Oct 1, 2015

Tanda-Tanda Naik Derajad Adalah Berbagai Masalah dan Ujian Hidup

Tiba2 saja angin bertiup dengan sangat kencang yang menyebabkan mayoritas orang ditempat tersebut lari kocar-kacir menyelamatkan apa saja yang bisa diselamatkan. Nampaknya menurut mereka alam sedang marah besar apalagi kemudian ditambah dengan awan gelap mulai menutupi angkasa. Dan tiba-tiba, "JLUUEEGERRRR" suara dari langit memecah angkasa raya dan menggetarkan bumi.

Mereka semua berteriak, histeris dan ketakutan. Masing-masing jiwa menyelamatkan diri menghindari amukan alam kecuali satu orang saja yang tetap berdiri tegap. Dia tetap kokoh dalam badai di hari itu. Siapakah dia? Ternyata dia adalah anda... Wow mantap..

Tak berselang lama air tumpah ruah ke bumi membasahi tanah yang gersang, kering kerontang. Biji-biji mulau tumbuh, berkecambah dan memunculkan keindahan padang hijau mempesona.

Tahukah anda apa yang terjadi? Ternyata mereka meminta HUJAN, namun turunnya hujan didahului dengan angin, awan hitam dan guntur yang menggelegar. Nyatanya hanya segelintir manusia yang sanggup berprasangka baik didalam proses DOA, dan ternyata orang itu adalah ANDA.. Keren..

Inilah pembukaan artikel yang hendak saya tulis, semoga endingnya tidak kepanjangan sebagaimana artikel2 sebelumnya.. Hehehe.. Soalnya kadang2 kalau sudah nulis adaaa aja yang ditulis sampai berlembar2, padahal niat awal cuma satu lembar saja.

Back to laptop

Ane pernah dicurhati sama teman, yang intinya mengeluh dengan keadaan hidupnya

"Mas tolong bantu saya, amalan atau doa apa supaya saya bisa lepas dari musibah ini. Hutang saya sudah menumpuk Mas. Sementara saya harus melunasinya minggu depan, padahal nggak ada uang sama sekali. Kalau saya nggak ngelunasin diancam dengan penjara Mas. Stress saya.. Saya nggak mau keluarga saya menderita. Anak saya masih kecil-kecil Mas?"

Banyakin Istighfar saja Om.. Banyakin doa dan geber ibadah semoga ujiannya lekas pergi

"Udah Mas, saya udah doa, udah sedekah, udah ibadah namun kenyataannya hutang malah nambah banyak. Kok bisa begini ya? Mana saya sering cekcok dengan istri gara2 hal ini. Tolonglah saya Mas, gimana caranya bisa lepas dari ujian ini. Saya hanya ingin hutang lunas dan hidup tenang meskipun apa adanya"

Masak? Ciyuuusss??

"Iya Mas, yang penting hutang lunas. Hidup tenang sehingga bisa ibadah dengan tenang pula. Kasihan anak-anak saya Mas. Kasihan keluarga saya"

Tahukah sobat bahwa yang bersangkutan seiring proses hutangnya sudah lunas? Lalu apakah dia kemudian hidup tenang? Faktanya nggak.. Tetap saja ia mengeluh karena meskipun tidak punya hutang lagi namun hidupnya pas-pasan.

Saya tidak hendak membahas lebih detail tentang curhatan kawan saya ini ntar takut kepanjangan artikelnya :). Saya hanya ingin sobat membandingkan antara cerita HUJAN diawal2 saya nulis, sama kisah kawan saya ini. Coba cek lagi ada korelasi nggak?

Kalau sobat ngebaca dengan teliti maka ada hubungan yang sangat erat. Turunnya hujan diawali dengan peristiwa yang menurut sebagian besar orang menakutkan. Yakni adanya angin kencang, awan hitam dan guntur menggelegar. Demikian juga ketika Allah swt hendak menaikkan derajad seorang hamba maka DIA akan memberikan masalah dan ujian hidup.

Baca ini....



