Oct 13, 2016

3 Etape Umur Manusia, Ngeri...!

www.adhinbusro.com. Umur manusia itu sebenarnya sudah di setel dari sononya. Dari keluar rahim ibu, beranjak besar, dewasa, tua sampai akhirnya meninggal dunia. Ada etape-etape yang dijalani semua manusia yang mana masing2 etape ada nilai masing2. Ada 3 Etape Umur Manusia, yang kalau dibahas bikin Ngeri...!

Jadi dalam bahasa saya begini, ada 3 etape umur manusia yang musti dijalani. Yakni sebelum 40 tahun, 40 tahun keatas dan diatas 60 tahun. Ada etape yang tidak dihitung yaitu masa sebelum baligh.


0-15 TAHUN

Ini masa belum baligh, katakanlah begitu, meski banyak juga yang sebelum 15 tahun sudah baligh. Masa atau etape ini tidak dihitung. Maksudnya tidak dinilai amalan baik dan buruknya. Kalau ada amal baik maka itu untuk kedua orang tuanya.

> 40 TAHUN, MASA MENIMBUN AMAL

Jikalau umur anda 15 sampai 40 tahun, inilah the GOLDEN AGE untuk mencari bekal sebanyak-banyaknya. Jangan sampai disia-siakan.

Makanya buat adik2 yang masih dalam proses belajar yakni umur 15 sampai 25 tahun katakanlah begitu, manfaatkan sebaik-baiknya waktu untuk belajar, agar kedepan bisa memberikan manfaat kepada orang banyak. Jangan diisi dengan kesia-siaan yang akan membuat anda menyesal.

Umur 25 sampai 40 tahun adalah masa perjuangan, dan juga seharusnya masa panen. Panen dalam hal memanen hasil dari ilmu yang didapatkan, bisa berupa harta benda dan sebagainya.

Sekaligus masa ini adalah etape menuju kedewasaan jiwa dan raga. Kedewasaan cara berpikir, dan juga kedewasaan dalam keyakinan (iman) dan ibadah.

40 TAHUN, MASA PERINGATAN

"Sehingga apabila dia telah dewasa dan umurnya sampai empat puluh tahun ia berdoa: "Ya Tuhanku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang saleh yang Engkau ridhai; berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertaubat kepada Engkau dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri". (QS Al Ahqaf 15)

40 tahun adalah umur kedewasaan seseorang. Konon menurut beberapa sumber, umur 40 tahun ini (bagi orang waskita) bisa terlihat apakah ia akan selamat atau celaka. Jika umur 40 tahun belum stabil, alamat perlu waspada.

Yang jarang ke masjid pada umur 40 tahun hati-hatilah. Yang masih suka marah, nyolot dsb waspadalah. Yang masih menikmati harta haram naudzubillah. Ini fase yang teramat sangat CRUSIAL. Menentukan hidup kita bahagia atau celaka.

> 60 TAHUN, BONUS

"Sungguh Allah telah memberikan udzur dan kesempatan kpd hambaNya yg telah di hidupkan (di panjangkan umur) sampai 60 / 70 th... Sungguh Allah telah memberikan udzur kpdnya.. (Shahihul Jami'. No 5118)

==> * Maksudnya.. Allah telah cukup memberikan kpdnya kesempatan utk beramal dgn umur yg panjang. Bila di usia itu masih belum kembali ke jalan Allah. Biasanya sampai matinya tidak kembali. Dan dia di hinakan Allah sampai akhir hayatnya dan menutup umurnya dgn su-ul khatimah.. (Naudzu billah)

Saudara tahu bonus? Bonus itu bisa dikasih bisa juga tidak, terserah Allah swt. Bonus diberikan kepada manusia untuk menambah amal, atau sebaliknya. Yakni diberikan kesempatan kepada orang2 Kafir dan Zalim untuk mereguk kenikmatan sesaat, agar supaya bertambah-tambah dosanya. Sehingga Allah swt punya alasan kuat untuk membinasakan dengan azab sepedih-pedihnya.

Sahabat ingat dan camkanlah bahwa "WAKTU TAK KAN KEMBALI". Jangan sampai kita menyesal selama-lamanya. Wallahu A'lam

Mari sama2 kita mendoakan, semoga kita semua selamat hidup di dunia dan akherat.. Aamiin

Salam
Kampung Hikmah dan Inspirasi
Visit our new Page http://is.gd/kampunghikmah

Dari berbagai sumber, Abu ismail. Ma'had Riyadhusshalihiin, Pandeglang. Source grup WA KPN from Sri Anita





Artikel Terkait



No comments:

Post a Comment