Jul 25, 2016

Jangan Berprasangka Buruk, Berbahaya..!!

Kecenderungan manusia adalah menilai sesuatu, padahal sesuatu itu belum ia lihat dan dengar sendiri. Ini dinamakan PRASANGKA. Jangan Berprasangka Buruk, Berbahaya..!! Dari sinilah seringkali munculnya permusuhan dan dendam.


Meskipun sudah melihat, apa yang kita lihat belum tentu seperti apa yang kita pikirkan. Jika ada seorang wanita sering pulang malam belum tentu ia wanita malam. Tahan diri tahan lisan dari berprasangka buruk.

Di dunia nyata BERBURUK sangka itu seperti sebuah kebiasaan. Apalagi IBU2 yang suka ngerumpi, ngomongin tetangga dan orang lain. Tajem dan pedas, padahal apa yang dikira sebagian besar adalah dusta. Sudah ditambah-tambah dengan hawa nafsunya sendiri.

Jagalah hati, jaga jiwa dari prasangka buruk, sebab ia adalah pemandu jalan kesesatan. Sedangkan jalan kesesatan ujungnya adalah kebinasaan.

Jagalah hati, jaga jiwa menuju TAQWA. Sebab TAQWA adalah jalan kebahagiaan. Jalan menuju surga dunia dan surga akherat Insya Allah

Allah swt berfirman

“Wahai orang-orang yang beriman, jauhilah oleh kalian kebanyakan dari persangkaan (zhan) karena sesungguhnya sebagian dari persangkaan itu merupakan dosa.” (Al-Hujurat: 12)

Dalam sebuah hadist dikatakan sbb

“Hati-hati kalian dari persangkaan yang buruk (zhan) karena zhan itu adalah ucapan yang paling dusta. Janganlah kalian mendengarkan ucapan orang lain dalam keadaan mereka tidak suka. Janganlah kalian mencari-cari aurat/cacat/cela orang lain. Jangan kalian berlomba-lomba untuk menguasai sesuatu. Janganlah kalian saling hasad, saling benci, dan saling membelakangi. Jadilah kalian hamba-hamba Allah yang bersaudara sebagaimana yang Dia perintahkan. Seorang muslim adalah saudara bagi muslim yang lain, maka janganlah ia menzalimi saudaranya, jangan pula tidak memberikan pertolongan/bantuan kepada saudaranya dan jangan merendahkannya. Takwa itu di sini, takwa itu di sini.” Beliau mengisyaratkan (menunjuk) ke arah dadanya. “Cukuplah seseorang dari kejelekan bila ia merendahkan saudaranya sesama muslim. Setiap muslim terhadap muslim yang lain, haram darahnya, kehormatan dan hartanya. Sesungguhnya Allah tidak melihat ke tubuh-tubuh kalian, tidak pula ke rupa kalian akan tetapi ia melihat ke hati-hati dan amalan kalian.” (HR. ِAl-Bukhari no. 6066 dan Muslim no. 6482)

Hadist diatas sebenarnya adalah reminder untuk diri saya sendiri yang sering terjerumus kepada BURUK SANGKA. Sekaligus doa dan harapan semoga kecenderungan ini bisa berkurang dan hilang.

Btw....

Kalau kata Cita Citata nyanyi sebuah lagu dengan judul SAKITNYA TUH DISINI. Kalau TAQWA TUH DISINI. Nunjuknya sama namun beda makna.

Ada yang hapal lagu Sakitnya Tuh Disini..?? Hehe

Wallahu A'lam

NB:

Presented by MAGIS7. Click here




Artikel Terkait



No comments:

Post a Comment