Apr 9, 2016

Kuda Binal, Drama Nafsu, Akal dan Hati pada Manusia Bag. 2

Mari kita bahas sekilas tentang ilmu MANAJEMEN JIWA (Nafs) atau Manajemen Nafsu. Ilmu ini puanjaaang jika dijelaskan dalam sebuah artikel. Oleh sebab itu saya membahasnya secara berkelanjutan seiring sejalan dengan proses perjalan hidup kami sendiri dalam sebuah panduan berbayar, di magis7. Hanya untuk yang berkenan saja, kalau belum berkenan tidak apa-apa.

Kali ini saya akan melanjutkan artikel bagian 2. Sebelum anda membacanya alangkah baiknya bagian 1 kudu dibaca terlebih dahulu. Silahkan baca bagian 1 disini

Artikel kali ini bertema KUDA BINAL. Mantap khan, keren khan..?? Hehe :)


"Kok kuda lagi seech...! Pakai binal lagi..!"
Ya nggak apa-apa, ini blog ane, kok sewot, hihihi...

Ini serie 1 nanti ada Kuda Binal seri 2, 3 dan seterusnya.. Mungkin.. hehe..

Membicarakan KUDA BINAL menarik banget, asli... Kalau bacanya khusuk, Insya Allah akan dapet hikmah yang dalam. Hikmah inilah yang akan merubah padangan dan pemahaman 180 derajad, may be.. Saya memakai istilah kuda binal agar supaya teman2 bisa mudah memahaminya.

Sebelumnya mari kita sepakat untuk sama-sama sepaham dengan 3 aktor kehidupan yaitu:

1. Kuda = Nafsu
2. Joki = Akal dan Hati
3. Syetan = Tokoh antagonis

"Kok Jokinya bukan manusia Bang..??". Sebab manusia itu terdiri dari NAFSU yang diapit oleh Akal dan Hati. Sementara JASAD adalah media atau wadah atau ember untuk menampung ke tiganya. Gampanganya ada Hardware (jasad fisik) ada software (jasad psikish)

Mari kita bahas lagi KUDA BINAL atau Nafsu yang mempunyai kecenderungan BINAL atau nakal atau sakarepe dewe.. Saking sakarepe dewe, konon dalam sebuah atsar NAFSU dibakar 1.000 tahun masih BINAL. Bakar lagi 1.000 tahun, setengah BINAL. Lalu dibakar lagi dalam api yang paling puanas selama 1.000 tahun barulah ia takluk.. Bayangin aja bagaimana BINAL nya sang KUDA.

Maksudnya apa..?? Maksudnya adalah semua manusia memiliki bagian penting dalam badan IMMATERI nya yaitu NAFSU yang BINAL.. Mau si manusia bodoh atau pinter tetap sedang menunggangi Kuda Binal... Kalaulah tidak ada akal dan hati maka NAFSU pada manusia itu persis sis sis dengan binatang. Nah lo..?? Catet yah..?

Celakanya KUDA BINAL inilah yang menemani kita bahkan menggendong kita didalam menjalani kehidupan dunia bahkan sampai akhirat. Yang memutuskan untuk jalan/ lari ngalor, ngidul, maju, mundur pun dengan segala konsekwensinya ya si Kuda ini.

Kesimpulan

Semua manusia memiliki NAFSU, sama kayak binatang. Nafsu inilah yang mencenderungkan dan memutuskan untuk melakukan sesuatu. Makan, minum, jalan-jalan, dan segala aktifitas kita sehari-hari dari A sampai Z sebenarnya diperintah oleh NAFSU. Nafsu adalah OBJEK.

Lalu dimana dan bagaimana peran akal dan hati..?? Bagaimana pula peran syetan sebagai tokoh antagonis..??

Bersambung...

Wallahu A'lam

NB:

Mempelajari tentang korelasi NAFSU, AKAL dan IMAN sangat penting bagi anda, sehingga perjalanan hidup kita semua semoga bisa lebih lurus dan mempunyai arah yang jelas. Ada rahasia manajemen NAFSU, memoles NAFSU sehingga beroleh kebahagiaan yang hakiki dunia akherat, Insya Allah.

Oleh sebab itu saya dengan usaha yang cukup lama mencoba merangkum pembelajaran dan panduan sensasional tentang perjalanan MANAJEMEN NAFSU dalam panduan magis7. Silahkan bagi yang berkenan untuk belajar bisa klik disini. Tapi ingat, panduan ini berbayar. Oleh sebab itu hanya bagi yang berkenan saja. Kalau sobat belum berkenan nggak apa-apa.

--> Ikuti FB baru saya di https://www.facebook.com/AdhinBusroAlHafiz
--> Twitter baru ane di https://twitter.com/Adhin_Busro
--> Contact WA: 088218128084 atau WA 08811123074 (NO CALL)
 


Artikel Terkait



No comments:

Post a Comment