Mar 16, 2018

17 Teknik Closing Dewa Eka Prayoga Final

Sebelum membaca 17 Teknik Closing atau teknik menjual by Dewa Eka Prayoga Final, silahkan baca dulu Silahkan baca 17 teknik closing nomor 1 sd 5 DISINI. Kemudian baca 17 Teknik Closing Dewa Eka Prayoga Bag. 2 silahkan baca DISINI.

Bagian 2 adalah teknik closing nomor 6 sd 10. Kali ini 17 Teknik Closing Dewa Eka Prayoga Final yaitu nomor 11 sampai 17.


Selamat membaca


17 Teknik Closing Dewa Eka Prayoga Nomor 11 sd 17
11. Todongan

Hadirkan rasa malu jika tidak membeli

Anda akan menodong si calon customer secara tidak langsung agar rasa malu atau ‘nggak enakan’ nya muncul

CARANYA?

Anda bisa berikan makanan spesial untuknya jika Anda bertemu dengannya atau Anda ajak makan calon customer Anda, traktir dia.. Pokoknya, semakin banyak yang Anda berikan untuknya, bahkan itu spesial, semakin tinggi rasa ‘nggak enakan’ itu muncul <-- ini="" namanya="" nodong="" p="">Teknik ini cocok jika Anda punya produk yang nilai harganya besar. Kalau harganya murah, pakai teknik lain saja. Karena teknik ini mengeluarkan biaya, Anda harus ingat itu Teknik ini tidak akan mempan untuk orang-orang yang nggak tahu diri! Udah dikasih banyak, eeh nggak CLOSING...


12. Empati

Tunjukkan anda bisa merasakan apa yang mereka rasakan

“Sebelumnya Saya juga memiliki masalah yang sama, tetapi setelah memakai produk ini, semua masalah yang mengganggu hilang dalam sekejap!”

“Produk ini cocok untuk Saya. Mungkin Anda bisa mencobanya...”

“Dulu Saya pun berpikir sama seperti Anda. Semua MLM itu sama. Dan Saya benar-benar bisa merasakan apa yang Anda rasakan sekarang. Tapi setelah Saya menemukan MLM ini, perasaan tersebut berubah. Jika tidak percaya, Anda bisa luangkan waktu 15 menit untuk Saya jelaskan lebih dalam?”

intinya

Sekali lagi, NO RAPPORT, NO SALE! Teknik ini adalah teknik Paling Ampuh dalam membangun kedekatan. Semakin Anda dekat, semakin besar potensi CLOSING


Ketika Anda bisa merasa bagaimana rasanya menjadi mereka, CLOSING akan terjadi dengan sendirinya


13. Ekslusif

Tidak semua orang bisa mendapatkan produk ini sebab terbatas
  • “Maaf, tidak semua orang bisa ikut Training ini. Khusus member saja...”
  • “Produk ini jumlahnya terbatas. Hanya ada 3...”
  • “Produknya ini sangat eksklusif...”
  • dll...

Yang perlu Anda catat, Anda tidak boleh berbohong. Kalau memang tidak terbatas, ya jangan katakan terbatas. Gunakan sesuai porsinya.

Yang termasuk terbatas itu TIDAK sampai puluhan jumlahnya. Kalau sudah sampai puluhan, ratusan, bahkan ribuan, itu sudah tidak terbatas lagi. Hati-hati, jangan sampai blunder...


14, Bridging

Arahkan customer secara tidak langsung. Biarkan mereka memilih sendiri

Teknik ini mirip-mirip dengan Teknik Perbandingan. Letak perbedaannya adalah kalau teknik Perbandingan ada sedikit kecenderungan untuk beli ke produk yang ke-2, kalau yang ini tidak ada Tunjukkan ke calon customer produknya apa saja.

Pastikan mereka memilih apa yang ingin mereka pilih. Anda hanya memastikannya itu cocok untuknya Anda hanya berfungsi sebgai jembatan diantara pilihan-pilihan yang mungkin mereka pilih

Cocok untuk

Teknik ini cocok untuk Bisnis yang basic Jualannya menggunakan Toko, seperti Butik, Fashion, Retail, dll


15. Joke

Buat orang tertawa atau tersenyum dengan penawaran atau kata2 anda

Ketika Anda berhasil membuat orang lain tertawa, maka mereka akan lebih menyukai Anda. Orang lebih suka membeli dari orang-orang yang disukainya

Orang kalau sudah berpikir senang, ketawa-ketiwi, jarang berpikir negatif. Termasuk berpikir bahwa Anda tuh sedang Jualan

Ceritakan cerita-cerita lucu atau lelucon yang sekiranya bisa buat calon customer Anda tersenyum bahkan tertawa lepas



16. Jika Maka

Apa kerugian mereka jika tidak memiliki produk ini

Teknik ini mirip-mirip dengan teknik NOW OR NEVER. Bedanya teknik ini seperti bukan teknik. Padahal sengaja kita ungkapkan agar si calon customer bisa berpikir tentang kerugiannya kalau tidak membeli

“Jika Anda tidak mencegahnya, maka keluarga Anda ada dalam ancaman demam berdarah.  sebaiknya kita mencegah dengan membeli obat oles anti nyamuk seperti ini”

“Jika kita tidak ikut asuransi perlindungan, maka akan banyak sekali biaya yang akan kit akeluarkan saat terjadi kecelakaan”

Jika Anda tidak membelinya sekarang, maka besok Anda harus memngeluarkan biaya lebih tinggi utnuk membelinya”


17. Cerita Orang

Kaish testmoni atau pengalaman orang lain

Orang cenderung LEBIH YAKIN jika Anda menceritakan pengalaman orang lain kepadanya. Terlebih, jika pengalaman tersebut ada kemiripan dengan si calon customer

Misalnya bisnis Anda adalah Bimbingan Belajar. Tiba-tiba ada seorang ibu yang ragu dengan kualitas bimbel Anda. Anda bisa mengatasinya dengan teknik ini:

“Tahun lalu ada seorang ibu yang juga mengajukan pertanyaan yang sama. Tampaknya ia juga merasa ragu dengan kualitas bimbingan belajar ini. Setelah putranya mengikuti kelas percobaan, ia akhirnya merasa yakin dengan kualitas kami. Putranya sekarang sudah lulus dan masuk ITB. Dan saya pikir ibu itu sangat puas dengan bimbingan belajar kami, karena baru 2 hari yang lalu sang ibu memasukkan putra keduanya ke bimbingan belajar ini juga”

-------------------------------

Semoga dengan membaca dan mempraktekkan isi artikel 17 teknik closing bisa meningkatkan prosentase closing anda hingga 80%.

Ingat tulisa sebelumnya, fokus kepada 80% pendekatan emosi, sebab orang membeli 80% karena emosi dan 20% logika.


Semoga closing banyak yah? Sebab no selling nothing. Gak ada penjualan artinya nothing. Percuma meski anda sehebat apapun kalau gak jualan.

Naah itu dia ke 17 teknik closingnya atau teknik menjual sesuatu kepada customer. Terinspirasi dari ebook 17 Teknik Closing Dewa Eka Prayoga Final. Semoga Bermanfaat.






Artikel Terkait



No comments:

Post a Comment