Apr 28, 2018

Download 30 Fatwa Seputar Ramadhan Ustadz Abdul Somad LC MA

Berikut adalah 30 Fatwa Seputar Ramadhan ini karya Syekh ‘Athiyyah Shaqar, Syekh DR. Yusuf Al-Qaradhawi, Syekh DR. Ali Jum’ah. Diterjemahkan oleh Ustadz Abdul Somad LC MA yang bisa anda download dalam link paling bawah.

Kata Pengantar 30 Fatwa Seputar Ramadhan Ust. Abdul Somad LC MA


Segala puja dan puji hanya milik Allah Swt. Shalawat beruntai salam semoga senantiasa tercurah ke hadirat junjungan alam Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Hari berganti musim berubah, akan tetapi berbagai pertanyaan yang muncul ketika mendekati bulan Ramadhan tetaplah pertanyaan yang sama, seputar Hisab dan Ru’yah, niat puasa, Qadha’, Tarawih, Zakat Fitrah dan lain sebagainya.



Meskipun berbagai masalah ini telah dibahas, akan tetapi manusia tetaplah pada keterbatasannya, lupa dan berbagai kesibukan tetap menjadi faktor penyebab mengapa pertanyaan terus berulang, disamping tidak adanya dokumentasi yang memadai. Untuk itu dirasa perlu mengumpulkan berbagai tulisan yang berkaitan dengan masalah ini.

Penyusun memilih fatwa tiga ulama besar al-Azhar; Syekh ‘Athiyyah Shaqar, Syekh DR. Yusuf al-Qaradhawi dan Syekh DR. Ali Jum’ah, karena keilmuan dan manhaj al-Washatiyyah (moderat) yang terus mereka terapkan dalam fatwa, dengan kekayaan dalil dan referensi bacaan.

Semoga fatwa-fatwa ini mampu memberikan pencerahan dan dijadikan Allah Swt sebagai bagian dari amal shaleh yang terus mengalir, amin. Akhirnya, tak ada gading yang tak retak. Terjemahan ini masih jauh dari sempurna.



Namun, andai ditunggu sempurna, fatwa-fatwa ini tidak akan pernah muncul ke alam nyata. Kritik dan saran sangatlah diperlukan dari para alim ulama dan segenap kaum muslimin.

Pekanbaru, 1 Rajab 1432H / 3 Juni 2011M.
Penyusun dan Penterjemah.
H. Abdul Somad, Lc., MA.

30 Fatwa Seputar Ramadhan ini karya Syekh ‘Athiyyah Shaqar, Syekh DR. Yusuf Al-Qaradhawi, Syekh DR. Ali Jum’ah. Diterjemahkan oleh Ustadz Abdul Somad LC MA

Silahkan DOWNLOAD dalam beberapa link dibawah ini

Silahkan di download dan dibaca ya? Semoga bermanfaat

Semoga puasa ramadhan kita kali ini dan seterusnya diterima oleh Allah swt. Juga dengan amal-amal ibadah kita yang lain dibulan suci ini baik sholat kita, baca qur'an kita, dhuha dan tahajud kita, zikir kita dll. Aamiin




Artikel Terkait



No comments:

Post a Comment