Feb 19, 2018

Bisnis Multi Level Marketing MLM Itu Penipuan dan Pembodohan Publik

Ada sebuah artikel tentang bisnis MLM. Temanya adalah Bisnis Multi Level Marketing MLM Itu Penipuan dan Pembodohan Publik. Bulshit bahasanya. Pendapat ini berasal dari salah satu orang yang pernah ikut bisnis network atau MLM.

Dari tulisannya yang pasti ybs sudah ikut MLM dan gagal. Sebab kalau sukses besar mana mungkin menulis bahwa bisnis MLM adalah penipuan yang berkedok member get member?

Gambar dari google


Ybs adalah pebisnis MLM yang gagal diantara ribuan pebisnis MLM lainnya kemudian trauma. Setelah trauma lalu menulis artikel ini yang memang cukup masuk akal juga.

Silahkan bagi yang setuju, dan silahkan bagi yang tidak setuju. Pro dan kontra itu sudah biasa dalam segala dinamika kehidupan. Perbedaan adalah hal yang biasa.

"Kalau Mas Adhin setuju atau tidak setuju?"

Hehehe mau tahu aja. Saya juga pebisnis MLM PayTrenUstadz Yusuf Mansur Dan saya menghargai pemikiran sahabat ini dan siapapun yang tidak setuju dengan konsep MLM apapun alasannya. Silahkan saja dengan pendapat masing2 tak ada masalah.

Ini dia tulisannya yang saya beri judul Bisnis Multi Level Marketing MLM Itu Penipuan dan Pembodohan Publik



---------------------------------------

Kemaren2 di Facebook, asik banget neh mbahas dan mengulas masalah MLM. Mulai dari foto dan Note yg blakangan banyak dapet peratian pro dan kontra tentang system MLM, ampe2 orang yg q “tag”in SMS atau message aku ngamuk2 gara2 menuh2in notivication mereka.

Mau nggak mau (maksa) memang kita kedepan akan atau pernah ditawari bisnis macam ini, karena Inti dari MLM/Network marketing (NM) adalah bagaimana cara menyampaikan produk dari konsumen (member) ke Member atau Non member.

Konsep ini memang sangat bagus dan mengoptimalkan distribusi, tapi ada Ribuan MLM di dunia ini. Perlu kebijaksanaan dalam memilihnya. MLM yang baik adalah yang keuntungan didapat dari menjual produk, bukan dari Recruitment member.

Sebenarnya, dengan perkembangan bisnis MLM yang pesat, Pemerintah dalam hal ini tentunya Departemen Perdagangan telah mengeluarkan Peraturan Menteri Perdagangan RI nomor 13/M-DAG/PER/3/2006 tentang KETENTUAN DAN TATA CARA PENERBITAN SURAT IZIN USAHA PENJUALAN LANGSUNG yang disingkat dengan SIUPL (BUkan SIUP).

Jika suatu MLM itu baik, maka pasti akan menitik beratkan pada penjualan produk, bukan hanya rekrat-rekrut. Toh jelas, MLM=Marketing system Bertingkat.

Network marketing yang menekankan kearah perekrutan saja untuk cepat sukses/kaya mendadak justru terkesan kearah Money Game. Di Note ini, saya tekankan alasan2 saya Kontra dan menjadi tidak suka dengan MLM/Network Marketing yang bertitik berat pada perekrutan, bukan dari penjualan produk.

Di usaha ini, Km bisa mendapatkan Passive income (gag kerja dapet duit) dengan cepat, dengan modal yang lebih kecil dari usaha lainnya.

FAKTANYA: passive income yang km dapet hanya bila member2 dibawahmu aktiv merekrut member baru,! Coba pakek otak Hai para “Network marketter” misal 1 orang setor modal dan bisa balik kalau dia merekrut 4 orang. 4 orang balik modal jika merekrut (4x4=) 16 orang.

16 orang yg gabung tadi sekaligus menguntungkan si Orang pertama tadi. Begitu juga 16 orang akan balik modal jika merekrut (16x4=) 64 Orang. Begitu seterusnya. Apalagi jika ada satu orang yang gabung dengan lebih dari satu nama (hak usaha) balik modalnya akan lebih lama.

