Jan 2, 2017

Cara Mengembalikan Keadaan Rumah Tangga yang Berantakan

Assalamualaikum mas adhin,, mas adhin makasih atas bimbingannya selama ini lewat emailnya,saya merasakan perubahan besar dlm hidup saya.. meskipun sampai saat ini hutang saya juga belum dapat jalan keluarnya , malahan tagihan2 semakin menggila sampai surat tagihannya dititipkan ketetangga karena saya sering g dirumah. tapi saya sudah ikhlas, bisa menerima, sambil terus berusaha lha mau gimana lagi.

Dan alhamdulillah ada bantuan dana dari orang tua untuk buka usaha lagi, baru on proses.

dan dibalik kehancuran finansial saya selama setahun ini ternyata kehidupan rumah tangga saya juga dalam masalah besar mas.

Ternyata suami saya ada main hati (bukan hubungan seksual) dg perempuan lain teman lamanya selama setahun terakhir ini mas. singkat cerita kita sempat bertemu bertiga dg wanita itu, suami sayapun mengakuinya dan mengungkapkan alasannya,, memang ada salahnya saya juga mas karena slm ini saya selalu kasar, kurang pengertian, dan otoriter.

yang membuat saya hancur suami saya pernah berjanji akan menikahi wanita itu, dan mengatakan bahwa kami sudah pisah rumah.. masya Allah bagai disamber petir siang bolong mas. padahal selama ini baik2 saja.. ternyata dibalik diamnya suamiku begitu...

singkat cerita setelah sampai rumah saya minta maaf dg suami atas semuanya karena dg begitu saya tau alasannya meskipun suami jelas salah,kita saling memaafkan dan berjanji akan memperbaiki semuanya.suami saya juga mengatakan tidak pernah ada niat utk menceraikan saya dan sampai skrg masih mencintai saya karna keadaanlah dia berbuat begitu.

tapi bukan berarti suami langsung memutuskan hubungan dg wanita itu,, suami minta waktu,dg alasan karena  memang wanita itu sdh bnyk membantu, dia minta pelan2 nglepasin wanita itu biar g menyakiti dia, begitu alasan suami. sayapun gk ada pilihan lain karena memang tidak bisa dipaksa kalo masalah hati,, meskipun sudah tidak bisa dibayangkan lagi bagaimana sakitnya hati saya. saya rela ngalah untuk saat ini,,dan memang malah suami skrg lebih sayang dan perhatian dibanding kemaren, krn syapun berusaha utk memperbaiki sikap.

yang saya takutkan mas,, kalo suami saya selamanya g bisa lepas dari wanita itu takut terlanjur nyaman,, itu masalahnya saat ini..

saya harus gimana mas adhin??  atau amalan dan doa apa yg harus saya tunaikan... karna mungkin perbaikan rejeki saya dimulai dari sini.

mas adhin tlong dibantu ya,, mohon bgt sarannya.
terimakasih
wasssalaamualaikum

Jawab:


Yang saya dan kita semua bisa bantu paling DOA, agar supaya keadaan rumah tangga ybs, dan rumah tangga kita semua selalu nyaman, damai, rukun, dan selamat. Menjadi keluarga sakinah, mawaddah dan warohmah. Rumah tangga yang baiti jannati atau rumahku bak surga bagiku dan keluargaku. Alfaatihah.. Amiin

Doa kembali kepada kita semua. Dan salah satu kunci sukses adalah mendoakan orang lain sebab ketika kita mendoakan orang lain maka malaikat akan mendoakan kita. Bayangkan saja bagaimana kualitas "DOA Malaikat?". Insya Allah makbul.

Terkait dengan kasus rumah tangga diatas bagaimana solusinya?

Saya tidak hendak memberikan solusi, sebab jika dibahas permasalahan pasti akan melebar kemana-mana. Cuma yang perlu kita pahami adalah ada hak kewajiban suami dan ada hak kewajiban istri. Kalau keduanya menjalankan hak dan kewajibannya masing2 dijamin rumah tangga kita akan bahagia.

Apa saja hak dan kewajiban serta adab suami istri? Untuk artikel ini silahkan BACA DISINI

Kali ini saya tidak membahas secara detail hak kewajiban dan adab suami istri kecuali hanya singkat saja.

Bagi suami yang di inginkan dan dikehendaki SEDERHANA. Yaitu hormati dia apapun pekerjaannya, hargai dia layaknya pemimpin rumah tangga. Jangan dikerdilkan dan jangan diremehkan. Oleh sebab itu bagi para istri HARGAILAH suami anda dan doakanlah.

IKUTI atau TAATI semua perintah-perintahnya jangan sering dibantah. Sebab akan ada masa dimana ketika istri selalu membantah maka suami akan merasa bahwa ia tidak didengar layaknya pemimpin. Ini bisa membahayakan rumah tangga anda.

Kalau tahapan ini dijalani niscaya hal-hal lain berkaitan dengan hak suami istri biasanya mengikuti. Sebab ini adalah kunci awal bagi adanya rumah tangga bahagia.

Bagi istri yang dikehendaki SEDERHANA. Sayangi dia, mengertilah kepada perasaannya. Mengertilah meskipun kadang apa yang dikehendakinya tidak masuk akal. Mengerti saja tidak usah terlalu banyak di protes.

Yang jadi masalah sekarang ini biasanya ISTRI suka bentak-bentak suami alias ngomel2, sementara suami suka main kasar atau suka main diluar. Jadi kebalik2. Bagaimana supaya keadaan lebih baik? Menurut saya salah satu harus mengalah. Dalam hal ini IKUTI saja apa kata suami, TAATI dia.

Jika ternyata dengan TAAT suami tidak berubah, maka balasan anda sebagai seorang ISTRI adalah surga. Sebab istri TAAT tidak ada balasan lain kecuali surga. Tetapi yang sering terjadi ketika istri taat/ manut maka kembalilah keadaan rumah tangga menjadi adem ayem kembali.

"Jadi amalan apa supaya suami saya berubah dan keluarga kami tidak berantakan?"

Tidak ada amalan2 tertentu cukup dengan membaca bismillah kemudian mulailah untuk menghargai/ menghormati suami anda layaknya pemimpin rumah tangga. Berwajah manislah didepannya sehingga luluh hatinya.

Demikian semoga bermanfaat.

Wallahu A'lam

Salam
Adhin Busro Al Hafiz

------------------------------------------------------------------------

Dipersembahkan oleh:

>> Magis7: Rahasia manajemen hati dan emosi mencipta keajaiban KLIK DISINI
>> Tips Hamil: Tips bagi rumah tangga yang menghendaki kehamilan KLIK DISINI

 


Artikel Terkait



No comments:

Post a Comment