

“Tahun depan itu Trans Jawa selesai. Tapi bukan berarti semua masalah selesai. Tapi banyak kelancaran-kelancaran yang menimbulkan kemacetan baru. Maka PR nya lebih banyak,” tuturnya.


----------------------------------------

Kesimpulannya adalah arus mudik pada lebaran 2018 kali ini relatif lancar terutama dijalan tol. Sebab tol dari jakarta sampai surabaya sudah sambung menyambung menjadi satu.

Titik kemacetan justru di prediksi di sekitar rest area, di pintu-pintu keluar tol dan diluar jalur tol. Prediksinya diluar jalur tol khususnya didaerah/ jalan yang ada pasar.

Namun kemungkinan besar kemacetan yang terjadi di luar tol tidak akan separah tahun lalu. Hanya kemacetan biasa saja. Mudah-mudahan begitu.

Selamat mudik ya? Semoga selamat sampai tujuan. Jangan lupa persiapkan segala sesuatunya agar tidak terjadi hal2 yang tidak diinginkan ditengah jalan. Salam buat keluarga.




Artikel Terkait



No comments:

Post a Comment