Passice income sesungguhnya dibangun dengan membuat sistem, bisa waralaba, maupun membuat struktur perusahaan yang rapi. Membangun asset di sini berarti anda membangun sistem managemen yang rapi.

Passive income versi MLM : membangung asset di sini berarti membangun downline. See, Passive income yang didapat itu dari bawahan2 yang ga dapet untung sama sekali.

Anda akan diDoktrin agar tidak mau tau dan memahami hal-hal negative dari bisnis ini, diajarkan untu tuli dengan paradigm “Orang yang sukses adalah orang yang tuli dan terus Action, lupakan semua cercaan dan terus berkarya.”

FAKTANYA: konsep tersebut memang saya setuju dan manis sekali, missal pada entrepreneur yang mengembangkan usahanya sendiri. Disini, anda adalah budak yang memperbudak orang lain, silakan teliti usaha anda, jika memang yakin lanjutkan saja. Orang Bijak menilai segala sesuatu dari dua sisi, sisi positive dan negativ.

Bijaklah sebagai manusia.!! Km berhak tau apa yg sedang km jalani.

Mendapatkan teman baru, dan jaringan yang luas..



FAKTANYA: tanpa sadar, makin jauh km aktiv km makin dikucilkan dalam mansyarakat, karena orang yg ikut bisnis ini akan jadi “gag asik” dalam pikirannya hanya Prospek-Prospek, dan prospek. Kutipan dari sebuah forum “Dulu sih temen baik, tiap diajak ngomong nyambung.

Tapi sekarang begitu dia ikut MLM, omongannya tu tentang passive income, membangun jaringan, blablabla, pokoknya promosi melulu. Kita ngomong yang laen pun dia tetep kekeh promosiin MLM nya dia. Alhasil kita2 temen lamanya pun jadi ogah ngajak dia maen2 lagi….”

Apa km yakin kalo selamanya km hidup bermansyarakat dengan orang2 yg berhasil km rekrut.

Bagi yg ikut MLM, tanyakan pada hati nurani BERANIKAH KAMU MEMBANGGAKAN BISNISMU DI DEPAN ORANG YANG NON MEMBER (di depan kelas contohnya)

Anda bisa menggapai Impian dan membahagiakan orang tua.

FAKTANYA: Perhatikan, saya sudah sering ikut Motivation training ataupun jadi trainer kecil2an di beberapa event, untuk menumbuhkan semangat audiens, menggunakan postur orang tua memang cara terJitu untuk memotivasi.

Jika km pengen mbahagiain orangtuamu dengan membuat ribuan Orang tua orang mengeluarkan uang untuk menunjang impianmu.pertanyaan saya, apa yang akan orangtuamu bilang ke tetangga dan temen2nya saat km berhasil beli mobil dari MLM? “itu anak saya beli mobil dari rekrut orang gabung bisnis!!” Hueeek,, Cuih. . .

Sistem pembagian keuntungan Bagi hasil yang adil dan hallal.




FAKTANYA: Benar2 BULL SHIT… uang dari orang yang kamu rekrut hanya akan mengalir ke Upline km.! begitu terus menerus, uang hanya muter2 tanpa ada produk yang pasti.

Hal ini yang sebenarnya saya sangat tidak suka, km jadi asset atau tuyul orang lain sekaligus menuyulkan orang lain.!! Sadar oey.!!


Usaha ini adalah usaha yang sangat LUARRRR BIASA dan MULIA.

“Di dunia ini hanya ada 2 macam pekerjaan, Yang pertama tipe ‘kaya’ mereka berada di posisi direktur, manager, dokter, pengacara, arsitek, dan profesi2 elit lain. Mereka punya uang, tapi mereka tidak punya waktu menikmati uang mereka.

Dan tipe yang kedua adalah tipe ‘santai” mereka berada di posisi cleaning service, tukang jaga warnet, pelayan toko, bapak becak, dll, Mereka punya waktu untuk menikmati uang mereka, sayangnya mereka ga punya uang” (pekerjaan kami yang terbaik,ada waktu luang dan uang)

FAKTANYA: justru hanya segelintir orang yang bisa nikmati passive income itu. Seorang sukses kalo rekrut 1000 orang, 100 orang mau rekrut berapa?? Bah,,, pekerjaan tu ga cuma diliat dari gajinya Bung.