Oleh karenanya kadang2 kita kudu banyak belajar dari alam. Baca pesan2 dan tanda2 alam Insya Allah akan mendapatkan sebuah pemahaman yang sangat penting. Kadang2 sobat perlu tuh keluar malam-malam kemudian liatiiin bintang dilangit. Atau pergi ke pinggir hutan dan melihat pohon2nan atau gemericik air. Ini namanya tafakur alam semesta. Jajal deh, siapa tahu dapat ilham.

Back to laptop again..

Paradigma... The way of thingking.. atau bahasa sederhanannya adalah prasangka. Mulailah dari saat ini kita mencoba menggeser prasangka terhadap ujian dan masalah hidup. Jangan lari ketika ada masalah namun mulailah belajar meyakini bahwa dibalik masalah ada sebuah hikmah. Hadapi saja masalah seberat apapun dengan prasangka dan keyakinan positif bahwa Allah swt hendak memberikan pengajaran.

Sekali lagi Allah swt hendak memberikan pengajaran sebelum menaikkan derajad kita. Allah hendak memberikan tes sebelum kita naik kelas. Oleh karena itu dimulai dari prasangka positif yang mana menjadi pemicu tindakan positif. Nanti berangsur-angsur kita akan melihat kemudahan dibalik kesulitan.

Karena memang begitu kok? Berbagai masalah hidup itu mendatangi kita namun sebenarnya ia membonceng banyak kemudahan dibelakangnya. Cuman karena kita selalu saja fokus kepada kesulitan jadinya kemudahan itu nggak nampak. Yang seharusnya derajad dan kemuliaan kita bisa naik, jadi nggak naik-naik karena yang dilihat selalu saja penderitaan akibat masalah tersebut.

Mari sama-sama merenungkan firman Allah swt berikut ini,
Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahanSesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.” (QS. Alam Nasyroh: 5-6).

Keren banget deh, why? Karena satu kesulitan datang membawa 2 kemudahan. Ini bukan kata saya lho? Ini apa kata Allah dalam firman_Nya yang 100% merupakan garansi mutlak tanpa keraguan.

Naaah sobat tahu sekarang khan? Oleh karena itu ketika datang masalah dan ujian hidup maka jangan lari. Tidak perlu lemah dan putus asa, namun ucapkan begini..

"Wuiiih ada masalah lagi nih. Hutang nambah lagi, aset terancam disita, keluarga terancam berantakan. Malahan ane dapat ancaman masuk penjara. Ckckck keren banget deh. Nggak kebayang bagaimana Allah swt akan mengangkat derajad saya jika lulus ujian ini. Makasih ya Robb, udah perhatian, sudah kasih kami tanda-tanda penuh berkah ini, disaat orang lain tidak diberikan. Kuatkanlah kami sehingga kami bisa memanggul ujian yang sensasional ini." 

Ucapkan diatas sajadah. Ucapkan saja nggak apa-apa, nggak usah malu-malu. Ucapkan syukur kepada_Nya meskipun saat itu air mata anda berderai-derai. Justru saat itu kedekatan anda dengan Sang Pencipta sungguh2 tidak bisa dilukiskan dengan kata-kata. Beneran.. Why kenapa? Karena ane dahulu juga ngucapin ucapan syukur sebagaimana demikian.

Dann... Daann... Daaaannnn... Bersambung.. hehehe. Sambungannya silahkan lihat apa yang terjadi pada hidup anda kedepan.

Wallahu A'lam

NB

Kayaknya sobat perlu belajar lagi deh. Sama dengan ane :). Sobat kudu tahu tanda2 atau datangnya pesan sebelum adanya realitas takdir. Yuk belajar dari 2 panduan luar biasa yang sudah ane susun betahun-tahun
  • Rahasia Kunci Sukses. Bagi yang ingin belajar hikmah dan pemahaman tentang rezeki. Duit lah bahasanya
  • Magis7. Bagi kawan2 yang mau belajar manajemen hati. Misalnya gimana bisa tangguh, tegar, hebat, dahsyat dsb ketika menghadapi takdir yang tidak sesuai keinginan. Ujung2nya hebat beneran Insya Allah
Klik aja linknya diatas ya?



Artikel Terkait



No comments:

Post a Comment