Aug 20, 2016

Berikan Nasehat dengan Hikmah Kebijaksanaan, Atau Anda Ditendang

Apakah kita suka memberikan NASEHAT kepada orang lain? Kecenderungannya begitu, kita suka memberikan NASEHAT (dalam tanda kutip kepada orang lain). Bagus banget kalau kita memang suka memberikan nasehat kepada orang lain, tetapi Berikan Nasehat dengan Hikmah Kebijaksanaan, Atau Anda Ditendang

Maksudnya apa? Bentar lagi dibahas

Seperti ditulis dari sumber: Twitter @SMSTauhid

Rasulullah Saw biasa memberi nasehat yang dapat menggetarkan hati, dan mencucurkan air mata kepada kami (HR Abu Daud, At-Tirmidzi)

Berilah nasehat kepada orang lain dengan HIKMAH dan KEBIJAKSANAAN.

Dalam bahasa kami HIKMAH adalah ILMU yang sudah BERBUAH dan sudah bisa dirasakan oleh diri anda sendiri. Sedangkan KEBIJAKSANAAN adalah kesantunan dan tutur kata yang luhur (berbobot).

Kalau bisa hindarilah memberikan NASEHAT kepada orang lain sementara ILMU belum berbuah. Sebab ILMU yang belum berbuah akan kerasa energinya oleh orang lain.

Kalau Rosulullah saw jelas beda dengan kita. Beliau saw Energi spiritualnyanya jelas2 beda dengan kita-kita. Setiap satu huruf yang Beliau Shollallaahu 'Alaihi Wassallam ucapkan bagaikan mutiara dipadang gersang yang diburu oleh jutaan orang.

Kalau kita kecenderungannya memberikan NASEHAT dalam tanda kutip. Maksudnya adalah bernafsu pengin NGEBENERIN orang lain sementara kita sendiri belum tentu bener. Celakanya menyesatkan orang lain, menyalahkan orang lain dan semacamnya.

Baru belajar kemarin sudah bernafsu ingin membenarkan orang lain. Bukannya salah sih, namun ada baiknya di kendalikan dulu. Biarkan ilmu itu bekerja sampai menjadi buah.

Orang lain akan merasakan kedangkalan, sumbang atau apalah namanya. Hal ini menyebabkan NASEHAT anda tidak didengar atau diacuhkan. Malahan bisa jadi orang lain menjadi tidak RESPEK sebab merasa DIGURUI.


So....

GALILAH ILMU lalu terapkan hingga bertumbuh dan rindang BERBUAH. Kalau sudah begitu, tidak usah anda memberikan NASEHAT, niscaya orang lain akan berebut NASEHAT dari anda.

Salam
AB

Presented by Rahasia Kunci Sukses, rahasia belajar hikmah kehidupan. KLIK DISINI




Artikel Terkait



No comments:

Post a Comment