Jan 13, 2016

Inilah Keajaiban Ikhlas dan Sabar

Kali ini kita mau sedikit bahas tentang keajaiban Ikhlas. Dalam keikhlasan ada keajaiban yang dahsyat dan luar biasa. Dalam keikhlasan ada faktor X yang siap membantu kita, menuntaskan segala masalah kita sebesar apapun. 


Untuk memulai ulasan keajaiban ikhlas dan sabar saya hendak kasih analogi begini.

Klo kita dipaksa masuk dalam kobaran api, PASTI secara manusiawi tidak akan tahan. Paling hitungan kurang dari 5 menit langsung ambruk kemudian gosong.

But....!!

Kata ustadz hidup itu ujian, betul ya? Dan untungnya, ujian kehidupan itu bukan memasuki api yang berkobar. Oleh karena itu Kata ustadz, ujian hidup di dunia ini PASTI (sebenarnya) kita semua sanggup memikulnya. Kalau kemudian ada yang teriak "Aku tak sangguuup lagiiiii menghadapi semua iniiiii..!!!", sebenarnya lebay. Mungkin..

Konsep ujian hidup sebenarnya sederhana. Yakni RESPON ZERO terhadap takdir. Zero itu bermakna sabar, ikhlas atau nerima terhadap apapun takdir hidupnya baik atau buruk, sebagai bagian dari ketentuan Sang Pencipta. Nuuaaahhh Ikhlas atau nerima inilah yang mudah diucapkan namun pada prakteknya tidak semudah omongan.

Misal ada skenario takdir begini nih.....

"Saat ini kudu ada uang 1 juta untuk bayar anak sekolah, 2 juta untuk bayar cicilan rumah. Ditambah lagi kudu ada minimal 3 juta karena istrinya hendak melahirkan. Celakanya saat itu tidak ada uang sama sekali. Mau hutang kepada saudara/ teman segan, karena hutang sebelumnya aja belum dibayar. Mau nyolong takut digebugin orang. Buntu, seakan-akan dunia itu semakin menyempit, menyempit dan menyempit".

Pertanyaannya adalah, jika anda dalam posisi diatas apakah bisa benar-benar sabar dan ikhlas? Ketika dalam suasana negatif apakah kita masih tetap bisa berprasangka positif?

Jawabannya, andalah yang tahu..

Terlepas apapun respon anda, saya hendak menyampaikan bahwa dalam keikhlasan ada keajaiban. Tentu saja saya mengatakan ini karena merasakan dan menerapkan, meskipun levelnya masih belum apa-apa jika dibandingkan dengan orang waskita.

Keajaiban apa? Nantilah kisah2 ini saya ceritakan Insya Allah.

Kali ini saya hendak menyampaikan apa yang sudah disampaikan oleh Ustadz yakni sebuah Hadist Qudsy.

“Apabila seorang hamba berkata : lahaula walquwwata ilabillah (tiada daya  dan upaya kecuali dengan Allah). Maka Allah menajwab, “Hai para malaikat-ku, hambaku telah ikhlas berpasrah diri, maka batulah dia, tolong lah dia, dan sampaikan (penuhi) hajat keinginannya.”

Ket: Derajad hadist diluar kapasitas kami ya?

Wallahu A'lam

NB

Belajar ikhlas, sabar, syukur, tawakal dan rasa sejati lainnya hanya ada di panduan 77 hari magis7. Mau belajar? Caranya klik disini


Artikel Terkait



No comments:

Post a Comment