Mar 1, 2018

Cara Menaikkan Traffic Kunjungan dengan Facebook Ads Sehingga Jualannya Laris

Saya akan mengulangi 3 hal mendasar didalam bisnis online ataupun bisnis offline yang di onlinekan. 3 hal ini harus sering anda pikirkan siang dan malam sehingga ketemu formulanya. Khabar baiknya saya sudah menemukannya.

Apakah 3 hal mendasar dalam bisnis online?
  1. Cari produk yang dicari oleh pasar. 
  2. Anda harus sudah merasakan sendiri manfaat produk tersebut
  3. Jual dan datangkan traffic

Untuk point 1 dan 2 sementara saya skipp dulu. Kapan2 kita bahas kalau ada waktu yang cukup. Kita akan bahas point 3 yakni "Jual dan datangkan traffic"


TRAFFIC ADALAH NYAWA BISNIS ONLINE




Apapun produk anda baik online maupun offline kalau ingin laku keras maka perbanyak traffic atau kunjungan ke toko anda. Atau juga kunjungan ke LINK yang anda share.

Tanpa traffic yang banyak dijamin produk anda lesu dan tak laku. Akibatnya bisnis anda akan cepat sekali gulung tikar.

Bayangkan saja ada 2 orang yang jualan bakso. Yang satu jualan diperempatan jalan dimana ramai sekali orang lewat, yang satunya lagi jualan dipojokan yang sepi. Siapa yang berkesempatan sukses duluan?

Jelas yang jualan diperempatan jalan. Sebab trafficnya melimpah. Orang yang melihat ada ribuan sehari.

Analogi ini juga sama persis dengan bisnis online. Tanpa traffic bisnis online anda dijamin segera bubar jalan.

Makanya kadang saya ngelus dada ke teman pebisnis online yang merasa sudah jualan di facebook, sudah update status rutin namun penjualan sangat jarang. Sebab mereka nggak tahu pentingnya traffic. Mereka hanya proma promo tanpa tahu siapa saja yang melihat dan membaca promo mereka.

Maka bisa saya katakan orang2 yang mengandalkan update status tanpa melihat traffic hanya akan merasa lelah dan capek, kemudian baper. Lalu menyalahkan bisnisnya atau produknya. Padahal sebenarnya itu salah mereka sendiri.

"Tapi saya gaptek Mas, nggak tahu kalau selama ini cara saya salah"

Itulah pentingnya mentor. Pentingnya coach yang mengajari anda cara mendatangkan traffic melimpah dan tertarget. Cari orang2 yang paham tentang hal ini dan belajarlah.

Saya saja sudah mengeluarkan puluhan juta hanya untuk belajar hal ini dan belajar tentang ilmu dan skill lainnya. Mosok anda sayang mengeluarkan hanya beberapa ratus ribu untuk mendongkrak traffic?

"Bagaimana caranya mendongkrak traffic mas? Akunya ingin jilbab yang aku jual bisa laris manis"

Ada banyak cara menaikkan traffic ke lapak anda, misalnya sbb
  1. Bikin blog dan lakukan optimasi artikel
  2. Maksimalkan teman FB anda sampai 5.000
  3. Bikin fanspage dan undang sehari minimal 100
  4. Share link lapak anda di grup WA, BB, dan disegala penjuru
  5. Pakai iklan Google Adwords
  6. Pakai tools IM
  7. Pakai jasa iklan pihak ke 3, iklan baris dll
  8. Pakai FB Ads

Naah kali ini saya akan share kepada anda bagaimana membuat iklan berbayar FB Ads. Mengapa FB Ads? Sebab iklan FB settingannya lebih lengkap, misalnya
  • Kita bisa setting region. Orang mana yang akan melihat iklan kita
  • Kita bisa setting umur orang2 yang melihat iklan
  • Kita bisa setting jenis kelamin yang melihat iklan kita
  • Kita bisa setting kegemaran mereka dan atau minat

Bayangkan kondisi begini. Ada 1.000 orang laki-laki dan perempuan yang punya duit dan mereka sedang lapar. Mereka adalah penyuka kuliner khususnya bakso. Mereka berada didekat warung bakso anda. Kira2 apa yang terjadi?

Bisa2 warung bakso anda diserbu oleh pengunjung. Begitu kira2 analoginya.


PENAMPAKAN IKLAN DI FACEBOOK

Pernah buka2 facebook lalu menemukan status dengan tulisan bersponsor? Saya yakin pernah bakan sering. Itulah IKLAN FB milik orang2 yang beriklan. Misalnya seperti gambar



CARA SETTING FB ADS DASAR




Inilah Cara Menaikkan Traffic Kunjungan dengan Facebook Ads Sehingga Jualannya Laris. Yang pertama pastikan tujuan iklan anda apa? Lihat gambar dibawah.


Tujuan iklan Facebook ada beberapa macam yakni
  1. Kesadaran merek
  2. Jangkauan
  3. Lalu lintas kunjungan
  4. Interaksi
  5. Pemasangan aplikasi
  6. Penayangan video
  7. Konversi
  8. Penjualan katalog
  9. Kunjungan toko

"Waah banyak juga ya? Kalau Mas Adhin biasanya yang mana?"

Kalau saya biasanya "Interaksi" atau "Lalu lintas kunjungan". Tapi lebih banyak ke lalu lintas sebab saya punya link web yang bisa saya promosikan.

Namun kali ini kita belajar yang tujuan iklannya "Interaksi" ya? Sebab kalau tujuannya lalu lintas kunjungan agak ribet dan detail.