Pekerjaan tu juga dinilai dari seberapa banyaknya hal yang kita kerjakan itu membantu orang lain. Menurut gua sih, masih mending semua kerjaan di atas daripada jadi penipu berkedok MLM. Tora Sudiro aja bilang “Ogah, mending gua jd gig*lo”

Coba liat Mbak Itu Dan Mas Ini, mereka bisa beli Mobil dari bisnis ini selama XX Bulan saja, sukses disini gampang lho!

FAKTANYA: jika belum tahu rahasianya, saya kasih tau. Mobil2 itu adalah KREDIT, pokoknya punya dan bisa jadi bahan persuasi atau bukti Boongan untuk menstimulus km agar join.

Coba deh dinalar, misal SI mas dan Mbak itu bisa beli mobil setelah punya 1000 orang downline, terus 1000 orang tersebut apa bisa beli mobil seperti yang mereka dengar saat mereka direkrut?

Kalau anda jawab IYA,!! BISA,!! Itung aja, 1000 orang rekrut 1000 orang= 1.000.000 orang. Trus sejuta orang itu rekrut berapa orang lagi? Jangan kemakan iming-iming lah bro. . . ^_^

Buat yang lg semangat2nya d MLM, Goblok boleh, tp jangan nggoblokin orang lah,!!!

Kyak lagunya Radja “Mendingan Elooo, kelauuut Ajeeeeee.!!!!”

Hahahaha, , ,

Negara maju sudah jarang menggunakan pasar /distribusi konvesional, sekarang jamannya Ecommerce, usaha gag perlu tempat, modal dikit, waktu luang dan pemasarannya gampang. Dan itu terjawab di Network Marketing.

FAKTANYA: Negara maju justru MELARANG usaha macam ini, di Indonesia sendiri ada APLI (asosiasi penjualan langsung Indonesia) yang membahas mendalam tentang usaha ini,

selama ini saya sudah kutakatik di website APLI ( http://www.apli.or.id/index.php ) dan saya menyimpulkan bahwa beberapa NM yang berkedok produk yg jarang diperjualbelikan membernya khususnya adalah bukan MLM murni bahkan kearah money game berkedok.

Dan masih banyak fakta yang lainnya,,,

Oke. Kok aku pede banget yah ngasih kata “FAKTANYA” yah,, simple karena aku mantan orang yang paling semangat dulu njalaninya. Sips, gag percaya ama faktanya, silakan gabung beberapa MLM/NM yang bejibun.

Para pelaku MLM/NM berkeliaran menanti anda dipancing untuk ditawari usaha dengan kata2 manis. “mereka adalah orang yang terlatih untuk merekrut kalian, dan kalian adalah sasaran empuk untuk direkrut, pertama kalian akan merasa tertipu, tapi tenang kalian akan diajari dan masih banyak orang yg bisa kamu tipu”

Menipu karena Tertipu. . .

Oke, ini opini saya secara Pribadi. . .dibuat berdasar apa yang saya tau dan apa yang pernah saya alami, kalo nggak percaya coba aja gabung MLM. . .bagi yang beda opini atau baru tahu fakta fersi saya ini. Peace bro. . . . EGP.!!!!!

---------------------------------

Naaah mantep khan tulisannya. Bagi yang setuju silahkan manggut2, sebab anda punya teman yang menganggap bahwa MLM adalah pembodohan dan penipuan publik. Bagi yang tidak sependapat tidak usah marah. Biasa saja.

Sekali lagi dimana-mana pasti ada perbedaan pendapata. Bahkan dalam sholat pun banyak perbedaan dan khilafiah yang bahkan dalam titik tertentu bisa bermusuhan.

Yang masalah agama saja banyak perbedaan, meskipun sumbernya satu. Apalagi MLM?? Sudah pasti dan jelas akan sangat banyak perbedaan. TInggal bagaimana kita menyikapinya saja.

Lebih baik apapun usaha dan bisnis anda mari sama-sama mendoakan semoga semuanya sukses dunia dan akherat. Setuju bro? Peace juga bro.. Hehe





Artikel Terkait



No comments:

Post a Comment