Apr 12, 2018

Tidak Ada Satupun Manusia yang Bisa Ikhlas, Kok Bisa?

Tidak Ada Satupun Manusia yang Bisa Ikhlas, Kok Bisa? Iyap tul. Itu menurut saya. Menurut saya tidak ada satupun yang bisa ikhlas tanpa syarat sebab semuanya pasti bersyarat. Dan semua juga tergantung dari definisi ikhlas yang berbeda-beda.

Tapi menurut saya jika ikhlas itu tak bersyarat maka tidak satupun manusia yang lolos
  • Jika ibadah minta surga itu tidak ikhlas alias pamrih
  • Jika kerja berharap uang itu tidak ikhlas
  • Jika amal bertujuan supaya ingin mendapatkan ridho_Nya itu belum ikhlas tanpa syarat

Dan semuanya amal tidak ada yang ikhlas, sebab semua amal pasti bersyarat, sadar atau tidak sadar. Dan tidak ada satupun manusia yang tidak pake syarat.

"Saya ibadah sebab tugas saya ibadah. Mau dimasukkan surga atau neraka itu gak penting. Yang penting ibadah"

Ada yang bilang begitu? Kalau begitu coba masukkan tangan anda kedalam api dunia. Kalau anda menarik tangan sebab kepanasan artinya anda berbohong. Anda juga sombong.

Sebab darisananya manusia pasti menginginkan kenikmatan dan menghindari penderitaan. Inilah dasar bahwa tidak ada satupun manusia yang bisa ikhlas tak bersyarat

Simak tulisan singkat berikut ini, dipersembahkan oleh RAHASIA KUNCI SUKSES

--------------------------------------------

Tidak Ada Satupun Manusia yang Bisa Ikhlas, Kok Bisa?



Berjuta orang bijak berkata IKHLAS, belum tentu tersisa satu mahluk yang benar-benar ikhlas. Ikhlas hanya sebuah kata. Namun tak satu manusiapun yang mampu menerapkannya.

Jika ada yang berkata, "Saya sudah ikhlas" maka cukuplah disebut dia pembohong. Maka katakanlah, "Saya akan belajar lebih ikhlas".

Ikhlas Itu Tiada Berbekas. Sedangkan Tidak Ada Manusia yang tidak mempunyai NAFS (Nafsu). Sedangkan nafsu selalu memberikan bekas pada setiap amal.

Jika ikhlas itu tiada pamrih, maka tiada satupun manusia yang lolos. Jika ikhlas itu menyadarkan pamrih kepada_Nya, maka semoga kita bisa lulus.

Jika ikhlas itu berjalan melewati akal, bisa jadi mengalir lancar. Sayangnya melewati nafs sebelum hati sehingga PASTI ada campuran keinginan pribadi.

Kalaulah bukan karena Rahmat_Nya sudah pasti manusia celaka. Jikalau bukan karena Kasih dan Sayang_Nya, sudah tentu manusia binasa.

Wallahu A'lam

----------------------------------------

Lalu siapa yang bisa ikhlas 100% tanpa syarat?

Jawabannya adalah apa dan siapapun yang tidak punya akal dan nafsu. Apakah malaikat? Menurut saya bukan, sebab malaikat bisa takut juga. Takut melanggar perintah-Nya.

Apakah hewan dan tumbuhan dan batu? Kayaknya tidak, sebab batu meluncur kebawah karena takut kepada Tuhan_Nya

Lalu apa dan siapa? Jawabannya wallahu a'lam

Salam
EAB




Artikel Terkait



No comments:

Post a Comment