Dec 27, 2015

Antara Ujian, Hutang dan Uang/ Dana Ghoib

Tolong saya... Saya terlilit hutang habis kebangrutan. Saya hampir depresi. Semuanya menekan ingin dibayar segera, sedangkan waktu untuk sekarang belum ada dan tak mungkin kalau mengandalkan jualan jajanan saja. Apakah semacam ada dana Ghoib itu bener adanya? Tolong saya, apapun akan saya lakukan. (Pertanyaan sahabat by SMS)

Jawab:

 Image result for ujian hidup

Saya mendoakan semoga urusan (hutang dll) dimudahkan solusinya. Amin

Hutang sebagaimana kisah diatas sebagian dari ujian kehidupan. Ujian yang kadangkala membuat kita pusing, stress bahkan depresi. Semua menghadapinya baik orang awam maupun sekelas ustadz atau kyai sekalipun.

Dan semua pasti ada titik dimana titik itu titik mengharu biru. Titik krusial yang membuat hati goncang. Orang yang faham bahwa hidup adalah ujian saja tetap goncang hatinya tatkala menerima puncak ujian, apalagi kita2 yang orang biasa.

Pada titik krusial itulah menjadi jelas siapa2 yang yakin dan siapa yang ragu. Siapa yang beriman kepada Allah swt dan siapa yang beriman kepada syetan. Kalau tetap keukeuh dalam iman kepada Allah swt maka jaminannya adalah surga. Dalam hal ini solusi paling cantik yang pernah ada. Kalau ikut apa kata syetan maka solusi yang ditawarkan hanya fatamorgana.

Nah kisah diatas barangkali bisa di prediksi bahwa ybs lebih condong kepada syetan, karena mencari yang ghoib. Sebab kondisinya sangat kepepet lalu imannya goyah, tauhidnya hancur. Lalu berpindah kepada was-was syetan.

Apakah ia akan menemukan solusi. Biasanya solusi lebih kelihatan jelas, namun setelah didekati tidak lain dan tidak bukan hanyalah tipuan. Atau bahkan jurang yang akan menjatuhkan dan membinasakannya.

Kita tahu, saya tahu... Ujian itu seringkali memang berat. Pilihan antara Allah swt atau syetan memang sulit. Khususnya jika berada dalam keadaan real. Kalau ngomong mah fasih banget, namun kalau sudah berhadapan dengan kondisi nyata, saya jamin akan berbeda.

Terus solusi dari kisah diatas apa Mas?

Apa ya? Hehehe

Mungkin gini. Bertahanlah. Cobalah untuk percaya bahwa pertolongan Allah swt pasti akan datang? Kapan? Tidak pakai kapan2an. Bertahan aja.

"Berat Mas..........."

Siapa yang bilang ringan? Kalau saya dalam kondisi diatas pasti juga merasakan hal yang sama. Yakni tidak mudah untuk membuktikan keimanan. Meski tidak mudah kita kudu berjuang.

Bertahanlah meski banyak yang nagih. Tetapi sebelumnya IMAN kudu di cash. Ibadah ditingkatin. Amalan2 kudu digeberin, misalnya tahajud, dhuha sedekah dll. habis itu bertahan, jangan sampai jatuh dan keluar ring pertandingan.

Nanti juga akan merasakan kok. Bahwa pertolongan Allah itu nyata, meski di detik2 akhir. Trust me..

Wallahu A'lam

NB

Makanya belajar yuk. Belajar hikmah kehidupan dalam rahasia kunci sukses. Disini kita belajar tentang menarik rezeki, kesuksesan, kebahagiaan, kemuliaan dll. Silahkan klik disini.



Artikel Terkait



3 comments:

  1. Assallamuallaikum.....sbnernya sya tukar pikiran lwt @mail ap tpi ssah msuknya xi???

    ReplyDelete