Sep 3, 2015

Cara Melakukan Manajemen Hati

Kali ini kita mau sedikit membahas masalah hati. Hati itu apa yang ada dalam dada. Ada kerancuan bahasa disini yakni keracuan secara fisik, karena ada yang mengatakan hati, namun sebenarnya jantung. Khan bahasa inggris hati bukan liver tetapi heart. Namun kita nggak akan ribut tentang bahasa, akan tetapi fokus kepada hati secara hakikat.

 Image result for hati

Hati itu... Mmmmmmm apa ya penjelasan yang mudah dipahami oleh kita-kita. Karena secara sekilas kita tidak akan pernah mempersoalkan hal ini, namun ketika dibahas lebih dalam ternyata ada sesuatu. Apalagi kalau harus menjelaskan secara sederhana, apa itu hati.

Nantilah saya bahas, hehehe. Soalnya belum nemu rumusan terbaik gimana njelasinnya. Saya cuman ingin ngeshare dialog tentang hati sbb,

Hati itu ibarat kaca, tersembul keluar bersama tutur kata dan bahasa.
+ Lagi ngekor kahlil gibran nih?
-  Hehehe, belajar

Hati itu ada untuk berkaca diri, bkn mmberikan kaca kepada orang lain.
+ Klo diri udah bagus gmn?
-  Ngg ada diri yg sempurna
+ Weits
-  :)

Hati itu wadah menilai diri, bkn untuk berprasangka dan menilai niat org lain
+ Klo suka nilai org lain?
-  Brarti gak punya hati
+ :(
-  :)

Udah gitu aja dialognya. Maksud saya adalah, sebenarnya perjalanan hidup kita dalam rangka mendesign hati lho? Jadi selama ini kita sedang membentuk sebuah "design" untuk diri kita sendiri, untuk kebahagiaan atau kesusahan kita sendiri. Ia adalah design hati

Hati bahasa arabnya berdasarkan yang saya tahu adalah "nafs", "kolb" dan beberapa kata lainnya. Jadi ada persamaan antara hati dan nafs, dimana nafs itu adalah jiwa. Hati itu ya jiwa, jiwa itu ya hati. Itulah yang saya pahami. Mhn maaf kalo salah.

Nah, kalau sobat ngelihat orang lain pasti nggak ada yang sama sifatnya. Pasti beda-beda kharakternya khan? Paling tidak apa yang pernah sobat lihat, itulah pantulan cahaya hati. Itulah hasil sementara dari "design hati" yang sudah dilakukan.

> Ada yg suka menggunjing
> Ada yang gemar memberi
> Ada yang mudah marah2
> Ada yang santun

Dan seabreg design hati yang mana hasilnya beda-beda warna dan auranya.

Hati itu juga nafs atau nafsu. Atau nafsu adalah bagian dari hati, yakni kecenderungan untuk melakukan sesuatu dengan pamrih tertentu. Sedangkan kecenderungan itu adalah bagian dari kehendak bebas manusia. Dan kehendak bebas manusia tidak akan jauh-jauh dari bagaimana bisa memenuhi nafsu dalam hati. Binun khan?

Biar makin bingung ane tambahin lagi nih..

Ketika dalam perjalanan mendesign hati ada yang namanya tarik ulur. Ulur dan tarik. Ketika kita melihat nafsu maka akan ada aktifitas ulur, yakni kecenderungan membebaskan nafsu sebebas-bebasnya. Misalnya saat lapar makan sekenyang-kenyangnya. Saat ada kesempatan korupsi, lalu korupsi sebesar-besarnya. Saat ada yang bening2 ingin sekali menyergapnya.. hehe

Ini namanya aktifitas ulur. Inilah barangkali letak kebebasan manusia didalam berkehendak yang mana subyeknya adalah nafsu. Namun kemudian ada yang namanya aktifitas "tarik". Inilah fitrah ketuhanan dalam diri manusia yang mencintai nilai-nilai kebaikan dan segala sesuatu yang positif.

Misalnya begini,

"Maunya sih makan yang enak-enak dan sekenyang-kenyangnya, tetapi khan kata dokter nggak sehat. Lagian ntar dilihat orang dan disangka serakah"

"Maunya sih kaya raya dengan korupsi sebesar-besarnya. Tapi ini khan nggak baik, karena menzalimi orang lain"

"Maunya sih menyergap yang bening2 itu. Tetapi kalau ketahuan orang gimana? Lagian perselingkuhan khan tidak baik"

Nah ini namanya tarik ulur. Tinggal yang menang yang mana. Apakah nafsu ataukah fitrah ketuhanan. Kalau yang menang nafsu, ya sudah, artinya anda sedang mendesign hati untuk neraka. Jika yang menang adalah fitrah ketuhanan (tauhid) maka pada hakikatnya anda sudah satu langkah positif didalam mendesign hati yang mempunyai kemampuan untuk masuk ke dimensi surga.

Udah gitu aja dulu. Kalau diterusin pasti akan panjang banget. Mudah2an bermanfaat. Wallahu A'lam

N/B: Ane punya pembelajaran manajemen hati nih. Asyik dan sensasional Insya Allah. Kalau mau klik aja linknya disini, lalu order. Klo nggak berkenan juga tidak apa-apa



Artikel Terkait



1 comment:

  1. sangat bermanfaat pak
    mulai ngeblog saya pak
    tolong kunjungi balik pak
    http://kepada-allah.blogspot.co.id/

    ReplyDelete