May 14, 2017

Cara Menangkal Virus Ransomware WannaCry

Tulisan ini saya ambil dari sajada.co tentang sebuah virus yang marak beberapa hari ini bernama Virus Ransomware WannaCry. Virus ini telah memakan korban system RS Dharmais dan RS Harapan Kita. Alangkah baiknya anda juga waspada ya? Termasuk saya juga harus waspada.. hehe


Mengatasi Virus Ransomware – Setelah tahu tentang betapa berbahayanya virus ransomware satu ini, kali ini kami akan sedikit membagikan tentang bagaimana cara mengatasi atau menangkal ransomware. Sebelum kita mengetahui cara penangkalan dan mengatasi ransomware, pertama-tama, kita harus tahu dulu, bagaimana cara kerja malware satu ini.

Baca Juga : Awas Bahaya Virus Ransomware

Berikut ini adalah cara kerja ransomware;

Sekurang-kurangnya, malware ini dapat bekerja dengan empat cara.

Pertama, malware ini akan melumpuhkan tools-tools dan program anda yang ada di registry. Tentu saja, cara malware satu ini melumpuhkan tools-tools dan program-program kita dengan cara yang sangat mematikan.

Kedua, malware satu ini juga bisa melumpuhkan keyboard dan atau mouse anda. Yang dibiarkannya aktif hanyalah pad nomor aktif.

Ketiga, malware ransomware seringkali mengunduh dan menampilkan pesan singkat. Biasanya, isinya adalah mereka akan mendaku dirinya sebagai penegak hukum.

Keempat, pesan singkat dari malware ransomware itu biasanya berisi tentang pemberitahuan bahwa anda telah mengakses sebuah atau beberapa konten ilegal. Dengan alasan ini, mereka akan melancarkan aksinya, yaitu meminta tebusan sejumlah uang dan akan segera memberikan akses penuh setelah uang tebusan tersebut dibayarkan.

Sistem komputer yang terinfeksi malware satu ini biasanya berupa mobile, server, dan kebanyakan adalah komputer. Biasanya, komputer yang terinfeksi malware satu ini adalah komputer yang menggunakan sistem operasi windows. Namun, tenang saja, penginfeksian ransomware ke perangkat mobile saat ini kelihatannya masih dalam tahap percobaan. Para penjahat cyber dan para hacker masih melihat peluang untung ruginya ketika hendak menginfeksi perangkat mobile. Bukan mustahil, bila mereka menganggap penginfeksian di perangkat mobil dirasa cukup menguntungkan, penginfeksian itu bisa saja mereka lakukan.

Lalu, setelah mengetahui tentang cara kerja malware satu ini, pertanyaannya adalah, bagaimana menangkal atau mengatasi malware satu ini?

Pertama, silahkan matikan Wifi komputer anda dan cabutlah sambungan LAN-nya.

Kedua, segeralah mengupdate keamanaan Windows. Silahkan pasang patch MS17-010. Silahkan download Di sini. Sedangkan, bagi anda para pengguna Windows XP, gantilah sistem operasi anda ke sistem operasi yang paling baru. Sebab, sistem operasi lama tidak mendukung patch di atas.

Ketiga, nonaktifkanlah semua fungsi-fungsi macros yang ada di komputer anda.

Keempat, jangan sekali-kali mengaktifkan SMBv1

Kelima, segeralah memblokir port 3389 dan 445/139.

Keenam, jika anda mempunya antivirus, segeralah perbarui. Dan jangan lupa, pasang anti-ransomware juga.

Ketujuh, terakhir, jangan lupa backup semua file-file yang anda anggap penting di komputer anda. Anda bisa menyimpannya di tempat lain, misalnya di Hardisk atau lainnya. Usahakan dan pastikan penyimpan file-file anda tidak terhubung ke internet atau jaringan.

lalu, bagaimakah jika ternyata komputer atau android anda sudah terjangkit ransomware? Sayangnya, hingga saat ini pun belum ada solusi agar semua data anda yang tersandera oleh malware satu ini dapat kembali dengan segera. Namun, untuk pencegahan lebih lanjut, apabila komputer anda sudah terjangkiti malware satu ini, segera putuskan semua sambungan ke internet dan jaringan.

Selain itu, cara pencegahan lain adalah dengan cara berhati-hati ketika hendak memasang sebuah aplikasi atau software. Usahakan jangan menginstall aplikasi atau software dari sumber yang tidak jelas. Oleh karena itu, jangan malas untuk membaca review aplikasi atau software yang hendak anda install. (sajadah.co)





Artikel Terkait



No comments:

Post a Comment