Jan 26, 2016

Belajar Menerapkan Ilmu yang Diketahui Sampai Menjadi Hikmah

Mengetahui sesuatu adalah hal yang sudah biasa dan banyak orang bisa melakukannya. Hapal sesuatu juga hal biasa dan banyak orang juga bisa. Namun mengetahui sesuatu kemudian menerapkan ilmu yang diketahui sampai kemudian mendapatkan hikmah ternyata hanya sedikit orang yang melakukan, mengalami dan merasakannya.

Image result for ilmu

Oleh karena itulah blog ini dibuat sebagai wasilah,

> Belajar ilmu
> Hapal ilmu
> Menerapkan Ilmu
> Mendapatkan hikmah dari ilmu yang diterapkan
> Sharing ilmu

Begitulah tujuan blog ini dibuat, dan sampai saat ini sudah berumur lebih dari 5 tahunan. Alhamdulillah nggak kerasa. Tentang mengetahui kemudian menerapkan saya ada sebuah tulisan yang berasal dari Aa'Gym atau Abdullah Gymnastiar berikut ini.

..........................................................................................

Pernah ada seorang tamu dari luar. Sesampainya di sini, saat hendak menyebrang jalan, ia memilih menyebrang di zebra cross meski jalanan sedang kosong. Ketika ditanya mengapa ia begitu, ia menjawab, “Banyak pendidikan yang orientasinya untuk ‘mengetahui’, tapi tidak banyak pendidikan yang orientasinya ‘melakukan apa yang diketahui’”.

Saudaraku, dari kejadian sederhana tersebut kita bisa memetik hikmah bahwa ajaran Islam bukanlah sesuatu yang berada di tempat yang sangat tinggi sehingga sulit dijangkau. Ajaran Islam merupakan ajaran yang sangat membumi dan dekat dengan keseharian kita. Oleh karena itu, ketika Siti Aisyah ditanya mengenai akhlak Rosululloh Saw., maka Siti Aisyah menjawab, “Akhlak Rosululloh adalah Al Quran..” (HR. Muslim)

Maka, ajaran Islam yang terkandung di dalam Al Quran itu sebenarnya sesuatu yang bisa dilakukan dalam keseharian kita, menjadi kebiasaan dan akhlak kita sebagai manusia. Lantas mengada masih ada saja orang yang ingkar dan enggan mengamalkan? Tiada lain adalah karena dorongan hawa nafsu yang dituruti.


Kita tahu bahwa lampu merah itu tanda harus berhenti, namun ada saja orang yang didorong hawa nafsu untuk menerobos hingga akhirnya ia pun celaka. Kita tahu khomr atau minuman keras itu haram, tapi ada saja orang yang menenggaknya hingga ia pun celaka. Demikian juga kita tahu tentang keutamaan sholat di awal waktu secara berjamaah, tentang keutamaan bersedekah, shaum dan ibadah-ibadah lainnya, namun tetap ada saja orang yang berat melaksanakannya.


..............................................................................................

Itulah apa yang disampaikan oleh Aa' Gym. Yuk belajar menerapkan ya? Apalagi yang ngomong Aa' Gym seorang dai kondang sedunia. Kalau saya yang ngomong terserah anda mau melakukan atau tidak, ini Aa' Gym harusnya beda.

Wallahu A'lam

Sumber disini

NB

Dipersembahkan oleh rahasia kunci sukses. Panduan 360 hari menarik sukses.



Artikel Terkait



No comments:

Post a Comment