Oct 11, 2015

Bolehkah Sedekah dengan Niat Agar Cepat Kaya?

Apakah sedekah bisa menjadi wasilah/ jalan supaya cepat kaya? Jawab: Bisa biidznillah. Apakah salah niat sedekah supaya cepat kaya? Jawab: sedekah aja silahkan. Jika niatnya agar supaya bisa cepat kaya ntar khawatirnya hanya itu yang didapatkan. Niatnya tetap menjalankan perintah Allah, sementara masalah hitung2an serahkan kepada_Nya.

Kalau kekayaan dijadikan motivasi sedekah itu bagus. Tetapi tetap saja niat kudu dilurusin. Fokusnya hanya kepada Allah swt yang memberikan kekayaan dengan wasilah sedekah. Why? Karena seringkali yang menjadi fokus kita adalah duit berlipat ganda selepas sedekah. Udah lepasin aja jangan terlalu diingat-ingat. Ntar stress gimana?

Sobat paham tentang "FOKUS" nggak? Khawatirnya setelah sudah ane jelasin panjang lebar, lalu persepsi kawan2 semua keliru. Terus nanya lagi, nanya lagi dan nanya lagi... Khan kasihan yang dikasih rentetan pertanyaan terus menerus..

Jadi fokus yang dilihat adalah,
  • Wajah Allah swt
  • Perkataan/ firman Allah swt
  • Keyakinan kepada Allah swt
  • Janji Allah swt
  • Ridho Allah swt

Jadi itu... Jangan yang lain. Fokusnya satu. Atau satu-satunya atau tunggal hanya menghadap apapun perkataan/ firman Allah swt, sehingga menjadi wasilah Allah ridho. Gitu kurang lebih.

Masalah kaya setelah sedekah itu khan hanya mata rantai saja. Dan mata rantai itu adalah kepastian mutlak. Kita seringkali begini.. Setelah sedekah 1.000 bayangannya uang jutaan, rumah, mobil dan berbagai kelimpahan lainnya. Yaaaaah, untuk awal2 belajar boleh lah. Tapi menurut orang waskita itu salah. Itu baru sekuku jari dari keimanan barangkali.

Simak apa kata Guru saya Ustad Yusuf Mansur berikut ini,

sedekah karna ingin kaya

Sedekah emang bisa bikin kaya. InsyaaAllah. Tapi menjadi kaya, baiknya jangan dijadikan alasan untuk bersedekah.

InsyaaAllah sebagai motivasi, oke. Good. Itu juga dari Allah.

Tapi hendaknya lakukan untuk sesuatu yang lebih dari sekedar jadi kaya.

Dan satu hal… Jadi kaya itu, pelan-pelan aja. Natural. Jangan kelewat cepet juga. Tar jadi masalah. Ga nikmat juga.

Tangga bertangga. Ada jatuh bangunnya. Ada gubrak gubraknya. Ada cerita mengharu birunya. InsyaaAllah saat jadi kaya nantinya, ga lupa diri, dan tetap nginjak bumi.

................................................................................

The last... Memang benar bahwa kita sedang susah, uang atau rezeki susah. Kemudian kita pengin sedekah dengan harapan agar bisa menjadi kaya dalam waktu cepat. Ini semua karena terpengaruh keadaan/ takdir yang berat.

Ya udah sedekah aja barang yang anda cintai. Jangan sesuatu yang cere, atau kecil. Totalitas aja. Kemudian kedepan mulailah belajar. Yakni belajar menerima kesusahan tersebut sebagai bagian dari pemberian/ ujian/ tes dari Allah swt. Terima aja.. Seringkali hidup kita tidak juga berubah karena kitanya nggak mau nerima keadaan berat tersebut.

Sekali lagi sambil terus saja belajar menata hati, manata jiwa. Belajar pemahaman, belajar olah rasa. Sampai kepada satu simpul fokus tujuan, yakni semua apa yang kita lakukan yang dilihat hanya wajah Allah swt saja. Bukan result, bukan wasilah, bukan cara.

Semoga faham..

Wallahu A'lam

NB

Belajar olahrasa perlu pemahaman lho? Yang mau belajar manajemen rasa ini silahkan ikuti panduan 77 hari magis7. Klik disini



Artikel Terkait



3 comments:

  1. E
    saya menghidupi anak 8 pingin hidup layak untuk biaya hidup saja gk cukup.apa dgn sedekah bs merubah ekonomi saya.saya hny seorang supir

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anak adlh amanah....insyaalloh..setiap apa yang amanahkan pada kita klo ..kita ikhlas .menjalankan amanah itu...seribu jalan rezeki akan terbuka..

      Delete
  2. simak...Bagus x infonya gan , sekarang udah ngerti ...thx ya..

    prediksi bola

    ReplyDelete