Oct 3, 2015

Rahasia Ucapan Syukur Alhamdulillah

Salah satu doa yang paling bagus, paling baik, paling mustajab, singkat dan pasti sudah pada hafal semua adalah ucapan hamdalah, "Alhamdulillaah". Why kenapa? Karena hamdalah adalah bentuk kepasrahan dalam bingkau rasa syukur seorang hamba terhadap segala takdir baik atau buruk. Sedangkan kepasrahan adalah bentuk keyakinan bahwa tidaklah mungkin Allah swt akan menyalahi Janji_Nya.

Coba dibaca quote dibawah ini,



Ucapan hamdalah merupakan bentuk rasa syukur akan segala nikmat yang sudah diberikan oleh Sang Pencipta. Artinya memahami bahwa segala apa yang dinikmati baik besar atau kecil, menyadari atau tidak disadari merupakan pemberian dari Tuhan Semesta Alam.

Ucapan hamdalah itu keren banget. Hanya tulus diucapkan oleh mereka yang benar-benar memahami sebuah hikmah. Misalnya,
  • Dikasih rezeki melimpah mengucap syukur. Namun tidak lupa diri kemudian menuruti hawa nafsunya
  • Dikasih rezeki seret tetap mengucap syukur. Karena yakin ada saatnya rezeki lancar
  • Dikasih sehat mengucap syukur, dan memanfaatkan kondisi sehat untuk banyak melakukan amal ibadah
  • Dikasih sakit mengucap syukur. Karena memahami bahwa sakit adalah penggugur dosa
  • Dikasih hutang tetap mengucap syukur. Karena meyakini ini hanyalah ujian sebelum dikayakan

Makanya segala urusan kaum muslimin itu mengagumkan banget. Karena disaat kita diberikan ujian lalu bersabar maka itu baik baginya. Sebaliknya ketika diberikan nikmat karunia lalu kita bersyukur ini juga baik bagi kita. Semuanya baik, semuanya mengagumkan.

Oleh karena itu dawamkan terus ucapan syukur ini apapun yang terjadi. Meskipun pada saat kita berdoa supaya hutang lunas, namun seiring proses malah hutangnya makin menumpuk, syukurin aja.. hehe. Toh walau hutang nambah terus namun kita masih bisa makan, masih sehat, masih bisa ibadah dsb.

Hutang makin numpuk saat kita berdoa minta lunas hutang adalah ujian. Yakni seberapa yakin sih kita sama pertolongan Allah swt?. Ikutin aja sambil terus mengucap syukur. Syukur tiada akhir..

Pasrahin aja, nikmatin aja.. Kita tidak tahu skenario apa yang akan terjadi selanjutnya. Kalau kita mengeluh, komplain dan mulai meragukan doa kita sendiri maka hasil akhir pasti semakin buruk. Akan jauuuh lebih baik meyakini bahwa Allah swt mempunyai cara_Nya sendiri untuk menolong kita semua, yang mana cara itu seringkali tidak mampu kita jangkau.

Kita sering mendengar tausiyah dari Kyai terkait dengan syukur ini, yakni firman Allah swt dalam QS Ibrahim: 7

"Sesungguhnya jika kamu bersyukur, maka akan Aku tambah (nikmat) kepadamu. Tapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), sesungguhnya azab-Ku sangat pedih." (QS. Ibrahim: 7)

Naaah udah tahu sekarang khan? Udahlah nggak usah banyak tanya, tidak perlu banyak mengeluh apalagi putus asa apapun kejadiannya. Syukurin aja. Karena syukur inilah kunci dari grafik linier yang positif yakni kebaikan demi kebaikan sekarang dan seterusnya.

Ketika takdir buruk ucapkan, "Thanks God, makasih ya Robb, ini dari sisi Engkau sebagai bentuk ujian buat kami". Ketika takdir baik ucapkan juga, "Thanks God, ini dari sisi Engkau, Alhamdulillah". Kalau sudah begitu hati akan tenang dan tidak grusa-grusu. Sedangkan ketenangan hati adalah hakikatnya ketenangan jiwa. Dan jiwa-jiwa yang tenang itulah sebuah keadaan dimana kita semua layak untuk masuk kepada dimensi surga dunia akherat.

Sebagaimana kita semua juga sering mendengar ceramah dari Ustadz, terkait dengan firman Allah swt berikut ini,

Hai jiwa yang tenang, kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang puas lagi diridhai; lalu masuklah ke dalam jemaah hamba-hamba-Ku, dan masuklah ke dalam surga-Ku (QS al-Fajr: 27-30).

Oleh karena itu terakhir yuk belajar untuk mengucap syukur dan berterimakasih kepada Allah swt apapun yang terjadi. Ini nyata2 tidak mudah dan perlu latihan dan pemahaman yang menyeluruh. "Masak bisnis bangkrut malah bersyukur?". Nah nggak mudah khan? Makanya terus saja belajar dan belajar meyakini bahwa segala sesuatu terjadi atas ijin Allah swt, sehingga kita lebih mudah mengucap syukur. 

Kemudian belajar meyakini bahwa skenario Allah swt pasti selalu yang terbaik buat hamba-hamba_Nya yang pandai bersyukur. Dan selaluuuu saja happy ending.. Mantap khan?

NB

Kayaknya kita perlu belajar manajemen hati lebih dalam neh? Supaya kita memahami hikmah kehidupan ini yang nyata2 luar biasa amazing. Klo mau belajar silahkan belajar dalam panduan 77 hari magis7, klik disini



Artikel Terkait



1 comment:

  1. Kalimat Tahmid atau hamdalah adalah sebuah kalimat mulia yang dilafalkan "Alhamdulillah" yang berarti "Segala puji hanya untuk Allah" merupakan ungkapa syukur seorang muslim atas karunia Allah. Dan sangat layak diucapkan dalam keadaan apapun juga karena apapun yang kita alami sudah digariskan oleh Allah dan nikmat Allah manalagi yang akan kita dustakan?

    Kalau boleh mohon izin nitip blog usaha produksi souvenir saya
    Kasellkreatif Souvenir dan Percetakan

    Kasellkreatif Blog Harian Produksi Souvenir

    Pin, Mug, Gantungan Kunci, ID Card, Kaos, Jaket, Label Karet, Gelang Karet Rubber, Jam Dinding Promosi, Bahan Baku, Cara Pesan, Kontak Kasellkreatif

    ReplyDelete