Sep 1, 2015

Doa Dulu Apa Ikhtiar Dulu?

Jika sobat dikasih pertanyaan, Doa dulu apa ikhtiar dulu? Apa jawaban saudara? Bingung khan?. Sekali lagi doa dulu apa ikhtiar dulu? Dari pada sobat bingung lebih baik simak saja penjelasan singkat saya. Bukan urusan setuju atau nggak setuju, baca aja dulu.. :)

Yang mana dulu?

> Ikhtiar dulu yang maksimal, baru doa
> Doa dulu baru ikhtiar maksimal
> Doa dan ikhtiar maksimal harus seimbang
Atau..
> Ikhtiar adalah segala2nya penyebab hasil
> Doa adalah segala2nya pemicu ikhtiar

Semua punya keyakinan masing-masing, silahkan saja, nggak usah berdebat.. Namun bagi saya begini...

Tetapkan tujuan/ misi, misalnya "saya mau jadi pengusaha sukses". Kemudian doa, doa dan doaaaa aja terus dalam bingkai ibadah. Atau geber ibadah dimana muatannya adalah doa. Jangan lupa, taruh tujuan/ impian itu di depan mata kita, jangan sampai bergeser.

Sampai kapan doanya? Sampai satu persatu (seiring waktu) bahan/ ingredients/ bumbu2 untuk jadi pengusaha muncul dalam hidup kita menjadi takdir. Saat itulah kita lakukan eksekusi dalam bentuk ikhtiar yakni meracik bumbu2 tersebut. Apa bumbu2nya?

P
E
NG
U
S
A
H
A
S
U
K
S
E
S

Jangan berhenti alias istikomah sampai ketemu dengan bumbu2 tersebut dengan lengkap. Apakah pasti ketemu? YA.. 100% pasti ketemu, sesuai kehendak_Nya, bukan sesuai keinginan kita.

Insya Allah seiring doa akan ketemu huruf P, lalu seiring doa lagi akan ketemu huruf E, NG, U, S, A, H, A dan seterusnya sampai lengkap. 

Jadi jawabannya doa dulu apa ikhtiar dulu?

Doa dulu, doa lagi dan doa terus. Nggak ada urusan dengan ikhtiar. Ikhtiar dll adalah satu parameter yang otomatis dijelmakan untuk kita eksekusi ketika doa sudah mulai berbuah.

Maksudnya apa?

Maksudnya adalah, ikhtiar itu pasti akan muncul menjadi ikhtiar terbaik yang bisa kita lakukan jika sebelumnya diawali dengan doa. Dan doa itupun kudu sampai pada level merasakan keyakinan yang nyata, atau bahasa arabnya iman, yakni yakin kepada cara-cara Allah swt.

Tetapi itu tadi ada syarat lainnya, yakni taruh impian anda persis beberapa inchi didepan mata anda, sekarang dan seterusnya jangan sampai bergeser.

Udah nggak usah berdebat, silahkan dengan keyakinan sobat semua

Kalau masih bingung ikutan program ane aja di rahasia kunci sukses. Insya Allah akan mendapatkan pemahaman yang menyeluruh.



Artikel Terkait



1 comment:

  1. Pada saya yang paling baik adalah serahkan dulu urusan pada Allah baru buat usaha, contoh ketika hendak mencari pekerjaan,banyak2 dulu berdoa dan bermunajat kepada Allah baru berangkat mencari dimana adanya lobang2 kerja, maknanya Doa dulu(serahkan urusan pada Allah) baru berusaha.

    ReplyDelete