Dec 3, 2017

Apa Agama dan Tuhan Einstein Bag. 1

Salah satu buku kesukaan saya adalah mempelajari pemikiran filsuf atau ilmuwan masa lalu salah satunya Albert Einstein. Dalam buku 700an halaman berjudul "Einstein" karangan Walter Isaacson, Einstein mengatakan tentang Tuhan sbb


"Cobalah memahami rahasia alam dengan kemampuan kita yang terbatas dan anda akan mendapati bahwa dibalik semua hukum dan hubungan alam yang bisa dilihat, masih ada sesuatu yang halus, tidak berwujud dan tidak bisa dijelaskan. Memuja kekuatan diluar apapun yang bisa kita pahami adalah agama saya. Sampai sejauh itu saya memang percaya Tuhan"

Penjelasan: Ini nih adalah bagian dari mengamati alam semesta. Sekarang ini mungkin kita terlalu sibuk melakukan aktifitas tafakur. Padahal sejatinya tafakur inilah yang penting supaya sampai menemukan keyakinan bahwa ada Tuhan dibalik semesta alam. Ada Yang Maha Besar.

Sebab kita terlalu sibuk mengurus dunia. Mengurus dan mencari duit dari pagi sampai malam bahkan sampai meninggal dunia tanpa ada satu "pemahaman" tentang arti kehidupan yang baik. Kita beragama namun dengan pemikiran agama yang terlalu tipis dan naif.

Lanjut...

Pada saat yang lain Einstein diwawancarai oleh seorang penyair Jerman George Sylvester Vierreck, "apakah anda percaya kepada Tuhan?"

Einstein menjawab: Saya bukan Ateis. Masalah itu terlalu besar untuk pikiran kita yang terbatas. Kita seperti anak kecil yang memasuki perpustakaan sangat besar penuh buku dalam banyak bahasa. Anak itu tahu seseorang pasti menulis semua buku itu. Namun anak itu tidak tahu cara menulisnya. Anak itu tidak memahami bahasa yang mereka tulis. Anak itu sedikit mencurigai ada urutan misterius dalam penyusunan buku itu, tetapi tidak tahu tentang urutan itu. Menurut saya itu adalah sikap manusia paling pintar kepada Tuhan. Kita melihat alam semesta diatur dengan sangat bagus dan mematuhi hukum tertentu, tetapi kita hanya sedikit memahami hukum tersebut.

Penjelasan: Cobalah baca alur pemikiran Albert Einstein diatas yakni tentang misteri alam semesta. Tentang ketakjuban dan keterpesonaan. Tentang memuja dan memuji Dzat dibalik harmonisasi alam semesta.

Setelah itu, malam ini cobalah amati sendiri alam semesta dijendela rumah. Atau diteras rumah sambil menengadah keatas langit. Mudah-mudahan ada ketakjuban tentang Dzat Tuhan dibalik semesta alam.

Lanjut

EInstein ditanya oleh seorang gadis kecil kelas 6 SD di New York, "apakah ilmuwan berdoa?"

Einstein menjawab: Penelitian ilmiah didasarkan pada gagasan bahwa semua yang terjadi ditentukan oleh hukum alam, dan hal ini juga berlaku untuk tindakan manusia. Karena alasan inilah seorang ilmuwan akan sulit memercayai bahwa berbagai kejadian dapat dipengaruhi oleh doa, yaitu dengan berdoa kepada Mahluk supernatural

Penjelasan: Nah yang ini Insya Allah akan kita bahas diartikel lain, sebab penjelasannya panjang kali lebar. Pada prinsipnya menusia adalah mahluk yang terbatas dan dibatasi pergerakannya oleh alam dunia. Manusia berkehendak bebas namun dengan kebebasan yang terbatas.

Tentang mengapa kita berdoa? Nah ini dia yang akan kita bahas lain kali Insya Allah

------------------------------------------

Btw

Eintesin adalah seorang Seniman, Filsuf sekaligus Ilmuwan yang menggunakan pikirannya untuk menembus hukum alam semesta. Dalam islam mengamati alam semesta disebut dengan Tafakur.

Terlepas dari apapun pendapat Einstein tentang Tuhan, kebiasaan Einstein yang suka tafakur patut kita contoh agar mendapatkan pemahaman religius tentang Keberadaan Tuhan, bukan pemahaman religius yang naif.

Salam 4 Jari
Adhin Busro AlHafiz

NB: GERAKAN REVOLUSI 44, GERAKAN 10 BULAN JADI JUTAWAN Now Launching... KLIK: http://bit.ly/2nlLiZe

NB:

Iklan ya? Ane mau jualan nih.. :)

NB: Mau belajar pola-pola kehidupan berdasarkan pengalaman pribadi kami? Belajar rahasia hukum alam? Mau belajar menelan kepahitan demi kesuksesan sejati? Kalau mau segera milikilah ebook 9 Wasiat Adhin Busro yang ada dalam Bundle Rahasia Kunci Sukses. Segera DAPATKAN DISINI



Ratusan ebook dan makalah kesuksesan terkumpul dalam sebuah bundle Rahasia Kunci Sukses. Proven base true story. Baca sales letternya disini





Artikel Terkait



No comments:

Post a Comment