Dec 18, 2015

Cara Allah Bercanda dengan Hamba_Nya

Allah swt itu Maha Bercanda, gitu kata UYM. Loh kok bercanda? Bagaimana caranya Allah bercanda dengan hamba_Nya?. Kalau mau tahu, baca saja langsung apa yang Ustad Yusuf Mansur tulis di salah satu artikel dalam website pribadi beliau www.yusufmansur.com. Sumbernya ada disini. Simak kisahnya bagaimana cara Allah bercanda sbb,

Yusuf Mansur

Paaaasss ga ada duit buat berangkat, motor habis bensin pula, eh ada yang minjem duit. Nolak ga enak, ngasih ya ga ada duit. “Tar sore deh. Atau malam. Coba balik lagi ya…”

Istri denger… “Kalo tar ga ada gimana…? Ini berangkat aja belom tentu…”. Gapapa. Ada Allah. Gimana Allah aja.

Gara-gara motor ga jalan, sebab bensin habis, jadi sempet dhuha. Lalu doa. “Ada-ada aja nih ya Allah… Lagi ga ada duit, eh ada yang dateng…”

Istri masuk kamar. “Yah, ada yang jemput tuh…”.

“Jemput…? Siapa yang jemput…?”

“Itu. Ponakan dateng. Sekalian ibu suruh anter ayah ke kantor…”

Jalan lah dia sama ponakannya. Dibonceng. Jalan ga jalan, bukan karena ada duit. Karena ada izin dan bantuan Allah.

Di jalan, ponakan bilang, motor ini mau dijual. Enteng pula jawab, “Coba tar di kantor. Kalo ada yang mau.” Sepanjang jalan dia shalawat. Ga ada judul ke motor. Sekedar shalawat aja. (Liat, sekadar aja, tokcer. Gimana ga sekedar).

Sampe kantor: “Om, saya langsung ke kampus ya. STNK sama kuncinya saya tinggal. Biar Om bawa nanti pulang. Saya ngalah.”

“Bawa aja. Masa udah dianter, lalu kamu malah naik angkot…”.

“Ga apa. Tante udah cerita Om ga ada duit sama sekali.”

“Sekalian siapa tau ada yang mau ni motor…”

Ga disangka. Prosesnya cepet sekali. Motor langsung ada yang mau. Langsung pulang sorenya nemuin ponakan. Langsung dibayar pula.

“Ini buat Om…” Ponakan ini nyodorin 500 ribu… Buat si Om.

Merasa ga enak, si Om langsung jawab… “”Wah… Jangan…! Jangan ragu-ragu… He he he… Makasih ya….”

Malamnya, orang yang dateng pagi tadi, dateng lagi. Sesuai omongannya, diberi 250 ribu. “Ini rizki kamu. Ga usah minjem….”

Siapa di balik semua ini?

Huwallaah… DIA lah Allah. Allah Bercanda sama kita-kita… Allah aturin semua kejadian… Kemaren lupa isi bensin, dan habis pula duitnya. Ga bisa ke kantor, dan ada yang dateng minjem.

Andai jawaban orang tadi, asem. “Kamu ini pagi-pagi minjem duit…! Ga tau apa kalo saya ga bisa ke kantor…? Ga ada bensin…!” Masih adakah pertolongan Allah baginya? Masih adakah kehendak Allah bagi-Nya? Sebagian jawab, engga ada.

Tapi semua jawaban masih rahasia. Bisa jadi Allah memberi bukan karena si orang ini. Artinya, perbuatan orang ini, ga ngaruh. Tapi lebih karena doa-doa sang istri. Agar suaminya diberi hidayah. Dan karenanya dapet lah hidayah itu. Sebab ga bisa ke kantor, suaminya tergerak dhuha. Lalu rangkaian candaan Allah, membuatnya paham Allah Maha Kuasa dan Mengatur.

Atau bisa juga bukan sebab keduanya, tapi sebab Allah pengen memberi pertolongan kepada ponakannya orang ini. Koq bisa? Ya. Bisa. Innahuu ‘alaa kulli syai-in qodiir. Allah Maha Kuasa. Allah benar-benar atur, agar ponakan ini nganter dan laku motornya.

Andai hari itu mau diulang lagi di keesokan harinya, yakni dhuha saban pagi, seperti apa rizkinya orang ini di kemudian hari?

Makasih buat yang udah nanya, pegimana itu Allah bercanda… Yah kira-kira beginilah jawabannya…

Dan memang, Allah Maha Bercanda… Bahkan buat yang bermaksiat, Allah tunjukkan Candaan-Nya…

Met beraktifitas..

NB

Presented: Rahasia Kunci Sukses, belajar 360 hari tentang rahasia sukses



Artikel Terkait



No comments:

Post a Comment