SETTING IKLAN PROMOSIKAN KIRIMAN

Settting iklan FB ads dengan tujuan interaksi bertujuan untuk meningkatkan like komen dan share. Artinya jika anda menyisipkan link sekalipun tetap Facebook akan mencarikan user yang like komen dan share saja.

Iklan FB Ads dengan tujuan interaksi disebut juga dengan "promosikan kiriman". Artinya kita bisa mempromosikan status yang paling bagus menurut kita agar tingkat interaksinya naik signifikan.

Bagaimana caranya? Simak ya?

1. Buka akun fanspage anda

Misalnya saya membuka salah satu fanspage punya saya sbb. Klik PACU KIRIMAN atau boost status, atau promosikan kiriman


Note: bagi yang pakai HP baiknya ubah dulu penampakan browser anda ke versi dekstop. Buka chrome, klik kanan atas garis 3 kemudian centang "Rubah Versi Dekstop"

2. Klik Pacu Kiriman

Setelah di klik PACU KIRIMAN nanti penampakannya begini


Kolom sebelah kiri adalah settingan, kolom sebelah kanan adalah Preview

3. Setting Pemirsa

Langkah berikutnya setting pemirsa. Pilih buat pemirsa baru


Setelah di klik penampakannya begini


Studi kasus misalnya saya jualan jilbab trendi. Maka settingan pemirsa sbb
  1. Nama iklan misalnya iklan testing grup diskusi rahasia sukses
  2. Jenis kelamin pilih perempuan saja
  3. Umur pilih 18 sd 25. Sebab rentang umur ini suka model2 jilbab
  4. Region misalnya pilih jakarta. Atau sekalian Indonesia

4. Setting Minat

Settingan minat adalah hal yang sangat penting. Oleh sebab itu hati2 di langkah ini. Misalnya dalam gambar dibawah


Karena saya jualan jilbab maka settingan minat saya pilih sbb
  • Aksesoris jilbab murah
  • Grosir jilbab murah
  • Jilbab
  • Toko jilbab online
  • dll


Anda bisa menulis di kolom dengan tulisan jilbab, maka nanti facebook akan membantu mencarikan minat fanspage yang terkait. Kalau dirasa cukup klik simpan dan beri nama pemirsa anda misalnya "Pemirsa jilbab trendi"

5. Setting Anggaran

Silahkan setting anggaran anda. Misalnya tulis 70.000/ 7 hari. Artinya iklan anda akan menghabiskan 10.000 perhari. Lihat gambar


Anda bisa lihat gambar diatas. Cara membacanya adalah anda akan menghabiskan 70.000 selama 7 hari dengan jangkauan iklan anda akan menjangkau kepada 7.400 sampai 10.000 orang dari total pemirsa yang anda setting sebelumnya sebanyak 1.1 juta orang.

Iklan akan berjalan hari ini sampai tanggal 8 Maret 2018. Setelah selesai maka facebook akan meninjau iklan anda. Kalau menurut facebook sudah memenuhi pedoman iklan facebook maka kemudian akan disetujui.

Diatas hanya contoh saja bukan real. Silahkan bereksplorasi.

6. Promosikan Kiriman

Setelah dirasa sudah bagus settingannya klik promosikan kiriman. Nanti anda akan diarahkan kepada lembar pembayaran. Pilih bank transfer agar pembayaran bisa pake ATM. Klik lanjutkan lanjutkan dan lanjutkan.

Terakhir anda akan disodorkan lembar pembayaran by DOKU seperti gambar berikut.


Silahkan transfer ke rekening diatas. Nomor rekeningnya 855094dan seterusnya. Jumlah misalnya 50.000 dan seterusnya ikuti petunjuk.

Nanti nama yang keluar adalah nama facebook anda. Kalau sudah yakin lanjutkan sampai done. Setelah sukses transfer maka otomatis iklan FB Ads anda aktif.

Naaaah demikian artikel Cara Menaikkan Traffic Kunjungan dengan Facebook Ads Sehingga Jualannya Laris. Semoga jualan anda benar2 laris. Aamiin

Selamat istirahat
Salam
EAB

NB: Belajar FB Ads perlu kejelian khususnya terkait setting pemirsa. Maka wawasan pemirsa atau insightnya musti tajam. Kadang2 harus boncos2 dulu baru memahami polanya.

Saya aja sudah menghabiskan puluhan juta baru ngerti dan paham polanya, bahwa FB Ads memang sederhana namun tidak sesederhana kelihatannya.

Anda bisa belajar FB Ads dengan ikut training atau workshop berbayar. Tapi percayalah anda tidak akan percaya ternyata ikut workshop biayanya sangat mahal. Paling murah 4 jutaan dalam sehari atau 2 hari. Kalau mau yang bagus silahkan ikutan workshop dengan biaya 10 jutaan.

Atau anda bisa belajar dengan saya GRATIS. Syaratnya sangat mudah dan malah menguntungkan diri anda sendiri, sebab next anda bisa jadi jutawan beneran. Sebab apa? Sebab saya akan mengajari ilmu2nya.

Syaratnya jadi tim bisnis saya dulu. Bisnisnya PayTren Ustadz Yusuf Mansur. Modalnya 350.000 saja sekali seumur hidup.

Kalau mau WA saya 0882-1200-1728

Kalau belum berkenan juga tidak apa2. Baca2 blog ini gratis kok..

"Mengapa syaratnya harus jadi tim bisnis EAB?"

Itu syarat dari saya sih. Sifatnya gak memaksa kok. Ini hanya bagian dari support saya kepada tim kami. Kalau bapak ibu mau ikutan workshop berbayar diluar sana silahkan saja. Malah bagus kok.

Demikian semoga bisa dimengerti ya? Suwun




Artikel Terkait



No comments:

Post a Comment