Oct 3, 2016

Meningkatkan Rasa Percaya Diri Bag. 2

Artikel ini lanjutan dari bagian pertama yakni Tips Meningkatkan Rasa Percaya Diri Dalam 1 Meni, silahkan baca artikel bagian 1 DISINI. Artikel yang saya buat berdasarkan kisah nyata saja ya? Sebab saya bukan Motivator diatas panggung yang bisa memberikan anda tips dan teori meningkatkan percaya diri. Saya adalah orang biasa seperti anda juga :)

Artikel tentang PERCAYA DIRI saya buat dengan konsep Story Telling saja alias cerita atau kisah yang kemudian mudah2an bisa ditarik benang merahnya.

Seperti dalam artikel bagian 1 dahulu saya menderita penyakit rasa percaya diri yang parah. Jangankan memberikan presentasi, ngobrol biasa saja sama orang lain grogi. Aneh....

Apalagi harus bicara didepan forum misalnya, atau dalam rapat RT atau dalam situasi yang lain. Yang terjadi biasanya sebelum ngomong sudah kebelet pipis terlebih dahulu... hehe :)

Pas giliran ngomong kaku, kadang malah buntu nggak tahu mau ngomong apa. Ujung2nya nyengir kuda atau menyeringai lebar. Kalau sudah nyengir sebab grogi, saya jadi malu tingkat dewa.

Lalu apa yang saya lakukan???

Pertama, saya DOA. "Ya Tuhan hilangkanlah grogi ini, hilangkanlah rasa kurang percaya diri dalam jiwa ini". Udah gitu aja kurang lebih.

Atau DOA nya Nabi Musa as yang termaktub dalam QS Thoha ayat 25 sampai 28... Apalin ya?

‘Robbis rohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul ‘uqdatam mil lisaani yafqohu qoulii’

Artinya

Ya Rabbku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku” 

Dahulu saya rutin baca doa diatas. Dan tahukah apa yang terjadi kemudian?? Anda penasaran???

Ternyata "GROGI ITU MASIH ADA". Saya masih saja grogian bahkan cenderung bertambah-tambah parahnya. Pertanyaannya adalah, apakah doa diatas tidak manjur? Nanti kita bahas.. :)

Pernah pada suatu ketika HUJAN deras... Waktu itu sore hari saat pulang dari rutinitas menjemukan di kantor. Habis dimarah2in bos lagi.. hehe :). Makin nyengir aja ane..

Ketika yang lain menepi, atau pakai mantol sebab hujan deras, tetapi saya nggak.. Biarin aja hujan2an sekalian melampiaskan kekesalan. Kesal sebab sungguh menderita punya penyakit minderan seperti saya ini.

Saya terabas hujan yang deras dan semakin deras. Saking derasnya jalanan mulai banjir. Jarang kelihatan yang pakai motor berani menerjang kecuali saya dan beberapa gelintir orang lain.

Disepanjang jalan saya berteriak keras... "Aaarrrgggggggghhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh"

Kesal banget, asli dongkol pada diri sendiri, mengapa punya rasa rendah diri. Menderita banget2. Yang bisa merasakan hanya mereka yang mengalaminya.

Sampai kemudian ketika sudah capek sendiri saya malah nangis. Lucu.. hehe :)

Nangis sambil DOA, "Robb kenapa saya jadi begini? Jadiin saya orang yang HEBAT ya Robb. Jadikan kami dari golongan orang2 yang shaleh"

Gituuu aja saya berdoa sehingga sampai kerumah.

Tahukah apa yang terjadi??

Yang terjadi kemudian (seiring proses) adalah sesuatu yang TIDAK DISANGKA. Benar2 tidak diduga cara-cara_Nya didalam mengabulkan DOA.

Gimana ceritanya?

Bersambung aja deh. Udah capek nulisnya... hehe

TIPS: Mulailah berDOA. Apapun masalah adan solusinya adalah DOA. Kalau sobat menderita kurang PD maka hapalkan DOA diatas, lalu dawamkan membacanya. Rutinkan membaca kapan saja dimana saja, terutama pada saat sujud terakhir dan atau setelah sholat wajib berjamaah.

Dan jangan lupa, kalau lagi pulang kerja atau darimanapun kemudian HUJAN terabas aja. DOA ditengah hujan konon makbul banget lho?

Selamat mencoba.

Wallahu A'lam

Salam
Adhin Busro

NB: Presentd by Magis7. Pembelajaran 77 hari manajemen jiwa mencipta keajaiban. Kalau berkenan belajar silahkan KLIK DISINI untuk detail



Artikel Terkait



2 comments:

  1. Assalamualaikum..terima kasih mas Adhin sharingnya..saya sudah amalkan doa tersebut tiap sehabis sholat..

    ReplyDelete
  2. Waalaikumsalam

    Amiin.. tunggu artikel sambungannya ya?

    Semoga sukses

    ReplyDelete