Feb 27, 2018

Ini Dia 15 Amalan Ringan Tapi berpahala Besar dan Berat di Timbangan

Kadang kita meremehkan amalan ringan, namun kita tidak tahu bahwa amalan itu berat timbangannya di akherat kelak. Allah suka amalan yang menurut kita ringan ini. Dan bisa menjadi asbab jalan ke surga.

Oleh karena itu wajib baca ya? Ini Dia 15 Amalan Ringan yang disukai Allah swt, berpahala besar dan Berat di Timbangan serta menjadi sebab jalan menuju surga


Ini Dia 15 Amalan Ringan Tapi Berpahala Besar dan Berat di Timbangan

1 Zikir Subhanallah wabihamdihi, subhanallahiladziim

Rasulullah ﷺ  bersabda: “Dua kalimat yang ringan di lidah tetapi berat dalam timbangan dan sangat disukai Allah  yaitu:

ﺴﺒﺤﺎﻥ ﺍﷲ ﻭﺒﺤﻤﺩﻩ ﺴﺒﺤﺎﻥ ﺍﷲ ﺍﻠﻌﻅﻴﻡ‘

(Maha Suci Alloh dan segala puji milikNya, Maha Suci Alloh Yang Maha Agung)’.” (HR. Muttafaq ‘alaih)

2 Sholat Sunnah Fajar

Rasulullah bersabda: “Dua rakaat sunnah sebelum subuh (rakaat pertama Al-Kafirun, rakaat kedua Al-Ikhas), lebih baik dari dunia dan seisinya.” (HR, Muslim)

3 Zikir

Rasululullah bersabda: “Tidak ada sesuatupun yang membuat penghuni surga menyesal kecuali menyia-nyiakan satu detik kesempatan, tidak digunakan untuk berdzikir kepada Alloh”. (HR. ath-Thabrani, Syaikh Salim menganggap shahih)

4 MENGURUSI  JENAZAH

Rasulullah ﷺ  bersabda: “Barangsiapa menshalatkan jenazah dan tidak ikut
mengiringkannya maka baginya pahala satu qirath, dan jika mengiringkannya maka baginya pahala dua qirath”. Ketika itu ada yang bertanya, “Apa yang dimaksud dua qirath?”  Beliau saw  menjawab,

“Paling sedikitnya sebesar gunung Uhud.”  (HR. Muslim)

5 Membaca Subhanallah Wabihamdihi

Rasulullah  bersabda: “Barangsiapa membaca,

ﺴﺒﺤﺎﻥ ﺍﷲ ﻭﺒﺤﻤﺩﻩ

Seratus kali pada setiap hari, niscaya dihapujkan kesalahan-kesalahannya meskipun sebanyak buih laut.” (MUTTAFAQ  ‘ALAIH).

6 Membaca Laa haula walaa quwwata illa billah

Dari Abu Musa , Rasulullah  bersabda kepadaku, “Maukah kamu aku tunjukkan suatu perbendaharaa dari surga?” Aku menjawab, “Baik, ya Rasulullah.” Beliau bersabda :

ﻻﺤﻭﻝ ﻭﻻ ﻗﻭﺓ ﺍﻻ ﺒﺎﷲ‘

Tidak ada daya dan kekuatan melainkan dengan pertolongan Allah’. (Muttafaq ‘alaih)

7 MEMBACA AL-QUR’AN

Rasulullah  ﷺ bersabda: “Barangsiapa membaca satu huruf dari kitab Alloh (tanpa riya’ & sum’ah), niscaya ia mendapat kebaikan, dan setiap kebaikan mempunyai sepuluh kelipatan pahala. Aku tidak mengatakan, “Alif Lam Mim itu satu huruf, tetapi Alif satu huruf, Lam satu huruf, dan Mim satu huruf.” (HR. at-Tirmidzi –disahihkan Syaikh Albani)

8 SURAT AL-IKHLAS DAN JANJI SURGA

Dari Anas  bahwasannya seorang sahabat berkata, “Wahai Rasulullah, sesungguhnya saya suka membaca surat ini (Qul Huwallahu Ahad), Beliau bersabda, ‘Sesungguhnya kecintaanmu pada surat itu akan memasukkanmu ke dalam surga.”  (HR, Bukhari dan at-Tirmidzi)

9 Menyingkirkan Kayu ditengah Jalan




“Sungguh aku telah melihat seseorang yang bersenang-senang di dalam surga dengan sebab memotong (menyingkirkan) kayu di tengah jalan yang mengganggu manusia.” (HR. Muslim)

10 Sholat Subuh Dilanjut dengan Sholat Dhuha

Rasulullah ﷺ  bersabda: “Barangsiapa shalat subuh dengan berjamaah kemudian duduk untuk berdzikir kepada Alloh sehingga matahari terbit, lalu ia shalat dua rokaat (sholat dhuha) maka ia mendapat pahala seperti haji dan umrah, sempurna, sempurna, sempurna, sempurna.”                     (HR. at-Tirmidzi, dihasankan oleh SyaikhAlbani)

11 Memuji Allah dikala Senang ataupun Susah

Rasulullah ﷺ  bersabda: “Orang yang pertama kali diseru untuk masuk Surga ialah mereka yang memuji Allah , baik ketika senang maupun susah”. ( HR. Thabrani, Hakim)

12 UCAPAN YANG BAIK

 “Tolaklah kalian terhadap api neraka walau dengan sekerat korma, jika tidak dapat maka hendaklah (bersedekah) dengan kalimat yang baik” (Shahih Jami’)

13 Adzan

Nabi ﷺ bersabda: “Sesungguhnya Alloh dan para Malaikat membaca sholawat untuk shaf pertama, sedang muadzin diberi ampunan sebatas suaranya. Ia dibenarkan (dijawab) oleh yang mendengarkannya, baik benda kering maupun basah, dan ia mendapat pahala orang yang sholat bersamanya (karena ia yang menyerunya).”(HR. Ahmad dan Nasai)

14 BERBUAT BAIK KEPADA HEWAN

Rasulullah ﷺ bersabda "Ada seseorang melihat seekor anjing yang menjilat-jilat debu karena kehausan maka orang itu mengambil sepatunya dan memenuhinya dengan air kemudian meminumkannya pada anjing tersebut, maka Allah berterimakasih kepadanya dan memasukkannya ke dalam syurga”. (HR. Bukhari, Muslim)

15 SHALAT DHUHA

“Setiap tulang persendian kalian harus dishadaqahi, setiap tasbih adalah shadaqah, setiap tahmid adalah shadaqah, setiap tahlil adalah shadaqah, setiap takbir adalah shadaqah, amar ma’ruf adalah shadaqah, nahi munkar adalah shadaqah, yang demikian itu dapat terbalas dengan melakukan dua rakaat shalat Dhuha. (HR. Muslim).

Alangkah menakjubkan seorang yang cerdik dalam memilih amalan yang ringan, namun ternyata berat ketika ditimbang. Ia seorang yang pandai meraih Surga-Nya, meski tak tampak didalam kerumunan manusia.

Copas jay al-banjary

----------------------------

Demikian artikel tentang 15 Amalan Ringan Tapi Berat di Timbangan. Jika dirasa bermanfaat silahkan share.




Artikel Terkait



No comments:

Post a Comment