Apr 30, 2018

Ini Dia 9 Persiapan Menjelang Mudik Lebaran

Puasa tinggal beberapa hari lagi. Meskipun puasa ramadhan 2018 belum tiba masih tetap saja banyak yang sudah membicarakan mudik lebaran. Sebab di Indonesia lebaran memang venomena. Budaya mudik seakan sudah tidak bisa dihapuskan.

Mudik adalah kewajiban. Gak mudik serasa dunia mau kiamat.. Nangis bombay semalam suntuk pada saat malam lebaran sendirian di kos2an. Hehe.. Pengalaman..


Pesan saya sebelum anda mudik ke kampung halaman pastikan sudah mempersiapkan segala sesuatunya, khususnya menghadapi dinamika jalan dan kemacetan.

Berikut Persiapan Menjelang Mudik Lebaran referensi dari sini dan sini


Ini Dia 9 Persiapan Menjelang Mudik Lebaran

1. Kendaraan

Pertama, pastikan anda telah menentukan kendaraan apa yang akan anda gunakan ketika mudik, ketika anda menggunakan bus, kereta atau pesawat, alangkah baiknya anda memesan tiket jauh-jauh hari, agar anda tidak kehabisan tiket.

Mau mudik bareng gratis kemenhub? Kalau mau KLIK DISINI

2. Pastikan uangnya cukup

Mudik itu butuh duit lho? Selain untuk akomodasi atau transportasi yang terpenting adalah persiapan keuangan pada saat lebaran di kampung. Sudah menjadi budaya kalau lebaran dikampung pasti mempersiapkan amplop yang cukup banyak.

Oleh sebab itu persiapkan dari sekarang. Menabunglah dari sekarang sehingga cukup. Sedikit cukup banyak tetap saja kurang.. Hehe



3. Bawa Bekal Makanan yang Cukup

Pastikan anda membawa bekal makanan dan minuman yang cukup untuk perjalanan mudik anda. Apalagi kalau anda dan keluarga pakai mobil pribadi maka hal ini adalah utama.

4. Pastikan tidur yang cukup sebelum berangkat

Pastikan istirahat atau tidur yang cukup sebelum berangkat mudik. Khususnya yang memakai kendaraan roda 4. Ngantuk dijalan bisa sangat berbahaya.

Usahakan tidur nyenyak minimal 6 jam sebelum berangkat mudik. Hal ini sangat berguna untuk menghindari ngantuk ketika dalam perjalanan.

5. Bawa PPPK

Pastikan membawa peralatan dan obat PPPK. paling tidak minyak kayu putih, obat anti mabuk, kratingdaeng bagi yang berkendara motor, antangin, plastik kresek untuk waspada muntah dijalan dan yang lainnya

6. Persiapkan dana darurat

Mudik identik dengan menghabiskan uang anda. Namun waspadalah jangan sampai begitu balik kembali bekerja anda tidak ada uang sama sekali. Pastikan ada uang yang anda sisakan ditabungan untuk bekal balik..

7. Periksa Kendaraan Anda

Jika anda naik kendaraan pribadi baik roda 2 maupun roda 4 pastikan sudah memeriksa kendaraan anda. Lakukan service dan ganti oli sebelum berangkat.




Yang jelas pastikan kelayakan kendaraan anda, sebab anda akan melakukan perjalanan jarak jauh.

8. Titip Rumah atau Kunci

Jangan lupa titipkan rumah atau kunci rumah anda ke tetangga yang tidak mudik. Atau bisa titipkan ke perwakilan RT. Hal ini untuk menghindari apabila terjadi bencana atau kebakaran supaya bisa cepat dilakukan penyelamatan barang berharga dirumah.

9.Doa

Nah, ini adalah tips yang paling ampuh yang harus anda persiapkan. Sebelum anda pergi, alangkah baiknya jika anda berdoa terlebih dahulu, hal ini berguna agar Allah selalu melindungimu diperjalanan hingga tiba sampai tujuan.

Begini doanya

"Bismillaahi tawakkaltu 'ala Allah, walaa haula walaa kuwwata illa billaahil 'aliyyil 'adziim"

-----------------------

well itulah 9 Persiapan Menjelang Mudik Lebaran semoga bermanfaat. Salam buat keluarga di kampung.




Artikel Terkait



No comments:

Post a Comment