Feb 16, 2016

Bertahanlah Sebab Ujian Istikomah itu Hanya di Tahun Pertama Saja

Apa itu Istikomah? Istikomah adalah teguh pendirian. Tetap positif meskipun suasana luar negatif. Tetap sabar meski suasana luar memancing emosi kita. Tetap melangkah maju meski banyak tantangan. Pokoknya apapun yang terjadi buruk atau buruk sekali tetap MAJU. Itulah kurang lebih makna dari istikomah.


Nah artikel kali ini akan membahas secara singkat tentang istikomah. Judul artikelnya Bertahanlah Sebab Ujian Istikomah itu Hanya di Tahun Pertama Saja, keren khan... :)

Belajar dari pengalaman UJIAN ISTIKOMAH itu biasanya ada di TAHUN PERTAMA. Tahun pertama itulah dimensi yang berat karena tiba-tiba harus masuk kecebur dalam DUNIA BARU yang asing dan nyata2 BERAT. Tetapi meski berat WAJIB dilalui kalau pengin lulus. Sebab kalau sukses melewati ujian pertama Insya Allah ujian berikutnya akan lebih mudah. Sayangnya berdasarkan pengamatan banyak yang gugur dalam ujian istikomah ini.

Contoh 1. Dunia Karier

Anggap saja si A naik karier dari SPV ke Manager. Biasanya ujian ISTIKOMAH atau uji nyali berlangsung kurang dari satu tahun. Kurang dari satu tahun itu benar-benar seperti neraka dunia. Komplain dari client, anak buah, target manajemen dsb benar-benar menjadi batu ujian apakah kita LAYAK atau tidak menjadi manager.

Contoh 2. Dunia Bisnis

Anggap saja si B sedang merintis bisnis baru. Biasanya ujiannya ada di tahun pertama. Kecapean karna kurang tidur, komplain pelanggan, karyawan yang buruk, menu atau pelayanan yang tidak stabil, keuntungan yang minim dsb. Ini benar-benar menguras pikiran dan juga menguras uang. Justru disinilah ujiannya, yakni kita MAMPU atau tidak untuk menjadi seorang pengusaha

Contoh 3. Dunia Sosial

Anggap saja si C terpilih menjadi ketua RT/ RW atau organisasi sosial lainnya. Biasanya ujian ada pada tahun pertama saja. Komplain warga, rapat sana sini, banyak omongan, banyak sumbangan dsb. Inilah etape yang berat dan menguras jiwa raga, namun jika lulus ke depannya akan jauh lebih mudah. Justru tahun pertama itulah ujian untuk kita apakah cukup TANGGUH atau tidak menjadi pemimpin sosial.

Dan fakta membuktikan ternyata UJIAN ISTIKOMAH itu nggak gampang. Sekali lagi berkaca kepada FAKTA bukan teori. Padahal kalau kita lulus ditahun pertama, maka TIBA2 ada perubahan dalam diri kita. Perubahan mental, kharakter, ketangguhan, keikhlasan dll.

Perubahan JIWA itulah yang menjadi syarat bagi kenaikan LEVEL kepada tangga berikutnya. Oleh sebab itu jika kita ingin menjadi seseorang yang TANGGUH, TEGAR, KUAT, KAYA dan MULIA maka mau tidak mau setiap level ujian kudu ada SERTIFIKAT KELULUSAN. Kalau nggak lulus atau nggak mau lulus, ya jangan komplain dengan kehidupan buruk kita sekarang

"Mosok sih....?"
+ Ya begitulah kira-kira

"Terus gimana.."

Tentu saja apapun kendalanya, apapun masalahnya tetap tegak berdiri. Tetap pada tujuan dan DOA awal yang sudah kadung dilantunkan. Misalnya saat ini harus mengemban jabatan yang berat, ya sudah jalanin aja.

Kalau ada tantangan, gangguan, kesulitan dan lain sebagainya itu memang WAJIB ADA. Mana ada ujian kenaikan level tidak ada tantangannya. Mana ada lancaaar terus. Justru kalau lancar terus itu malah tanda-tanda nggak baik.

Intinya apapun masalah anda sekarang, ane nggak peduli. TEGAKLAH untuk kemudian MAJULAH dan melangkah sesuai dengan DOA yang sudah pernah anda lantunkan.

Wallahu A'lam

NB

Ayuk gabung dengan kawan2 lainnya dalam pembelajaran Rahasia Kunci Sukses. Rahasia 360 hari menarik sukes. Klik disini

Kalau mau belajar 77 hari manajemen jiwa sehingga dengannya bisa menghadapi badai kehidupan, silahkan klik disini



Artikel Terkait



No comments:

Post a Comment