Feb 23, 2018

Ini Dia 7 Sunnah Nabi saw yang Harus Dijaga Ummat Islam Supaya Sukses

Barangkali teman2 sering mendengar 7 sunnah Nabi saw ini? Kalau saya biasanya dengar ceramah pada saat sholat Jumat. Ini Dia 7 Sunnah Nabi saw yang Harus Dijaga Ummat Islam supaya hidupnya sukses dunia akherat

7 sunnah atau 7 amalan ini kalau diterapkan dan dilaksanakan Insya Allah menjadi asbab hidup tenang dan bahagia. Dan manifestasi kebahagiaan tentu saja macem2 sesuai dengan DOA (baca= keinginan) misalnya
  • Bagi yang pengin kesuksesan, maka hidupnya akan sukses
  • Bagi yang menghendakin kekayaan maka hidupnya akan kaya
  • Bagi yang menghendaki kekuasaan maka akan mendapatkannya
  • Yang lagi hutang niscaya lunas
  • Termasuk juga yang menginginkan keturunan, jodoh, dan lain sebagainya


Syarat ketentuannya apa? ISTIKOMAH. Kapan bisa mendapatkan kesuksesan dan atau hutang lunas? ISTIKOMAH. Lalu kapan, padahal saya sudah melakukan amalannya sejak tahun lalu?

Jawabannya ISTIKOMAH.

Apa sajakah? Simak ulasan singkat berikut ini

Gambar dari google

------------------------------------

Hendaknya kita selalu menjaga tujuh sunnah Nabi setiap hari. Ketujuh sunnah Nabi SAW itu adalah:

● Pertama, Sholat Tahajud

Shalatlah Tahajjud karena kemuliaan seorang mukmin terletak pada shalat Tahajjud-nya.

Tahajud adalah sunnah Nabi saw, dan juga merupakan amalan yang dahsyat. Bisa menjadi asbab status sosial yang bagus dimasyarakat, melatih intuisi, kepekaan, dan kebijaksanaan. Coba aja..

"Mas Adhin rutin tahajud?"

Tentu dong? Dulu tapi. Sekarang bolong-bolong. Doain supaya bisa rutin lagi ya?

● Kedua, Baca Qur'an

Bacalah Al-Qur’an sebelum terbit matahari. Alangkah baiknya sebelum mata melihat dunia, sebaiknya mata membaca Al-Qur’an terlebih dahulu dengan penuh pemahaman.

Yang tak kalah penting adalah membaca Qur'an dan membaca pula terjemahannya. Agar paling tidak secara umum kita tahu maksud dari bacaan tersebut. Adapun masalah takwil biarlah Allah Yang Maha Tahu.

Tugas kita membaca dan mencoba memahaminya sesuai dengan kadar kemampuan kita. Insya Allah akan bertambah cahaya dan atau pemahaman baru mengenai hidup dan kehidupan

● Ketiga, Jangan Tinggalkan Masjid

Jangan tinggalkan masjid terutama di waktu subuh. Sebelum melangkah kemana pun langkahkan kaki ke masjid, karena masjid merupakan pusat keberkahan, bukan karena panggilan muadzin tetapi panggilan Allah yang memanggil orang beriman untuk memakmurkan masjid Allah.

Paling tidak sholat berjamaah diusahakan rutin ke masjid. Atau kalau kesibukannya luar biasa paling tidak sholat jumat ada dimasjid.

Saya kenal sahabat yang begitu dengar adzan langsung buru2 ke masjid sekarang hidupnya bak langit dan bumi. Incomenya ngalahin gaji presiden, padahal sebelumnya ia karyawan biasa. Ini beneran.. Kalau gak percaya coba aja.

● Keempat, Sholat Dhuha

Jaga Shalat Dhuha karena kunci rezeki terletak pada shalat dhuha

baca juga DOA sholat dhuha dengan penuh kekhusukan. Usahakan banget tahu artinya, misalnya yang terkait begini

"Jika rezeki kami ada dilangit, turunkanlah. Jika ada dibumi keluarkanlah. Jika ada unsur keharoman, bersihkanlah. Jika rezeki kami jauh dekatkanlah, jika rezeki kami sulit mudahkanlah, dan seterusnya"

● Kelima, Sedekah

Jagalah sedekah setiap hari. Allah menyukai orang yang suka bersedekah, dan malaikat Allah selalu mendoakan kepada orang yang bersedekah setiap hari.

Sedekahlahb rutin meski belum bisa banyak. Pagi siang dan sore. Kalau saya Insya Allah sudah pasti sedekah pagi 2.000, siang 2.000 dan sore/ malam 2.000.

"Gak lupa mas"

Enggak, sebab otomatis terpotong dari deposit saya. Sebab saya pake aplikasi PayTren yang memotong secara otomatis. Kerenn.. Kalau mau pake paytren WA admin saya ya? Catet nomornya 08561122721

● Keenam, Jaga wudhu

Jagalah wudhu karena Allah menyayangi hamba yang berwudhu.

Khalifah Ali bin Abi Thalib berkata, “Orang yang selalu berwudhu senantiasa ia akan merasa selalu shalat walau ia sedang tidak shalat, dan dijaga oleh malaikat dengan dua doa, "ampuni dosanya dan sayangi dia,ya Allah”.

Jujur ini yang masih menjadi tantangan buat saya. Kadang menjaga wudhu kadang enggak. Baru saja mencoba menjaga wudhu sudah keluar hadast kecil. Secara ngentutan. Hehe :)

● Ketujuh, banyak2 Istighfar

Amalkan istighfar setiap saat. Dengan beristighfar masalah yang terjadi karena dosa kita akan dijauhkan oleh Allah.       

Kalau nasehat ustadz Yusuf Mansur jaga istighfar dan sholawat 100 perhari. Insya Allah hidup dimudahkan. Silahkan dicoba


Tambahan

Ada tiga do'a yang janganlah kau lupakan dalam sujudmu

1. Mintalah diwafatkan dalam keadaan husnul khotimah :

Allahumma inni as'aluka husnal khotimah. Artinya : " Ya Allah aku meminta kepada-MU husnul khotimah "

2. Mintalah agar kita diberikan kesempatan Taubat sebelum wafat :

Allahummarzuqni taubatan nasuha qoblal maut. Artinya: " Ya Allah berilah aku rezeki taubat nasuha (atau sebenar-benarnya taubat) sebelum wafat "

3. Mintalah agar hati kita ditetapkan di atas Agamanya :

Allahumma yaa muqollibal quluub tsabbit qolbi 'ala diinika. Artinya: " Ya Allah wahai sang pembolak balik hati, tetapkanlah hatiku pada agama-MU "

---------------------------------------

Demikianlah artikel "Ini Dia 7 Sunnah Nabi saw yang Harus Dijaga Ummat Islam". kalau dirasa bermanfaat silahkan share.




Artikel Terkait



No comments:

Post a Comment