May 26, 2016

Belajar Secara Nyata Menjadi Pemimpin yang Memimpin

Pimpinan, pemimpin dan memimpin... Bingung khan? Yang jelas beda antara pimpinan dan pemimpin. Perbedaannya terletak kepada kharakter dan kharismanya. Simak ulasan tentang hal ini dalam artikel yang saya copas dari Jamil Azzaini Kubik Training. Silahkan dibaca baik-baik


By Jamil Azzaini, Direktur Kubik Group

Saya banyak menemukan fakta bahwa ternyata seorang pimpinan tidak selalu memimpin. Mereka punya SK, namanya tercantum sebagai pimpinan, mereka juga yang punya wewenang menandatangani surat-surat resmi tetapi fakta sesungguhnya mereka bukanlah seorang pemimpin. Labelnya pimpinan tetapi faktanya ia bukan pemimpin.

Adakah bedanya seorang pimpinan dengan pemimpin? Jelas ada dan tegas. Seorang pimpinan secara dejure dan tertulis memang resmi dilantik dan diangkat sebagai pimpinan sementara seorang pemimpin belum tentu punya SK atau dilantik secara resmi namun pengaruhnya justeru lebih kuat dibandingkan seorang pimpinan.
Seorang pimpinan sangat boleh jadi menguras energi anggota timnya. Setiap orang berusaha menghindar bertemu dengannya sebab setiap bertemu yang didapat adalah stres, sakit hati, demotivasi dan hal-hal buruk lannya. Anggota timnya bekerja tanpa ruh dan energi. Kerja hanya sekedar memenuhi job description yang sudah ditetapkan.

Sementara seorang pemimpin merupakan sumber energi bagi anggota timnya. Para anggota tim mendapat suntikan energi, semangat, ilmu, ide dan gagasan baru usai berjumpa dengannya. Anggota tim happy meski mendapat tugas, pekerjaan atau kegiatan baru yang besar dan menantang. Hasil pekerjaannya menjadi lebih berkualitas karena dilakukan dari lubuk hati terdalam. Pencapaian target lebih mudah diwujudkan dengan penuh suka cita.

Seorang pimpinan yang hanya bangga dengan statusnya sebagai pimpinan, biasanya memiliki dua ciri utama yaitu “dua ah” yang merupakan kependekan marah dan memerintah. Setiap bertemu dengan anggota tim sebagian besarnya adalah memerintah. Apabila tidak ada perintah, ia marah. Marah adalah perwujudan karena pimpinan itu tidak punya kafaah (kemampuan).

Ada pula kebiasaan pimpinan masa lalu yang sudah tertinggal namun masih sering digunakan seorang pimpinan, yaitu menunjukkan solusi. Ia merasa punya banyak pengalaman dan jam terbang, lebih banyak tahu dan paham tentang banyak persoalan yang akhirnya berujung kepada keinginannya untuk menjadi sumber solusi.

Padahal, trend terbaru model kepemimpinan adalah seorang pemimpin itu hanya menunjukkan berbagai alternatif jalan dan biarkan anggota timnya yang menemukan solusinya sendiri. Era yang berubah begitu cepat tidak boleh tergantung kepada pimpinan, semua pihak wajib bergerak dan menggerakkan ke arah yang hendak dituju. Dan yang bisa menggerakkan semua lini adalah pemimpin yang benar-benar memimpin, bukan yang hanya berstatus pimpinan.

Seorang pemimpin memang tidak harus menjadi pimpinan. Menurut saya, yang terbaik adalah pimpinan yang benar-benar menjadi pemimpin. Salah satu ciri utama pimpinan yang benar-benar menjadi pemimpin adalah IMPACTION. Keberadaanya memberikan IMPACT bagi peningkatan kinerja dan mendorong anggota timnya untuk ACTION meski tanpa kehadirannya.

Sudahkan Anda benar-benar menjadi pemimpin yang benar-benar memimpin?

......................................................................................................................................

Itulah artikel yang saya copas dari KubikTraining Jamil Azzaini.. Sebuah artikel yang bagus dan keren. Namun lebih keren lagi ketika praktek dilapangan, sebab sejatinya belajar menjadi pemimpin yang memimpin secara real itu perlu pengalaman.

Naah kami ada komunitas yang bertujuan untuk itu, yakni belajar menjadi pemimpin yang memimpin. Nama komunitasnya adalah Komunitas Kampung Paytren Nusantara.

Selain belajar leadership, disini kita belajar segala KEBAIKAN dalam satu wadah komunitas Kampung Paytren...
-> Visit our Official Website: www.kampungpaytren.com
-> Kampung Paytren Nusantara: www.tim.kampungpaytren.com
-> Official Fanspage 1: https://www.facebook.com/abtreni/
-> Official Fanpage 2: https://www.facebook.com/KampungPaytrenNusantara/

Silahkan kunjungi websitenya, atau mau chat dan ngobrol2 dulu dengan kami WA 088218128084. Monggo..

NB

Support system terbaru kami 2016 adalah web support www.kampungpaytren.net yang menggunakan script canggih. Terintegrasi dengan email pemberitahuan dan SMS notifikasi. Untuk melihat webnya silahkan buka web replika milik saya yakni www.eyang.kampungpaytren.net

Target kami di 2016 menciptakan 4 support system online yang bisa dimonitor dalam 1 member area. Artinya ada akan punya 1 member area dimana didalamnya berisi 3 atau 4 web support dengan nama domain yang berbeda.. 

Setelah anda daftar melalui kampung paytren maka anda juga akan mendapatkan web replika milik anda sendiri yang bisa di promosikan/ disebar di facebook, twitter, WA, BB, blog dan lain sebagainya.

Cara ini cukup ampuh untuk mengembangkan jaringan anda dan bisa dapat penghasilan secara online. Contoh sbb


Untuk pendaftaran melalui web replika silahkan klik www.eyang.kampungpaytren.net lalu klik daftar sekarang





Artikel Terkait



No comments:

Post a Comment