May 17, 2016

Cara Supaya Bisa Belajar Ikhlas Menghadapi Ujian

Mas Adhin,..Tetapi Dada ini masih berat sekali dalam menerima semua takdir, saya sudah memperbanyak ibadah sunah, tetapi tetep saja sering merasa kesal dan marah. Kenapa begini dan kenapa begitu. Trus putus asa lagi. Kalau sudah begitu saya zikir Allah dan Atagfirullah, ngaji yasin, saya terus coba ikhlas.

Ketika dimaki, dihina, memang saya salah. Saya juga bertobat atas hutang riba. Hutang2 inilah yang membuat saya menderita sekali. Bahkan temen2 saya yang saya pinjemin uang tetep menagih bunga, tanpa perduli keadaan saya saat ini. Mphon pencerahannya supaya saya bisa ikhlasss.

Jawab:

Diatas adalah keluhan, atau curhatan dari pembaca blog ini dan kalau tidak salah juga member RKS. Curhatan yang sangat wajar sehubungan dengan beban hidup yang semakin berat dirasakan.

Beban itu makin tambah berat saja, padahal beliau sudah berusaha semaksimal mungkin untuk menjadi orang yang baik-baik, gemar sedekah, gemar membantu orang lain, gemar ibadah dll. Tetapi apa yang salah ya??? Apa ya...????

Itulah yang kadang selalu ada dibenak kita..

Apa yang salah ya..?? Tentu saja ane tidak tahu, tapi cobalah sebelumnya baca 10 dosa besar penghalang rezeki dalam link disini. Silahkan dibaca dengan baik-baik. Setelah itu lakukan perenungan dan introspeksi diri.

Saya tidak hendak membahas tentang 10 dosa besar, namun lebih kepada How to belajar ikhlas..

Apakah mudah belajar Ikhlas..?? Faktanya tidak mudah. mungkin banyak yang mengatakan mudah, apalagi di dunia medsos, kayaknya guampang banget belajar ikhlas. Faktanya ikhlas itu perlu pemahaman dan perjuangan.

Orang yang ahli dzikir, ahli sholat, ahli sedekah dll saja kesulitan untuk belajar ikhlas, contohnya adalah sahabat diatas. Apalagi kita2 yang jarang sedekah, jarang dzikir dsb..

"Mudah Mas"

Iya mudah sebab belum merasakan secara real bagaimana ujian itu menerpa bertubi-tubi, misalnya hutang, kebangkrutan dll. Kalau sudah ngerasain apalagi sampai levelnya lumayan tinggi, jebol juga keikhlasanya.

Kalau tidak benar-benar memahami dengan sebaik-baiknya bahwa "HIDUP ADALAH UJIAN", maka akan tidak mudah untuk belajar ikhlas. Jadi kudu paham bahwa hidup adalah ujian.

Seberat apapun ujian hidup kita akan mengatakan, "Nggak apa-apa toh ini hanya ujian dari Allah swt, sebelum ada perubahan yang lebih baik"

Kalau kita tidak mau ikhlas artinya gagal ujian tersebut... Gagal ketika kita masih sakit hati, masih putus asa, masih kalut, masih cemas, masih kesal, masih marah dll. Kesemuanya tidak akan menjadi wasilah solusi malahan jadi asbab hidup makin kacau.

"Sabar sampai kapan Mas?"

Naah statement diatas artinya belum ikhlas poll sebab masih menanyakan sampai kapan. Tidak ada kapan-kapanan sebab kita tidak tahu kapan pertolongan datang.

Pointnya adalah woles saja, ikhlas saja, sampai kemudian lupa bahwa kita pernah berdoa supaya masalah hidup bisa terurai. Ketika kita lupa malah biasanya pertolongan yang amazing datang.

Wallahu A'lam

NB

Mau belajar ikhlas, sabar, syukur dan tawakal sebagai bagian dari ketangguhanjiwa? Bahasan detail tentang manajemen jiwa menuju ketangguhan ada dalam panduan Magis7. Klik disini kalau penasaran.

Sementara rahasia manajemen kesuksesan ada dalam panduan rahasia kunci sukses. Klik disini kalau penasaran juga.

Kalau sobat mau belajar bisnis sekaligus belajar KETANGGUHAN bisa di komunitas ane, Kampung Paytren,

Kampung Paytren Community, disinilah kita semua belajar
> Belajar memiliki KETANGGUHAN, kesabaran dan keikhlasan
> Belajar KEYAKINAN, optimis dan positif
> Belajar berbisnis sekaligus belajar berbagi dan memberi arti
> Belajar leadership/ kepemimpianan dalam tindakan nyata

Disini kita belajar segala KEBAIKAN dalam satu wadah komunitas Kampung Paytren...
-> Visit our Official Website: www.kampungpaytren.com
-> Kampung Paytren Nusantara: www.tim.kampungpaytren.com
-> Official Fanspage 1: https://www.facebook.com/abtreni/
-> Official Fanpage 2: https://www.facebook.com/KampungPaytrenNusantara/




Artikel Terkait



No comments:

Post a Comment