Apr 1, 2018

Belajar Iklhas Ketika Tersakiti, Biar Hukum Karma Mengambil Alih?

Kalau menurut anda bagaimana respon kita kepada orang2 yang pernah menyakiti kita? Menghina dan merendahkan kita, mengecilkan kita? Apakah kita balas langsung atau biarlah hukum karma menyertai hidupnya?.

Coba saya ulangi lagi ya? Bagaimana respon anda kepada orang2 yang pernah menyakiti anda?
  1. Membalas dengan setimpal
  2. Membalas dengan lebih sadis
  3. Membiarkan dan berharap hukum karma menyertai hidupnya dan keluarganya




Ayo dijawab? Hehe

Biasanya kita suka jawaban nomor 2.. Sadis khan?

Atau kalau kita lemah biasanya begini, "Biarlah aku mencoba ikhlas, biarlah hukum karma mengambil alih. Ketika karma terjadi semoga ia sadar"

Ini secara tak langsung mendendam. Dan tak baik menjadi pribadi pendendam, kenapa tidak mencoba memaafkan saja kemudian mendoakan yang terbaik?

Jika kita mendendam secara tidak langsung sebenarnya kita sudah dikuasai oleh nafsu dan syetan. Kita tidak lebih baik dari mereka yang sudah menyakiti dan menyinggung anda.

Coba simak apa kata Ustadz Yusuf Mansur dalam gambar dibawah


---------------------------------

Diambil dari Instagram yusufmansurnew.

Saya dg izin Allah, nambahin di deretan daftar doa, nama2 orang dan kelompok yg selalu membenci saya, selalu menjelekkan saya, selalu menjatuhkan saya, selalu berusaha bikin repot, berusaha bikin malu, bikin kalut, bikin ga tenang, bikin susah, bikin banyak buang waktu...

Dengan doa2 yg justru u/ segala kebaikan dunia akhirat bagi mereka itu. Dan trnyata, membahagiakan saya sendiri. Membuat tenang saya sendiri. Ga ada jadinya kemarahan, kerusakan, kekecewaan, kekeselan, kesebelan, dengki...

Ga ada. Yg ada justru, kepengen mengasihi, menyayangi, mengampuni, memaafkan... Indah. Tentu apalagi terhadap daftar nama yg ada dan banyak daftar kebaikannya di saya.

Silahkan tiru dan kembangkan. Saya yakin, kwn2 jauh lbh baik dari saya. Dan kalau sudah melakukan, sering2, banyak2, mendoakan. Jgn hanya sekali.

Dan pantangan mengutuk, melaknat, menyumpahi... Pantangan. Hrs selalu positif. Dan ini jg lah yang PayTren ajarkan, share, dan perjuangkan. Selalu positif. Bismillaah. Krn Allah.

--------------------------------

Belajar Iklhas Ketika Tersakiti, Biar Hukum Karma Mengambil Alih?



Ternyata harusnya tidak begitu. Tapi belajar ikhlas ketika tersakiti dan belajar memaafkan. Kemudian belajar mendoakan siapapun yang sudah pernah menyakiti kita. Its better..

Ini malah lebih menunjukkan bukti kedewasaan anda.

"Tapi khan ji? Dia yang salah, dia yang...."

Stop.. Saya tahu dia yang salah. Lalu apakah kalau anda mendendam itu adalah tindakan benar? Sekali lagi yuk belajar memaafkan.

Gak penting siapa yang benar dan siapa yang salah. Yang lebih penting adalah kesuksesan kita didalam belajar manajemen hati. Belajar menenangkan hati yang panas. Belajar mendesain jiwa2 yang tenang.

Sebab hanya jiwa yang tenang saja yang bisa menembus dimensi surgawi dunia akherat. Insya Allah

Wallahu A'lam

Salam
EAB





Artikel Terkait



No comments:

Post a Comment