Aug 3, 2015

Sabar Itu Tidak Mudah

Orang yang nyata benar2 bisa bersabar hanya orang-orang tertentu saja. Segelintir.. Percayalah hanya segelintir orang2 yang benar2 faham bahwa kesabaran itu mudah. Orang macam ini adalah mereka yang sudah waskita, sudah tinggi ilmunya..

Image result for sabar

Sementara orang yang bilang,
  • "Sabar ya? Semua sudah diatur"
  • "Sabar itu mudah kok"
  • "Sabar aja, mungkin belum waktunya"
  • "Sabar.. karena orang sabar disayang Tuhan"

Yang ngomong kayak diatas itu bejubun bun bun... Buanyak banget sampai nggak bisa keitung, namun percayalah untuk membuktikan didunia nyata dalam bentuk respon jiwa, perasaan dan tindakan nyatanya tidak mampu.

Klise... Mungkin bisa dibilang begitu :)

Tetapi sudah bagus, karena kata-kata adalah doa. Sambil jalan sambil terus belajar membuktikan diri bahwa kita adalah orang yang sabar.

Ternyata berdasarkan pengamatan saya, tidak peduli apakah dia seorang pemimpin, tokoh masyarakat, alim ulama sekalipun ternyata tidak mudah maintain kesabaran. Saya sudah sering banget melihat dengan mata kepala sendiri bagaimana seorang yang seharusnya bisa sabar faktanya tidak.

Misalnya seorang alim yang menjadi contoh masyarakat sekitar, faktanya sering tidak kuat ketika menghadapi sesuatu yang menjadi ujian kesabaran. Kesabaran mereka akhirnya jebol juga pada titik tertentu.

Yang patut disayangkan adalah orang yang dianggap alim tersebut malah suka mengumbar nafsu amarah. Mereka menganggap karena dirinya alim lalu bebas saja memarahi orang lain yang menurutnya berada dalam level rendah atau dibawah mereka.

Padahal mereka alim lho? Mereka tahu, ngerti dan faham bahwa ada larangan mengumbar nafsu amarah atau emosi. Laa tagdzaab3x.. Jangan marah jangan marah dan jangan marah. Kalau mereka bisa bahkan mudah marah lalu bagaimana dengan kita-kita ini? Bagaimana dengan saya dan anda yang katakanlah masuk dalam kategori abangan? Kacau dunia persilatan deh..

Perlu dicamkan baik-baik, bahwa manajemen kesabaran sama saja dengan manajemen nafsu. Sedangkan manajemen nafsu itulah bagian terpenting dari kehidupan dunia ini agar ia (nafsu) layak atau mampu menembus dimensi surga atau kebahagiaan.

Mau nggak mau, suka nggak suka yang layak masuk surga dan segala manifestasinya adalah mereka yang pintar mengendalikan nafsu karena ngikutin apa maunya Tuhan Semesta Alam. Tidak peduli orang bodoh, atau hina sekalipun jika ia terbukti mampu menahan nafsu dalam hal ini nafsu amarah maka ia layak untuk bahagia. Tidak peduli sealim apapun mereka jika nafsunya diumbar maka tidak akan mampu menembus dimensi surgawi.

Pernah dengar "Hai jiwa-jiwa yang tenang.... dan seterusnya? Kalau nggak ingat buka Al Qur'an nya, karena saya juga lupa. hehehe

Intinya gini aja deh

Sabar itu tidak mudah. Karena orang sabar akan berpeluang besar untuk masuk surga baik dunia dan manifestasinya maupun akherat. Sementara harga surga itu khan tidak murah.

Oleh karena itu perlu benar2 belajar bersabar, serta maintain kesabaran seburuk apapun kejadian yang kita alami. Belajarnya bukan cuma dari dalil lalu mendalil, tetapi juga membuktikan dalam kehidupan nyata.

Yang jelas siapa saja yang rela dan ikhlas untuk maintain kesabaran sementara ia seharusnya bisa saja mengumbar nafsu dan atau emosi maka akan ditemukan kebaikan demi kebaikan didepannya. Dan kebaikan itu sangat luas..

  • Siapa yang sabar ia akan ditolong
  • Siapa yang sabar akan mendapatkan solusi 
  • Siapa yang sabar akan mendapatkan kejutan tak terduga
  • Siapa yang sabar akan mendapatkan berbagai kebaikan

"Saya sudah stress Mas, Sabar sampai kapan?" Tidak ada kapan-kapanan. Yang jelas sabar aja.. hehehe

N/B:

Manajemen nafsu ini menjadi penting buat kehidupan kita dimasa depan. Oleh karenanya seiring proses saya Insya Allah terus menyempurnakan sebuah panduan maintain dan manajemen kesabaran dalam magis7. Penjelasan seputar nafsu, ego, diri, hati ada disini beserta segala hal yang menyertainya. Asyik pembahasannya Insya Allah. Kalau mau pesen panduannya klik disini.



Artikel Terkait



No comments:

Post a Comment