Jan 27, 2017

Rahasia Menjadi Leader Besar dan Terkenal Sepanjang Sejarah

Bagaimana Rahasia Menjadi Leader Besar dan Terkenal Sepanjang Sejarah? Ada tipsnya? Jawabannya tentu saja ada. Masalahnya adalah mau diterapkan apa tidak, itu saja. Berikut ini tips menjadi leader besar yang akan terkenal sepanjang sejarah yang sudah saya upload di akun FB


Foto: Miting Leader Paytren oleh komisaris Paytren Bp DR Syafi'i Antonio

-----------------------------------------------

SEHARUSNYA LEADER

Ada yang tahu definisi leader?

Pasti akan banyak sekali jawaban yang tertuang tergantung dari sudut pandang dan pemikiran masing-masing.

Untuk kali ini marilah kita melihat sosok the most famous leader in the world. Leader yang paling terkenal sepanjang masa dunia dan akherat. Siapa dia? DIA adalah Rosulullah shollallaahu 'Alaihi Wasallam.

Ada 4 ciri/ kharakter/ mental utama yang dimiliki beliau sebagai seorang leader sehingga terkenal dunia dan akherat yaitu Shiddiq, Amanah, Tabligh dan Fathonah. Kita semua tahu hal ini, atau paling tidak TAHU DULU sebelum pelan2 belajar menerapkan.

Dengan mengaplikasikan 4 kharakter diatas bahkan sampai ada yang mau mati demi Beliau saw. Dari dahulu sampai saat ini NGANTRI yang mau mati demi Rosulullah saw, luar biasa khan?

Ngomong-ngomong apakah ada yang mau mati demi kita? :) Kalau ini berlebihan kita turunkan standardnya. Apakah ada yang bahagia ketika ada kita ditengah2 mereka, kemudian menangis ketika kita pergi?

"Connecting the goodness" adalah energi yang dimiliki oleh seorang leader. Artinya leader itu harus bisa membuat atau menginspirasi atau memicu orang lain BERUBAH menjadi lebih baik.

Kalau kata Ki Hajar Dewantoro, "Ing ngarso sung tulodho, ing madyo mangun karso, tut wuri handayani". Ada yang tahu artinya?

Jadi maknanya leader itu kalau didepan memberikan contoh yang baik, kalau ditengah-tengah masyarakat jadi merakyat sehingga tidak kentara mana leader mana rakyat, dan dibelakang mendukung dengan sepenuh hati.

Sama-sama muhasabah diri... Sebab kita hidup di dunia ini sejatinya diperintahkan supaya menjadi LEADER yang baik, paling tidak untuk diri kita sendiri.

Sebab leader adalah dia yang bisa/ mampu memicu perubahan orang lain (connecting the goodnes) sehingga sama-sama bergerak untuk kebaikan. Sebelum merubah orang lain mari kita merubah diri kita sendiri terlebih dahulu

Kesimpulan

Tugas leader adalah memastikan adanya DUPLIKASI. Dan duplikasi sempurna dan terus terjadi sepanjang masa adalah DUPLIKASI ala Rosulullah Shollallaahu 'Alaihi Wasallam.

Wallahu A'lam

(Inspirasi DR Dedi Nurdiawan pimpinan WHBS, Dir. Keu. Paytren. Diintisarikan pada saat Gathering Leader 22/01/2017 di Bandung)

--------------------------------------------------------------------

Presented: http://is.gd/ayobisnis




Artikel Terkait



No comments:

Post a Comment