Sep 7, 2015

Kisah dan Hikmah Besar Berkurban pada Hari Raya Kurban

Pengurbanan adalah mengikhlaskan sebagian milik kita kepada orang lain demi sebuah kebaikan. Namanya saja pengorbanan tentu saja berat melakukannya. Kalau tidak disebabkan ada iming2 tertentu maka jarang orang yang mau melakukannya dengan ikhlas. Nggak percaya?

Saya kasih bukti..

Saudara punya mobil, baru 3 bulan kemarin mampu kebeli. Lalu ujug2 ada orang yang memerintahkan buat ngasih itu mobil kepada orang lain yang lebih butuh. Apakah kita ikhlas memberikan mobil kita? Tentu nggak. Kecuali orang tersebut menjanjikan dengan sebuah jaminan bahwa ia akan mengganti mobil kita dengan yang lebih mewah, lebih canggih dan lebih baru.

 Image result for hari raya qurban

Demikian pula kurban pada hari raya idhul adha, dimana kurban disini artinya mengurbankan hewan ternak milik kita atau hewan ternak yang mampu kita beli dengan uang hasil jerih payah kita. Kemudian daging kurban tersebut diberikan kepada orang lain khususnya yang selama ini jarang memakan daging.

Kalau tidak disebabkan oleh perintah Tuhan YME, kemudian ada reward yang dihasilkan jika kita ikhlas berkurban, niscaya hanya sedikit saja orang yang mau melakukannya.

Meskipun Tuhan YME menjanjikan adanya reward yang lebih besar daripada kurban yang kita persembahkan, tetap saja ada orang yang enggan melakukannya, padahal ia mampu. Mereka lebih suka melihat dari sudut pandang kehilangan sementara daripada reward yang akan didapatkan nantinya.

Namun ada juga orang yang sebenarnya kepayahan didalam berkurban namun bertekad untuk berusaha keras mengumpulkan uang sehingga mampu berkurban. Mereka yakin seyakin-yakinnya kepada Allah swt, bahwa kurban yang dipersembahkan nantinya akan menjadi wasilah kemudahan dan pertolongan_Nya.

Saya kenal dengan salah satu sahabat kami, dimana beliau rela berkurban sapi (urunan sapi), padahal secara ekonomi sebenarnya ia kurang mampu pada saat itu. Ia rela menghabiskan uang dibuku tabungannya padahal beberapa bulan setelah hari raya kurban ia wajib untuk melunasi hutang2nya pun dengan kebutuhan pendidikan anak-anaknya.

Namun sahabat saya ini nekad urunan kurban dengan keyakinan bahwa apa yang menjadi kebutuhannya beberapa bulan kemudian Insya Allah akan dipenuhi.

Kalau ia enggan berkurban tetap saja uangnya sangat kurang untuk melunasi hutang, biaya pendidikan serta kelahiran anaknya, oleh karena itu ia habiskan saja uangnya untuk berkurban. Memang secara matematika dan logika, makin nggak akan ketemu tuh. But faktanya berkata sebaliknya.

Dan faktanya beliau yakni sahabat saya ini pada hari H melunasi hutangnya ada saja rezeki. Pun dengan biaya pendidikan anak dan kelahiran putra keduanya, ada saja rezeki yang mengalir.

Yang saya jelaskan diatas cuma secuil saja reward ketika kita ikhlas berkurban. Tentu saja masih banyak reward2 lainnya. Apa reward itu?

Simak apa yang ditulis dalam akun FB dari Ust Arifin Ilham berikut ini,

Assalaamu alaikum wa rahmatullahi wa barkaatuhu. Kembali abang share Hikmah Qurban bagi hamba Allah yg beriman, 

1. Bukti nyata bersyukur,
"Supaya mrk menyebut nama Allah atas apa yang Allah rizkikan kepada mereka berupa binatang ternak" (QS. Al Hajj : 34).


2. Bukti cinta kepada Allah,
"Kalian tidak akan meraih kebaikan sempurna kecuali infakkan apa yg paling kalian cintai..." (QS Al Baqoroh 93).


3. Bukti sebagai hamba yang bertaqwa,
"Daging-daging unta dan darahnya itu sekali-sekali tidak dapat mencapai (keridhaan) Allah, tetapi ketaqwaan dari kamulah yang dapat mencapainya" (Al - Hajj :37). 


4. Berhak beribadah kepada Allah,
"Barang siapa yang mempunyai keluasan (harta) dan tidak mau berkurban, maka janganlah mendekati tempat shalat kami!" (HR. Ahmad, Ibnu Majah, Al Hakim, Ad Daruquthni dan Al-Baihaqi).


5. Meraih ampunan dosa,
"Fatimah, berdirilah dan saksikan hewan sembelihanmu itu. Sesungguhnya kamu diampuni pada saat awal tetesan darah itu dari dosa-dosa yang kamu lakukan... (HR. Abu Daud dan At-Tirmizi).


6. Pahala besar,
"Pada tiap-tiap lembar bulunya itu kita memperoleh satu kebaikan" (HR. Ahmad dan Ibnu Majah).


7. Hewan qurban bersaksi,
Sesungguhnya ia (hewan qurban) akan datang pada hari kiamat dengan tanduk, kuku dan bulu-bulunya. Dan sesungguhnya darah hewan qurban akan jatuh pada sebuah tempat didekat Allah sebelum darah mengalir menyentuh tanah. Maka berbahagialah jiwa dengannya". (HR. At Tirmidzi, Ibnu Majah dan Al Hakim)


....................................................................

Pertanyaanya adalah, apakah tahun ini sobat berkurban sapi apa kambing? Atau malah enggan berkurban? Wallahu A'lam

N/B

Pengurbanan adalah skil didalam manajemen nafsu. Nah ada panduan magis7 yakni panduan manajemen nafsu untuk menghasilkan result/ reward yang jauh lebih baik. Kalau berkenan mengikuti panduan ini silahkan klik link ini.



Artikel Terkait



No comments:

Post a Comment

Automatic Network Money Machine