Apr 20, 2018

Cara Mengatasi Error 500 Halaman ini tidak berfungsi

Baru saja saya mau mengakses web blog kami www.tim.kampungpaytren.com namun tidak bisa diakses. Sempet panik juga sebab we blog ini penyumbang devisa negara.. Hehe :) Bagaimana mengatasinya?

Sebelum membahas cara mengatasinya ini dia saat saya membuka web blog saya

Halaman ini tidak berfungsi

tim.kampungpaytren.com saat ini tidak dapat menangani permintaan ini.

HTTP ERROR 500


Saya pikir disebabkan karena memory atau disc usage sudah full. Sebab setelah saya cek cpanel ternyata memang sudah mau full. Sudah 94% disc usage.

Kemudian saya hapus file2 yang tidak perlu dalam hal ini "mail"


Sayangnya meskipun sudah saya delete file yang gak perlu tetap saja web blog saya belum bisa diakses. Kemudian saya googling2 dan inilah penyebabnya serta cara mengatasinya


Cara Mengatasi Error 500 Halaman ini tidak berfungsi

Cara Mengatasi Error 500 Halaman ini tidak berfungsi saya ambil dari jalan tikus

Jika kamu mencoba mengakses sebuah situs kemudian muncul pesan '500 Internal Server Error', itu artinya ada yang tidak beres dengan situs tersebut. Masalah tersebut bukan disebabkan oleh browser, komputer, atau bahkan koneksi internet kamu. Masalah ini diakibatkan oleh situs yang sedang kamu kunjungi.

Nah, kali ini Jaka akan kasih tahu tips atau cara mengatasi 500 Internal Server Error dan tidak lupa dengan pengertiannya. Tentunya supaya kalau kamu menghadapi kondisi ini, kamu bisa segera menemukan solusinya. Simak dibawah ini ya!



Cara Mengatasi 500 Internal Server Error dan Pengertiannya!

Mengapa Pesan Kesalahan Tersebut Muncul?

Pesan kesalahan tersebut dapat muncul dalam berbagai bentuk, tergantung pada situs yang dikunjungi, tetapi pada intinya sama. Pesan kesalahan tersebut bisa muncul dalam bentuk '500 Internal Server Error', '500 Error', 'HTTP Error 500', '500, That's an Error', 'Temporary Error (500)', atau hanya berupa kode '500'.

Dari sekian banyak pesan yang ditampilkan, meskipun berbeda-beda namun pada intinya tetap menyematkan kode '500' pada setiap kesalahan yang timbul. Kode kesalahan yang menunjukan angka '500' merupakan pesan yang dimunculkan saat sesuatu yang tidak terduga terjadi pada sebuah server, dan server kemudian tidak dapat memberikan sebuah informasi yang spesifik. Oleh karena itu, server tidak memberikan halaman situs yang normal dan kemudian digantikan dengan halaman situs yang berisi pesan kesalahan.

Bagaimana Cara Memperbaikinya?

Karena masalah yang terjadi ada pada server, maka kita tidak bisa memperbaikinya sendiri. Namun sering kali masalah tersebut dapat terselesaikan dengan cepat. Pesan kesalahan tersebut biasanya hanya bersifat sementara, dan hanya menunggu waktu saja, situs yang bermasalah akan segera bisa diakses seperti biasa.

Biasanya pesan kesalahan yang muncul dapat juga diakibatkan oleh banyaknya pengguna yang mengakses situs tersebut sehingga membuat server menjadi down. Jadi solusinya adalah kita mungkin bisa menunggu beberapa menit sebelum mencoba mengakses situs tersebut.

Jadi, jika kamu mengalami masalah ini, coba lakukan reload halaman situs. Klik 'reload' pada toolbar browser atau dengan menekan tombol F5 pada keyboard. Browser akan kembali menghubungi server dan meminta kembali halaman yang diminta sebelumnya. Dengan begitu permasalahan ini seharusnya segera dapat terselesaikan.

---------------------------------------



Bagaimana kalau pesan error 500 masih tetap ada? Coba hapus cache atau cookie di browser anda. Tahu cara menghapus cache atau cookie khan?

Bagaimana Kalau masih Belum Bisa?

Saya sudah melakukan 2 hal diatas namun tetap saja error 500 masih ada. Kenapa bisa begitu? Ternyata setelah saya cari tahu sana dan sini penyebabnya plugin..

Habis anda install suatu plugin tertentu di wordpress lalu muncul error 500. Sebab saya juga demikian. Saya baru saja install plugin whatsapp malah jadi error.


Lalu bagaimana cara mengatasinya? Caranya hapus plugin yang baru anda install. Caranya
  • Masuk ke cpanel anda
  • Buka file manager
  • Buka wp-content
  • Buka plugin
  • Hapus plugin yang baru saja anda install
  • Refresh

Sekarang coba buka lagi web anda? Lalu saya juga buka web blog saya www.tim.kampungpaytren.com Dan tralalaaa bisa kebuka kembali


Naah sederhana khan? Simpel namun kalau tidak tahu dan tidak paham bikin panik orang aja.. hehe

Demikian Cara Mengatasi Error 500 Halaman ini tidak berfungsi semoga bermanfaat




Artikel Terkait



No comments:

Post a Comment