Jan 19, 2016

Hidup Adalah Ujian Bag 1, Penting Wajib Baca

Hidup adalah UJIAN.. Siapa yang sepakat dan siapa yang nggak sepakat? Saya yakin default dari sononya sepakat semuanya. Software pabrikannya sama, yakni mengerti bahwa hidup ini adalah ujian. Namun belum tentu jlentrehannya/ pembahasan detailnya faham. Oleh karena itu artikel ini semoga bisa menggetarkan software default anda untuk kemudian benar2 memahami konsep "Hidup Adalah Ujian"

Saya bisa saja mengemukakan banyak dalil tentang hal ini. Namun saya khawatir sobat malah ngantuk dan tertidur. Sebab apa? Sebab kalau sudah bicara masalah ayat dan dalil maka syetan akan sekuat tenaga ngelonin.. hehe

Kalau kita baca Al Qur'an maka akan menemukan sebuah khabar pada zaman azali, yakni ketika Allah swt menciptakan manusia bernama adam dan memperkenalkannya kepada Malaikat seluruhnya. Singkat cerita Malaikat tunduk patuh kepada perintah Allah swt untuk melayani manusia, sementara Iblis nggak mau. Begitu kurang lebihnya..

Kemudian berlalu sebuah proses dimana pada zaman azali ada sebuah agrrement yaitu AMANAH. Agreement itu ditolak oleh seluruh mahluk karena sangat takut dengan konsekwensinya yakni hukuman abadi. Kemudian agrreement itu diterima oleh manusia. Mengapa manusia menerima agreement besar ini? Karena begitulah manusia, suka tergoda. Apalagi kalau bisa menunaikan AMANAH maka akan menjadi mahluk tertinggi yang kemudian berada dalam kenikmatan abadi dalam surga.

Lalu kemudian untuk membuktikan AMANAH ini maka dikirimkanlah manusia ke dimensi dunia. Jadi ladang atau lahan ujiannya ada di dunia. Sederhana saja ujiannya yakni "Alastu Birobbikum" yakni mengesakan Tuhan YME. Itu mah gampang banget, apalagi ketika masih dijaman azali. Namun kemudian lain cerita ketika manusia sudah dikirim ke dimensi dunia untuk mengemban ujian.

Mengapa ceritanya bisa lain? Karena ingatan pada zaman azali tersebut sudah dihapuskan. Close book. Lagian yang namanya ujian dimana-mana close book. Mana ada ujian yang diijinkan nyontek. Nggak ada.

Nah Iblis yang ingkar kemudian menjadi tokoh antagonis, yakni mengajak manusia supaya tidak mengesakan Tuhan YME.

Btw ngantuk khan? Saya belum ngeluarin dalil lho.. kok udah ngantuk?

Okelah saya kasih analogi saja biar tidak ngantuk. Begini analoginya

.................................................................................................

Syahdan di sebuah sekolah yang sedang melaksanakan ujian

Pak Guru berjalan mengelilingi ruang kelas, sambil melihat-lihat jawaban soal-soal ujian yang sedang dikerjakan oleh anak muridnya. Ada yang menjawab dengan benar, ada yang setengah benar ada yang salah.

Pak Guru mendekati Si Jon, anak paling bandel disekolah tersebut. Beliau melihat Si Jon sedang mengerjakan soal-soal ujian. Terlihat banyak keringat keluar dari dahinya.

Semua jawaban soal Si Jon salah. Kemudian Pak Guru membatin, "Joooon ada apa denganmu naak? Kenapa selama ini kamu bandel banget. Disuruh belajar malah main PS. Dinasehatin malah ngelawan. Sekarang pas ujian akhir ini jawabanmu salah semua. Alamat kamu tidak lulus. Kasihan banget kamu Nak"

Pak Guru sayang banget sama Si Jon dan semua murid lainnya. Namun Pak Guru tidak mungkin membocorkan jawaban soal kepada Si Jon. Dan atau membocorkan jawaban soal kepada semua murid2nya supaya semuanya lulus dengan nilai sempurna. Sebab apa? Sebab saat itu adalah UJIAN KENAIKAN KELAS.

Dan semuanya (hasil penilaian) akan dibuka setelah ujian selesai. Ada yang menangis sebab tidak lulus dan ada yang bahagia sebab lulus ujian, salah satu murid yang tidak lulus adalah Si Jon...

Pertanyaan

Apakah Pak Guru bodoh sebab tidak membantu Si Jon mengerjakan ujian? Tentu tidak. pak Guru adalah orang terpandai, namun sengaja tidak membocorkan jawaba soal karena saat itu ujian

Apakah Pak Guru tidak sayang sama Jon? Bahkan sayang banget. Sebelum ujian sudah dikasih tahu berkali-kali namun Jin nya saja yang bandel

Ketika Jon tidak lulus ujian apakah pak Guru adalah orang yang harus disalahkan? Bukan, tetapi Si Jon itu sendiri yang harus disalahkan.

.........................................................................................................

Pesan moral

Menjadikan manusia ummat yang satu, dan atau menjadikan manusia semuanya masuk surga, dan atau menjadikan bumi ini sejuk dan damai tanpa perang dan atau segala hal lainnya sangat mudah bagi Allah. Tetapi mengapa DIA tidak melakukannya? Karena Allah swt sudah Berkehendak bahwa hidup di dunia ini adalah UJIAN..

Dan semua jawaban ujian di dunia ini akan dibuka selebar-lebarnya pada saat penilaian di padang Mahsyar. Ada yang menangis penuh penyesalan, ada juga yang bahagia dalam kenikmatan.

Naaah pembahasan berikutnya adalah sebuah tema yang menarik nih. Masih terkait dengan tema ujian

> Mengapa Allah swt memberikan musibah kepada kita dalam bentuk misalnya, kemiskinan, penyakit, gagal bisnis dll?
> Mengapa Allah swt tidak segera menjadikan kita kaya raya sementara yang tidak sholat malah rezekinya lancar?
> Mengapa musibah misalnya hutang tidak kunjung lunas bahkan bertambah bertambah dan bertambah terus?
> Bagaimana caranya supaya kita yakin akan Janji Allah swt
> Dll

Kita akan bahas beberapa hari lagi Insya Allah. Jangan kemana-mana tetap di www.adhinbusro.com

Wallahu A'lam

NB

Bagi kawan2 yang mau versi detail bisa belajar di panduan 360 hari rahasia kunci sukses. Caranya klik disini



Artikel Terkait



No comments:

Post a Comment